Home / Pendidikan / Selain Skripsi, Mahasiswa Akhir Juga Wajib Mempersiapkan Hal Berikut!

Selain Skripsi, Mahasiswa Akhir Juga Wajib Mempersiapkan Hal Berikut!

Saat memasuki semester akhir, mahasiswa seringkali dilanda kegelisahan. Di samping memikirkan skripsinya yang belum juga rampung, pikirannya mulai bercabang ke tahap selanjutnya setelah lulus. Pekerjaan dan fokus karier di masa depan terus membayangi mahasiswa. Perencanaan hidup pasca lulus memang sebaiknya sudah dipikirkan sedini mungkin. Tetaplah tenang dan fokus dengan kewajiban Anda sebagai mahasiswa tingkat akhir.

Di samping itu, Anda jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa hal berikut, supaya lekas segera mendapat pekerjaan.

 

Belajar Membuat CV

CV merupakan salah satu dokumen paling utama yang harus Anda siapkan ketika hendak melamar pekerjaan. Membuat CV bisa menggunakan aplikasi Corel Draw. Namun, bila tak memiliki keampuan untuk menggunakan aplikasi tersebut, jangan khawatir. Kini sudah banyak berbagai aplikasi daring yang memudahkan Anda membuat CV. Berbagai aplikasi ini cocok bagi Anda yang masih pemula dalam bermain grafis. Selain belajar soal grafis CV, Anda juga harus mempelajari konten apa saja yang ada di dalam CV. Biasanya setiap fakultas di UGM yang mempunyai lembaga karier, akan mengadakan pelatihan membuat CV. Jika ada, jangan ragu untuk datang dan berlatih bersama orang yang berpengalaman.

 

Kunjungi Job Fair

Acara job fair menjadi ladang berkumpulnya para pencari kerja. Walaupun belum lulus, tidak ada salahnya berkunjung, supaya Anda memperoleh bayangan tentang bagaimana cara mencari pekerjaan dan berkenalan dengan berbagai perusahaan yang ada di sana. Job fair biasanya diselenggarakan oleh kampus atau instansi tertentu.

 

Memulai Investasi

Penting bagi Anda untuk belajar berinvestasi, supaya Anda bisa memiliki passive income. Investasi yang dimaksud tidak melulu soal reksa dana, emas, properti, dan sejenisnya. Anda bisa memulai jenis investasi sederhana. Misalnya membuka usaha jasa tesis kedokteran atau menjadi pekerja lepas. Upah yang diperoleh bisa Anda simpan sebagai tabungan untuk berbagai keperluan. Di samping itu, Anda mungkin saja akan mendapatkan relasi atau informasi pekerjaan baru melalui pekerjaan tersebut.

 

Belajar Bahasa Asing

Memang tidak semua instansi mensyarakatkan pelamar untuk pandai berbahasa asing. Namun, keterampilan ini akan memberikan Anda nilai plus di dunia kerja. Apalagi jika Anda ingin melanjutkan kuliah S2 atau bekerja di perusahaan multinasional, pastinya keterampilan ini wajib Anda miliki. Mulailah untuk kursus bahasa asing untuk mengasah kemampuan berbahasa. Bisa juga mengikuti simulasi tes TOEFL atau IELTS untuk mengatahui kemampuan bahasa Inggris Anda.

 

Aktif di Media Sosial Profesional

Zaman sekarang pelamar diberi kemudahan untuk mencari pekerjaan melalui berbagai media sosial yang sifatnya profesional. Sebut saja LinkedIn, Kalibrr, Job Street, dan masih banyak lagi. Mulailah untuk membuat akun pribadi di media sosial tersebut, buat profil semenarik mungkin. Berbagai media sosial profesional ini akan sangat berguna, jika Anda mengelolanya dengan baik. Pihak HRD perusahaan biasanya mencari kandidat melalui jaringan profesional tersebut. Tidak hanya sebagai alat untuk mencari pekerjaan, lewat media sosial profesional, Anda bisa saja beruntung dihubungi HRD untuk direkrut.

 

Demikian persiapan yang sebaiknya dilakukan mahasiswa tingkat akhir. Semoga bisa lebih mantap untuk meninggalkan status mahasiswa dan memulai kehidupan baru selanjutnya.

About Pher jaya

Check Also

tes iq

Fakta Menarik Seputar Tes IQ yang Perlu diketahui

Secara tidak sadar, sering kali menganggap Tes IQ merupakan tolak ukur memberikan penilaian kecerdasan seseorang. …