Home / website / Tips Mengembangkan Bisnis Jasa Pembuatan Website

Tips Mengembangkan Bisnis Jasa Pembuatan Website

Mengembangkan bisnis jasa pembuatan website. Jika berhasil mengelola tiap proyek dengan baik, bukan tidak mungkin klien Anda akan terus bertambah. Nah, itulah saat yang tepat untuk memikirkan bagaimana upaya yang tepat untuk mengembangkan bisnis jasa pembuatan website kalian.

Pengembangan bisnis bertujuan untuk lebih meningkatkan pendapatan, melayani konsumen dengan lebih baik, dan membangun reputasi brand menjadi lebih baik.

 

 

Beberapa Tips Mengembangkan Bisnis Jasa Pembuatan Website

mengembangkan bisnis jasa pembuatan website

Berikut adalah beberapa tips mengembangkan bisnis jasa pembuatan website :

Cross Selling dan Up Selling

Cross selling dan Up selling adalah strategi marketing untuk menambahkan keuntungan bisnis Anda. Up selling ialah sebuah strategi bisnis untuk menjual produk dengan memberikan nilai manfaat lebih kepada konsumen. Up selling umumnya dilakukan dengan menawarkan produk dengan fitur tambahan.

Sebagai contoh, Anda bisa menawarkan fitur personalisasi dengan harga yang sedikit lebih mahal. Dengan fitur personalisasi, klien bisa lebih leluasa melakukan perubahan pada tampilan website mereka.

Sedangkan cross selling yaitu menawarkan produk tambahan pada konsumen. Contohnya, saat Anda di minimarket untuk membeli dan ditawari untuk membeli pulsa sekalian. Itulah yang disebut dengan cross selling.

Fokus dari kedua strategi ini utamanya adalah kepuasan konsumen. Namun, potensi peningkatan pendapatannya cukup besar. Sebab, tak jarang konsumen rela mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan tambahan fitur yang menarik dan eksklusif.

Membangun Partnership

Mengembangkan bisnis dengan menggandeng pihak ketiga adalah hal yang lazim. Tapi, siapakah partner yang tepat untuk bisnis jasa pembuatan website?

Secara umum, pihak tersebut harus mampu mendukung bisnis Anda sekaligus meningkatkan revenue. Dalam bisnis jasa pembuatan website,  bekerja sama dengan perusahaan hosting dan menjadi reseller hosting adalah pilihan tepat.

Berikut ini beberapa alasannya:

  • mendapatkan keuntungan dari penjualan hosting
  • membuat bisnis tampil beda dari kompetitor
  • menambah kredibilitas bisnis dengan lebih banyak layanan yang dimiliki

Di Indonesia, salah satu platform terbaik untuk menjadi reseller hosting adalah Niagahoster Partner. Inilah beberapa keistimewaannya:

  • Tanpa Modal. Platform ini memungkinkan Anda merambah bisnis reseller hosting dengan modal Rp0 .
  • White Label. Anda tetap bisa menggunakan brand bisnis Anda seolah memiliki layanan hosting tersebut sendiri. Jadi, akan lebih baik bagi reputasi bisnis Anda.
  • Bisa Menentukan Harga Sendiri. Tak ada batasan dalam menentukan harga. Anda bisa memberi nama paket hosting dan menentukan harganya sendiri sesuai yang Anda mau.
  • Kemudahan Pengelolaan Klien.  Tak perlu repot memikirkan sistem yang akan digunakan. Dengan adanya manajemen user yang terintegrasi akan semakin mudah bagi Anda mengelola semua klien dengan satu login, mengelola hosting dan domain, dan mengatur email untuk pelanggan secara otomatis.

Membangun Tim

Anda tak mungkin mengembangkan bisnis seorang diri. Pun jika Anda mengawalinya sebagai seorang freelancer. Apalagi, jika Anda terjun ke bisnis jasa pembuatan website secara penuh. Membangun tim yang kompeten dan mampu bekerja sama dengan baik sangat penting.

Saat proyek pekerjaan sudah semakin banyak, Anda perlu merekrut beberapa orang untuk membantu pekerjaan Anda. Tujuannya, untuk memastikan pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Bisnis jasa pembuatan website Anda juga harus dikelola dengan baik dari sisi administrasi, pembayaran, dan lainnya. Selain itu, diperlukan juga Account Executive yang akan bersentuhan langsung dengan konsumen dan memastikan hasil pekerjaan sesuai harapan.

Dengan tim yang mampu bekerja dengan baik, Anda tak perlu khawatir menerima banyak order. Sebab Anda bisa memastikan semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dengan standar kualitas yang terjaga. n.

Menambah Jangkauan Pasar

Persiapan yang Anda lakukan meliputi penentuan target pasar yang tepat. Namun, seiring berkembangnya bisnis, peluang untuk melebarkan sayap bisnis kian besar.

Jika sebelumnya Anda mengandalkan upaya posting di blog, website dan media sosial, saatnya Anda untuk berinvestasi melalui advertising. Tujuannya, untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Sebagian Anda mungkin beranggapan bahwa iklan hanya akan menambah pengeluaran yang membuat keuntungan menurun. Hal tersebut tidaklah benar.

Pada prakteknya, sebuah strategi iklan yang efektif bisa saja menghasilkan ROAS (Return of Ads Spend) yang positif. Tidak hanya balik modal, malah lebih untung.

Setidaknya ada lima jenis iklan online yang sering digunakan untuk mengembangkan bisnis yaitu:

  • Paid Search. Beriklan di mesin pencari akan membuat website bisnis Anda tampil di bagian atas mesin pencarian. Cara ini berpotensi meningkatkan penjualan karena faktanya 63% pembelian produk berasal dari pencarian online.
  • Paid Social. Sesuai namanya, paid social adalah memanfaatkan platform media sosial untuk beriklan. Diantara yang paling populer adalah Facebook Ads dan Instagram Ads.
  • Email Marketing. Kekuatan email untuk mempromosikan produk dikatakan 40% lebih efektif dibandingkan media sosial menurut data McKinsey. Artinya, email marketing adalah strategi yang masih bisa diandalkan untuk mempromosikan produk Anda.
  • Remarketing. Jika iklan Anda menyasar orang yang tertarik kepada produk Anda, tentu peluang berhasilnya lebih besar, bukan? Namun, Anda tentu tidak menyangka bahwa tingkat conversion rate-nya bisa mencapai 161%! Wow!
  • Video Marketing. 54% orang lebih menginginkan konten dalam bentuk video dibandingkan konten lain seperti artikel. Jadi, jangan lupakan upaya beriklan menggunakan video untuk meraih audiens yang lebih luas.

Semua jenis iklan di atas bisa Anda gunakan secara bersamaan. Namun, apabila dari sisi budget belum memungkinkan, Anda bisa memilih yang paling efektif menurut strategi bisnis Anda. Paid search dan paid social merupakan yang paling direkomendasikan.

About Pher jaya

Check Also

Beberapa Kelebihan Menggunakan Jasa Membuat Website

Jasa membuat website. Jasa membuat website professional mempunyai peranan penting bagi lead bisnis era modern. …