Home / Uncategorized / Jenis Pakan Yang Baik Untuk Kambing Menyusui

Jenis Pakan Yang Baik Untuk Kambing Menyusui

Jenis Pakan Kambing Menyusui

Terdapat berbagai jenis makanan yang bisa Anda berikan untuk kambing etawa. Seluruh jenis pakan ini mempunyai kandungan nutrisi serta manfaat yang berbeda-beda. Berikut empat jenis pakan kambing etawa:

  1. Pakan Hijauan

Hijauan merupakan pakan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan bervolume besar yang biasanya juga dimanfaatkan untuk bahan makanan utama untuk berbagi ternak ruminansia termasuk kambing.

Hal ini dikarenakan sebab makanan hijauan mengandung kadar protein yang tinggi sehingga sangat berguna untuk pertumbuhan serta makanan kambing etawa supaya cepat gemuk, sebab itulah pada peternakan-peternakan tradisional, peternak biasanya akan menyediakan makanan hijauan sebagai makanan utama bagi ternak ruminansia yang disebut sebagai hijauan makanan ternak (HPT).

Beberapa jenis hijauan yang tersedia melimpah di lingkungan kita ini dapat Anda jadikan makanan paling bagus untuk kambing etawa. Sebelum berikan rumput untuk kambing sebaiknya rumput dicacah dulu dengan mesin pencacah rumput.

  1. Pakan Kering

Musim kemarau masih menjadi momok yang cukup menghambat proses budidaya ternak utamanya ternak ruminansia contohnya kambing. Hal ini dikarenakan terbatasnya makanan hijauan di musim kemarau yang memaksa peternak harus mencari pakan alternatif.

Pakan kering merupakan salah satu alternatif yang akhirnya diambil oleh peternak untuk memperoleh bahan pakan di musim kemarau.

Pakan kering ini dapat berasal dari hijauan yang dikeringkan lebih dulu sehingga lebih awet serta masa penyimpanannya juga panjang, seperti rumput kering serta jerami.

Jerami yaitu bahan yang tersedia dalam jumlah melimpah setiap masa panen padi. Jerami ini kemudian banyak digunakan sebagai makanan sapi, tetapi bisa juga diberikan untuk ternak ruminansia lain seperti kambing.

Selain hijauan kering makanan kambing etawa yang tahan lama juga dapat digunakan pakan kering seperti dedak, bekatul, serta pollard.

  1. Pakan Konsentrat

Konsentrat atau pakan penguat yaitu makanan yang mengandung kadar serat kasar yang rendah sehingga mudah dikonsumsi oleh ternak. Umumnya jenis konsentrat kambing etawa berasal dari bahan makanan yang digiling atau dihaluskan lebih dulu, atau limbah hasil sampingan yang ditujukan untuk memberi protein dan energi tambahan yang belum bisa dicukupi oleh makanan hijauan.

Jadi, manfaat utama dari pakan konsentrat untuk budidaya kambing etawa yaitu memperkaya gizi serta nutrisi pakan-pakan lain yang nutrisinya lebih rendah. Meskipun begitu, Anda tidak boleh memberikan konsentrat dalam jumlah yang terlalu banyak, serta harus diseimbangkan dengan macam makanan kambing etawa lainnya.

  1. Pakan Silase

Sesudah sebelumnya Anda sudah mengetahui manfaat pakan kering, pakan silase juga mempunyai manfaat serta tujuan yang sama, yaitu sebagai makanan alternatif disaat musim kemarau.

Pakan silase atau yang juga sering disebut sebagai makanan fermentasi, dalam hal ini makanan hijauan yang diawetkan atau diproses insilase (fermentasi) dengan bantuan bakteri asam laktat serta anaerob.

Selain memenuhi kebutuhan makanan di musim kemarau, pakan silase juga mempunyai berbagai keunggulan utamanya untuk menyehatkan kambing sebab pakan silase adalah bakteri baik yang bisa menyehatkan sistem pencernaan kambing, serta menjadi makanan kambing etawa supaya cepat gemuk.

Peternak bisa membuat pakan silase secara mandiri dengan mencampurkan pakan hijauan seperti daun atau rumput-rumputan, konsentrat kambing etawa seperti dedak, serta molase (cairan gula atau tetes tebu), serta atau cairan probiotik.

Berikut salah satu cara membuat pakan silase kambing etawa yang bisa Anda praktekkan:

Alat serta bahan:

  • Molase dari tetes tebu atau air gula sebanyak 3% dari keseluruhan bahan silase
  • Dedak atau bekatul atau pollard sebanyak 5% dari keseluruhan bahan silase
  • Menir (pecahan beras halus) dalam jumlah 3.5% dari keseluruhan bahan silase
  • Onggok (limbah ketela) 3% dari keseluruhan bahan silase
  • Rumput Gajah atau jenis hijauan lain sebagai bahan utama silase
  • Kantong plastik.

Cara pembuatan :

  • Potong rumput atau hijau dalam ukuran 5 sampai 10 cm, lalu tambahkan ke dalam kantong plastik keadaan rapat serta dipadatkan supaya tidak ada oksigen serta air yang dapat
  • Campurkan semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam hijauan yang sudah diletakkan pada kantong plastik hingga seluruhnya tercampur merata.
  • Pastikan bahan makanan silase masuk ke dalam kantong plastik dalam kondisi dipadatkan serta tidak ada udara.
  • Setelah seluruh pakan silase masuk ke dalam kantong plastik, pastikan wadah ditutup rapat dengan cara dikasih pemberat contohnya

Biasanya proses fermentasi pakan ini berjalan selama 6 sampai minggu. Kalau proses silase berjalan dengan benar, Anda dapat mendapatkan cadangan bahan makanan untuk kambing etawa yang bisa bertahan sampai 1 atau 2 tahun bahkan lebih.

Ciri silase yang terfermentasi dengan baik yaitu menghasilkan rasa serta aroma yang asam, warnanya masih hijau, rasa hijauannya masih jelas, tidak berjamur, berlendir, maupun menggumpal.

Baca juga: Rumput Odot Untuk Kambing

About Pher jaya

Check Also

cara meningkatkan traffic blogspot

Cara Meningkatkan Traffic Blogspot dengan Benar

Kalian sudah sering posting konten di blog, tapi pengunjung masih sepi juga? Nah Saya bakalan …