Home / Kesehatan / Manfaat Minum Virgin Coconut Oil

Manfaat Minum Virgin Coconut Oil

Manfaat minum virgin coconut oil. Virgin coconut oil atau VCO merupakan salah satu minyak alami yang terkenal memiliki banyak manfaat mulai dari obat luar untuk kulit hingga diminum untuk menyehatkan. VCO berbeda dengan minyak kelapa pada umumnya.

Sesuai namanya, ‘virgin’ berarti minyak ini berasal dari minyak kelapa murni yang pembuatannya tidak melalui proses pemanasan dalam suhu tinggi seperti minyak pada umumnya. Selain itu, VCO juga tidak dijernihkan, tidak dihilangkan baunya, ataupun proses pengurangan-penambahan kandungan tertentu.

Tak heran jika VCO memiliki kandungan nutrisi yang sering dimanfaatkan dalam berbagai produk kesehatan maupun kecantikan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita harus mengolah minyak kelapa dengan baik dan benar. Perlu bantuan beberapa mesin, seperti mesin pengolahan VCO dan mesin lainnya.

Virgin coconut oil mengandung hampir 100% lemak. Meskipun begitu, lemak pada VCO memiliki struktur berbeda dengan lemak minyak kelapa kebanyakan.

Pada dasarnya, VCO diketahui mengandung zat yang mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik. Berikut ini takaran nutrisi yang tersaji pada 1 sendok makan (sdm) VCO:

  • Kalori: 121 kilokalori (kkal)
  • Protein: 0 gram (g)
  • Total lemak: 13,5 g
  • Kolesterol: 0 miligram (mg)

 

 

Manfaat Minum Virgin Coconut Oil

manfaat minum virgin coconut oil

Minyak kelapa umumnya digunakan sebagai minyak pijat. Namun, minyak kelapa murni khususnya juga dapat dikonsumsi, lho. Kombinasikan VCO dengan serangkaian program untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat minum virgin coconut oil :

1. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Berbeda dengan minyak kelapa biasa yang banyak mengandung lemak jenuh, virgin coconut oil diperkaya asam lemak yang membantu metabolisme tubuh, sehingga mencegah penumpukan lemak pada arteri.

Hal ini terbukti beberapa populasi di dunia seperti di Sri Lanka atau masyarakat Kitavan di Papua Nugini yang mengonsumsi minyak VCO dalam jumlah banyak memiliki kasus serangan jantung yang rendah.

2. Mendorong Pembakaran Lemak Tubuh

Manfaat VCO yang dikombinasikan dengan olahraga ringan dapat mendorong pembakaran lemak tubuh dan menghasilkan energi tambahani.

Studi menunjukan makan 15 sampai 30 gram virgin coconut oil per hari dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 5% dari biasanya. Selain menghasilkan energi, pembakaran lemak dapat mencegah obesitas atau masalah berat badan berlebih.

3. Meredakan Kejang

Mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asam lemak memberikan efek peningkatan kadar keton dalam darah.

Para peneliti mempelajari diet ketogenik ini dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya mengurangi kejang pada anak-anak epilepsi yang resistensi terhadap obat-obatan. Meskipun perlu dikaji lebih dalam lagi, namun beberapa peneliti mempercayai minyak VCO dapat mengatasi kejang pada epilepsi.

4. Memiliki Efek Anti-Mikroba

Mungkin kamu pernah menemukan kandungan VCO pada beberapa produk kecantikan seperti sabun mandi, pembersih wajah atau make-up.

Hal ini tidak mengherankan mengingat VCO memiliki kandungan antimikroba untuk membunuh kuman. Jika digunakan dengan benar minyak VCO juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, pada penelitian tabung reaksi juga menunjukan hasil virgin coconut oil efektif membunuh bakteri Staphylococcus aureus penyebab infeksi jamur pada manusia.

5. Mengurangi Rasa Lapar

Salah satu khasiat menarik minyak kelapa murni lainnya adalah mampu mencegah rasa lapar. Hal ini berkaitan dengan peningkatan konsentrasi keton yang memberikan efek samping penurunan nafsu makan secara signifikan.

Sehingga secara tidak langsung juga berdampak terhadap penurunan berat badan. Kamu bisa menambahkan minyak VCO ini pada menu diet harian kamu.

6. Meningkatkan Kadar HDL (Kolesterol Baik)

Tidak hanya mendorong pembakaran lemak dan meningkatkan kesehatan jantung, konsumsi minyak kelapa juga menambah kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Hal itu dilakukan dengan cara mengurangi kadar Low Density Lipoprotein (LDL) atau kadar kolesterol jahat. Tentunya efek ini dapat optimal jika dibarengi dengan konsumsi makanan bergizi dan sehat serta olahraga teratur.

 

About Pher jaya

Check Also

biaya kuret

Kisaran Biaya Kuret di Rumah Sakit di indonesia

Apa Itu Karet? Proses kuret mungkin jadi hal yang menakutkan dan paling menyedihkan bagi setiap …