Home / Uncategorized / Cara Membuat Kopi Latte

Cara Membuat Kopi Latte

Pecinta kopi sepertinya tidak bisa menemukan cara untuk menikmati minuman populer ini, cara membuat kopi latte. Kehadiran aneka sajian kopi menawarkan banyak pilihan, terutama bagi mereka yang tidak terlalu menyukai kopi hitam pekat atau black coffee.

Salah satu pilihan menu yang banyak dipesan di kafe dan kedai kopi adalah kopi latte. Menu ini merupakan perpaduan espresso dan susu yang bisa dinikmati kapan saja dalam keadaan dingin atau panas.

Ada dua versi cerita penemuan kopi susu. Ada yang mengatakan bahwa menu kopi latte dibuat pada tahun 1980-an oleh seorang Amerika bernama David Schomer, yang senang menggambar pola atau lukisan di atas cangkir espresso sambil menuangkan susu.

Pada saat yang sama, seorang Italia bernama Luigi Lupi membuat seni yang sama dengan secangkir kopi dan juga dianggap sebagai cikal bakal kopi susu.

Kemudian, pada awal tahun 1990-an, menu ini menyebar ke seluruh dunia, termasuk Australia dan beberapa negara Skandinavia.

Namun siapa pun yang pertama kali menciptakannya, latte mungkin telah menjadi salah satu menu kopi paling populer di seluruh dunia. Pasalnya, kopi ini memiliki tampilan yang sama sekali berbeda dengan menu kopi biasa. Permukaan latte biasanya dihias dengan pola yang berbeda mulai dari bentuk hati hingga kelopak bunga hingga gambar beruang. Pola ini dibuat menggunakan teknik dan proses pembuatan khusus yang membutuhkan tangan pembuat kopi yang terampil.

Pada dasarnya latte lebih dari sekedar sajian kopi, meskipun sebagian pecinta kopi menyebutnya sebagai seni lukis di atas kopi (latte). Bahkan, kini ada Latte Art Championship yang menarik ratusan barista dari seluruh dunia setiap tahunnya.

Anda tidak perlu khawatir karena tidak harus menjadi barista terpercaya untuk membuat cafe latte. Yang paling penting adalah Anda memiliki bahan dan peralatan yang diperlukan. Lantas, apa saja yang perlu disiapkan dan bagaimana cara membuat susu kafe sebagus kopi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Membuat Kopi Latte

cara membuat kopi latte

Bahan Yang Dibutuhkan

Untuk menyiapkan kopi latte yang enak, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

1. Penggiling biji kopi
2. Biji kopi Arabica atau Robusta
3. Air panas dengan suhu 89-96 derajat Celcius
4. Susu rendah lemak

Mulailah membuat kopi bubuk menjadi espresso dengan menggunakan alat pembuat kopi manual atau mekanik yang sudah ada. Tingkat pemanggangan bisa diatur sesuai selera. Untuk mendapatkan busa susu, Anda bisa mengolahnya dengan gelas yang dipanaskan dalam oven microwave. Perlengkapannya hanya botol termos stainless steel, cangkir kopi, dan sendok. Cukup mudah bukan?

Cara Membuat Kopi Latte

Setelah bahan dan peralatan yang diperlukan tersedia, saatnya beralih ke membuat latte. Bagaimana bagaimana? Berikut beberapa langkahnya:

1. Pertama siapkan teko kopi favorit Anda.
2. Tuang espresso ke dalam gelas.
3. Tambahkan susu dan busa susu yang sudah disiapkan.
4. Hindari menuang susu agar kopi Anda tidak tumpah.
5. Latte buatan Anda siap disajikan.

Jika melihat proses pembuatannya, semua langkah yang perlu diselesaikan cukup sederhana. Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa semua bahan tersedia, dan itu membuatnya agak sulit.

Untuk menyiapkan dan menikmati minuman dengan mudah, cobalah Mesin Kopi dari rumahmesin. Dengan cara yang cukup sederhana, Anda bisa langsung mencicipi kopi ala kafe di rumah hanya dengan menekan satu tombol. Hanya perlu sekitar satu menit untuk menyiapkan kopi. Setiap lemak kopi adalah biji kopi pilihan yang disumbangkan untuk pecinta kopi di seluruh dunia. Setiap walet akan tersenyum lebar sebelum memulai aktivitas apapun. Jadi semua orang bisa menikmati kopi ala kafe di rumah kapan saja. Siap?

About Pher jaya

Check Also

4 Kalimat Untuk Menanyakan Paham dalam Bahasa Inggris

Salah satu hal yang sering kali dilaksanakan didalam pembicaraan adalah menanyakan apakah lawan bicara mengerti …