Home / Bisnis / Fungsi Laminasi pada Finishing Stiker

Fungsi Laminasi pada Finishing Stiker

Fungsi Laminasi pada Finishing Stiker

Stiker menjadi salah satu produk pada percetakan buku dengan banyak peminatnya. Mulai dari desain tulisan hingga gambar-gambar lucu. Selain sebagai hiasan dan media promosi, banyak dari pelanggan menggunakannya sebagai souvenir atau freebies pada small bisnis atau event tertentu.

Fungsi Laminasi pada Finishing Stiker

Untuk menghasilkan stiker yang berkualitas biasanya pelanggan akan diberi penawaran oleh pihak percetakan buku untuk menggunakan laminasi dalam finishing. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab ternyata laminasi pada stiker memiliki fungsi sebagai berikut ini.

  1. Membuat Tampilan pada Stiker Lebih Cantik

Fungsi laminasi pada stiker yang pertama adalah untuk membuat tampilan pada stiker lebih cantik. Biasanya pihak oleh percetakan buku akan memberikan penawaran pada pelanggan untuk menggunakan laminasi jenis glossy atau doff/ matte pada stiker.

Laminasi glossy dapat membuat stiker terlihat berkilauan terutama saat terkena cahaya. Permukaannya pun jadi lebih licin sehingga terlihat mewah. Lain halnya dengan laminasi doff, dengan menggunakannya, stiker akan menjadi lebih soft dan elegan.

  1. Memberi Perlindungan pada Stiker

Penggunaan stiker tentu berbeda-beda sesuai dengan tujuan pembuatannya. Mulai dari sebagai media promosi, mainan anak, hingga untuk hiasan pada kendaraan. Hal ini tentu membuat beberapa stiker memiliki resiko untuk terkena panas, air, atau debu dan kotoran.

Selain membuat tampilan lebih cantik, laminasi pada stiker juga berfungsi untuk memberikan perlindungan pada stiker. Yang dimaksud disini adalah melindungi stiker dari air, kotoran, debu, ataupun paparan cahaya matahari. Hal ini bertujuan agar warna stiker tidak luntur dan tetap bagus.

  1. Membantu Stiker Lebih Awet

Stiker menggunakan bahan kertas dalam pembuatannya, sehingga memiliki banyak resiko kerusakan. Apalagi jika digunakan untuk jangka panjang. Bisa jadi stiker akan terkoyak karena tidak sengaja robek atau akibat dari terkena air terlalu lama.

Oleh karena itulah diperlukan laminasi. Laminasi dapat memberikan perlindungan ekstra pada stiker agar tetap awet walaupun digunakan dalam jangka waktu panjang ataupun digunakan di luar ruangan. Sebab, laminasi berbahan plastik yang tahan air dan dapat melindungi stiker dari panasnya matahari.

Demikian penjelasan mengenai fungsi dari penggunaan laminasi pada finishing stiker. Laminasi pada stiker cukup penting dilakukan agar stiker dapat tahan lama. Untuk mencetak stiker sesuai kebutuhan dengan hasil memuaskan, Anda bisa menggunakan layanan pada percetakan buku terdekat.

About Pher jaya

Check Also

Kelebihan Lantai Kayu untuk Rumah Anda: Ketahui Faktanya!

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata ‘lantai kayu‘? Mungkin banyak …