Home / Olahraga / 12 Fakta Menarik di Dunia Sepak Bola

12 Fakta Menarik di Dunia Sepak Bola

Selama peralihan dari tahun 2021 ke 2022, pertandingan sepak bola dalam panji ASEAN Football Federation (AFF) turut mewarnai liburanmu.

Pada pertandingan terakhir (1/1/2022), Indonesia harus mundur dalam kompetisi merebut piala juara utama AFF dikarenakan negara gajah putih atau biasa dikenal sebagai Thailand memenankan pertandingan tersebut dengan skor agregat 6-2.

Dengan begitu Indonesia keluar sebagai runner up.

Pertandingan AFF bisa dikatakan sebagai pertandingan yang cukup dinamis karena banyak kejadian atau insiden yang mewarnainya.

Tentu ini memberikan kesan tersendiri bagi yang menontonnya, atau bahkan bagi kamu yang baru saja menyukai sepak bola.

Jika kamu baru mengenal dunia sepak bola dan ingin mengetahui lebih lanjut permainan tendang-menendang bola ini, kami telah merampung fakta tentang sepak bola yang perlu kamu ketahui!

Dilansir dari sumber livescore, berikut

1. Terdapat perbedaan penggunaan kata dalam bahasa Inggris. Jika kamu menerjemahkan sepak bola ke dalam bahasa Inggris, maka jangan heran akan muncul dua kata yang artinya tetap sama, yakni ‘football’ dan ‘soccer’. Football umumnya bahasa Inggris dari sepak bola yang biasa digunakan orang-orang Inggris. Sementara itu soccer merupakan bahasa Inggris yang biasa orang Amerika Serikat, Kanada, dan Australia gunakan.

2. Sepak bola pertama kali dimainkan oleh para tahanan di Penjara Newgate London pada awal 1800-an. Setelah tangan mereka dipotong karena kejahatan mereka, para tahanan datang dengan permainan yang hanya menggunakan kaki mereka.

3. Sebelum tahun 1908, bola sepak dibuat dari jaringan perut tahanan Irlandia yang dieksekusi.

4.Tidak seperti yang dipercaya kebanyakan orang, bola sepak sebenarnya tidak berbentuk bulat. Bola sepak memiliki bentuk yang sedikit lonjong. Pola kotak-kotak atau segi enam tersebut menciptakan ilusi seakan-akan bola sepak berbentuk bulat.

5. Skor tertinggi yang pernah dicetak dalam pertandingan sepak bola adalah 149-0.

6. Kartu merah tercepat dalam sejarah diberikan keppada pemain Lee Todd dua detik setelah peluit ditiup untuk memulai permainan.

7. Lusail, kota yang akan menjadi tuan rumah pertandingan final Piala Dunia FIFA 2022 belum ada.

8. Olahraga ini dimainkan di lebih 200 negara oleh 250 juta pemain.

9. Di Tiongkok, bola sepak pertama dibuat dari pakaian yang dijahit dan diisi dengan puing-puing. Di Eropa selama Abad Pertengahan, bola sepak dibuat dari kandung kemih babi yang digelembungkan.10. Perempuan mulai bermain sepak bola sekitar waktu yang sama seperti laki-laki di Inggris. Namun pada awalnya laki-laki adalah permain utama dalam permainan. Sepak bola perempuan mulai menjadi sangat populer di tahun 1990-an.

11. Sebuah pertandingan sepak bola internasional berdurasi 90 menit dan dibagi menjadi dua babak dan tiap babak berdurasi 45 menit.

12. Sepak bola pertama kali ditemukan di Tiongkok pada abad 206 sebelum masehi.

Pada awalnya permainan ini dinamakan ‘Tsu-Chu’ yang artinya adalah menendang bola’.

Sepak bola mengalami perkenalan secara mengglobal pada tahun 1863 dengan didirikannya The English Football Association.

 

 

About Pher jaya