Home / Kesehatan / Hipertensi Pulmonal, Penyakit yang Menyerang Paru-Paru

Hipertensi Pulmonal, Penyakit yang Menyerang Paru-Paru

Hipertensi pulmonal adalah penyakit yang cukup berbahaya. Bahkan penyakit ini juga bisa menyerang orang-orang di usia muda. Jika tidak mendapatkan penanganan secara baik, maka penyakit ini bisa mengancam keselamatan jiwa.

Apa Itu Penyakit Hipertensi Pulmonal?

Memiliki tubuh sehat memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Hindari berbagai macam kegiatan maupun makanan apapun yang bisa memicu penyakit berbahaya. Misalnya, hipertensi pulmonal.

Hipertensi pulmonal adalah penyakit berbahaya yang bisa mengancam keselamatan jiwa. Penyakit ini termasuk ke dalam kategori penyakit hipertensi sekunder yang bekerja merusakan arteri pulmonal paru-paru.

Meskipun sekilas terdengar hanya seperti hipertensi biasa, akan tetapi apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka penyakit ini pun bisa mengancam nyawa manusia. Penyakit yang menyerang paru-paru ini akan membuat penderitanya sulit beraktivitas normal.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Hipertensi Pulmonal?

Untuk mencegah kemunculan hipertensi pulmonal, maka setiap orang sebaiknya melakukan deteksi sejak dini. Dengan demikian, maka bisa lebih mampu mencegah penyakit ini menjadi lebih parah lagi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1.    Foto Rotgen Dada

Rontgen dada bisa menjadi alternatif yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis hipertensi pulmonal. Pemeriksaan ini bisa melihat apakah ada pembengkakan jantung atau tidak.

2.    Elektrokardiogram 

EKG juga bisa dilakukan untuk mendiagnosis hipertensi pulmonal. Tes ini dilakukan guna mengetahui aktivitas listrik jantung dan mendeteksi irama jantung.

3.    Ekokardiografi 

Berikutnya, untuk mendeteksi adanya risiko hipertensi pulmonal juga bisa menggunakan ekokardiografi. Ini merupakan jenis tes untuk menghasilkan citra jantung.

4.    Tes Fungsi Paru 

Untuk mendeteksi adanya risiko hipertensi pulmonal juga bisa menggunakan tes fungsi paru. Tes ini dilakukan guna mengetahui aliran udara yang keluar masuk dari organ paru-paru.

5.    CT-Scan atau MRI 

Terakhir, pendeteksian hipertensi pulmonal juga bisa dilakukan dengan metode CT-Scan maupun MRI. Metode ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran jelas mengenai ukuran serta fungsi jantung.

Hipertensi pulmonal adalah penyakit tekanan darah tinggi yang menyerang organ paru. Untuk menghindarinya, lakukan deteksi sejak dini. Penting juga untuk bergabung dengan Komunitas Hipertensi Pulmonal melalui link ini https://www.hipertensiparu.org/.

About Pher jaya

Check Also

kemasan produk makanan

5 Kelebihan Paper Tray Sebagai Kemasan Produk Makanan

Bagi Anda yang menggeluti bisnis kuliner tentu harus memikirkan bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik bagi …