Home / Uncategorized / Social Media Marketing: Pengertian & Strategi Jitu Meningkatkan Promosi

Social Media Marketing: Pengertian & Strategi Jitu Meningkatkan Promosi

Strategi media sosial (SMM) juga dikenal sebagai Social media marketing adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform media sosial dan situs jejaring untuk tujuan mempromosikan produk, atau layanan organisasi melalui sumber daya berbayar atau tidak berbayar. Pada tahun 1929, seorang penulis Hungaria bernama Frigyes Karinthy menjelaskan konsep yang disebut Six Degrees of Separation dalam cerpennya yang berjudul “Sequences”. Bangunan tersebut berbagi gagasan bahwa setiap orang di dunia dapat terhubung melalui hingga enam koneksi sosial.

68 tahun kemudian, tepatnya tahun 1997, Andrew Weinreich kembali memperkenalkan konsep Enam derajat. Platform tersebut menggunakan konsep pemisahan enam derajat sebagai dasar bagi pengguna untuk terhubung. Setelah itu, Six Degrees menutup layanannya pada tahun 2000, situs tersebut masih berfungsi. Setelah itu, banyak bermunculan platform media sosial dengan fitur yang semakin beragam, mulai dari Facebook, Instagram, LinkedIn, Friendset, Twitter, MuSape, dan lainnya.

Dengan munculnya berbagai platform media sosial tersebut, banyak pemasar yang mulai memanfaatkan peluang yang dihadirkan oleh semakin populernya media sosial di kalangan pengguna internet. Mereka mulai mencoba memasarkan dan mempromosikan merek mereka di jejaring sosial. Dengan cara ini, mereka melakukan pemasaran media sosial ke seluruh dunia. Untuk lebih memahami apa itu social media marketing, kita akan membahasnya lebih detail dalam artikel ini.

Apa Itu Social Media Marketing?

Pemasaran media sosial adalah strategi pemasaran yang menggunakan media sosial sebagai platform untuk melakukan hal itu. Berbagai jenis konten dapat diunggah melalui jejaring sosial, seperti informasi umum, penawaran produk, serta berbagai tutorial. Kami juga dapat melakukan pemasaran media sosial gratis atau menggunakan iklan berbayar. Umumnya, pemasaran media sosial sering digunakan bersamaan dengan strategi pemasaran digital lainnya. Misalnya, gunakan email, blog, dan platform digital lainnya.

Social Media Marketing

Karena ada begitu banyak platform media sosial, memilih yang tepat untuk bisnis Anda adalah salah satu kunci sukses dengan strategi pemasaran ini. Nah, sebelum membahas lebih dalam mengenai berbagai jenis strategi pemasaran, ada baiknya kita melakukan riset dan penelitian lebih lanjut mengenai social media marketing.

Baca Juga: Ide Bisnis Online

Bagaimana Cara Melakukan Social Media Marketing?

Anda bisa mulai dengan potensi jejaring sosial di Indonesia. Menurut data WeAreSocial, 160 juta orang Indonesia adalah pengguna aktif media sosial. Dari jumlah tersebut, mayoritas pengguna berusia antara 15 dan 24 tahun. Ini jelas merupakan salah satu informasi terpenting bagi Anda yang menargetkan kelompok usia tertentu.

Saat ini, Facebook menjadi salah satu platform media sosial paling populer. Kemudian aplikasi Whatsapp juga adalah salah satu aplikasi perpesanan yang sangat paling banyak digunakan. Dengan mengetahui semua data ini, Anda dapat melakukan upaya yang disesuaikan dengan strategi bisnis Anda sendiri. Tidak hanya itu, harus dipahami bahwa 99% akses media sosial dilakukan melalui perangkat mobile. Jadi, Anda perlu menyesuaikan materi iklan Anda agar tetap mobile-friendly.

Strategi Social Media Marketing

Pada bagian ini, kita akan membahas berbagai strategi pemasaran media sosial yang akan menguntungkan bisnis Anda.

1. Lakukan Audit Media Sosial

Sebelum menetapkan tujuan dan merancang rencana pemasaran media sosial, sebaiknya analisis apa yang telah membantu kesuksesan bisnis Anda di masa lalu. Bagaimana? Cukup periksa informasi atau analisis akun media sosial perusahaan Anda dan perhatikan karakteristik audiens, lokasi, jenis kelamin, jenis salinan iklan yang berhasil, dan lainnya.

2. Tetapkan Tujuan dan Tentukan Metrik

Apa tujuan pemasaran media sosial perusahaan Anda? Apakah untuk meningkatkan kesadaran merek, mendapatkan lebih banyak keuntungan, menarik lebih banyak prospek, menghasilkan prospek, menjangkau merek, atau meningkatkan keterlibatan? Namun, memiliki tujuan saja tidak cukup. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan matriks untuk mengidentifikasi apakah bisnis Anda mencapai tujuan yang direncanakan atau tidak.

3. Tentukan Strategi Konten Anda

Salah satu masalah yang dimiliki banyak pemilik bisnis yang melakukan pemasaran media sosial adalah mereka tidak pernah meluangkan waktu untuk merencanakan tujuan pemasaran media sosial yang realistis dan relevan. Mereka mungkin tahu kenapa bisnisnya harus ada di media sosial, tapi banyak orang yang tidak tahu kenapa mereka ada di sana.

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang pemasaran media sosial dan bagaimana penerapan strategi pemasaran dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Bagi Anda yang sudah berbisnis, sebaiknya mencoba cara-cara di atas jika memang ingin mengembangkan bisnis dengan lebih optimal.

About Pher jaya

Check Also

cara meningkatkan traffic blogspot

Cara Meningkatkan Traffic Blogspot dengan Benar

Kalian sudah sering posting konten di blog, tapi pengunjung masih sepi juga? Nah Saya bakalan …