Home / Flower / Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Jadi Obat Sakit Gigi

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Jadi Obat Sakit Gigi

 

toko bunga Jakarta-Di Indonesia, masyarakat mengenal bunga kamboja adalah bunga kuburan. Sebagian mereka belum mengenal bahwa kamboja banyak manfaatnya untuk kesehatan. Di Bali, tanaman kamboja dimanfaatkan sebagai tanaman hias, pelengkap upacara keagamaan, serta diyakini mempunyai kekuatan penenang jiwa.

Sebenarnya, bunga kamboja termasuk jenis bunga yang dapat dimakan sebagaimana bunga pepaya dan bunga turi. Berikut ini adalah enam khasiat atau manfaat bunga kamboja berdasarkan buku Tanaman-Tanaman Hias Ajaib sebagai referensi utama.

1. Obat Sakit Gigi

Getah bunga kamboja dengan dosis yang tepat akan berguna sebagai obat sakit gigi atau obat luka. Tetapi, harus hati-hati, jangan sampai tetesan getah tadi sampai terkena mata, sebab bila terkena mata akan mengakibatkan kebutaan.

 

2. Obat Rematik

Bunga kamboja dapat bermanfaat untuk mencegah rematik atau asam urat, dengan mengolahnya menjadi teh.

Selain itu, bunga kamboja yang diseduh menjadi teh bermanfaat dalam memberikan efek sejuk dan baik bagi pencernaan. Sehingga, teh bunga kamboja sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin bagi seseorang yang menginginkan sehat secara alami.

 

3. Obat Kaki Bengkak

Dipercaya bahwa akar dan daun kamboja bisa mengatasi kaki bengkak dan tumit pecah-pecah, dengan cara merebus akar dan daun kamboja hingga mendidih. Kemudian tambahkan garam secukupnya. Setelah mendidih, diamkan sejenak sampai terasa hangat. Lalu, gunakan air rebusan tersebut untuk merendam kaki. Sebaiknya dilakukan dua kali sehari.

 

4. Obat Bisul

Daun bunga kamboja bisa dimanfaatkan sebagai obat bisul. Caranya, ambil daun kamboja yang masih muda dan segar, kemudian panaskan di atas api sampai layu. Setelah itu, olesi dengan sedikit minyak zaitun. Selagi panas, tempelkan daun tersebut pada bisul yang dimaksud.

 

5. Obat Frambusia

Untuk mengobati frambusia (penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang penularannya melalui kontak langsung), ialah dengan cara mengambil kulit batang kamboja sebanyak 3 ukuran telapak tangan. Kemudian cuci dan potong-potong. Selanjutnya, rebus menggunakan air bersih sebanyak 3 liter sampai mendidih. Setelah terasa suam-suam kuku, gunakan air rebusan itu untuk mandi atau berendam.

 

6. Bahan Antibiotik

Karena bersifat racun dan bisa mematikan kuman, maka getah kamboja dengan dosis yang tepat dapat digunakan sebagai antibiotik.

Demikian enam khasiat atau manfaat bunga kamboja untuk kesehatan, terutama bagi penderita penyakit gigi, rematik, bisul dan lain-lain. Semoga bermanfaat.

About Pher jaya

Check Also

Benda yang Bisa Dijadikan Buket

Bukan Cuma Bunga, Benda Ini Juga Bisa Dijadikan Buket

Memberikan buket bunga kepada seseorang saat momen tertentu memang hal yang wajar dilakukan. Namun sayangnya, …