Home / Bisnis / Pengertian SEO dan SEM yan di Ketahui Bagi Pemula Digital Marketing

Pengertian SEO dan SEM yan di Ketahui Bagi Pemula Digital Marketing

Pengertian SEO dan SEM – SEO dan SEM akan sering dijumpai jika Anda baru memulai di dunia digital marketing. Memahami SEO dan SEM bertujuan untuk meningkatkan trafik dalam hal mempromosikan penjualan dan pemasaran produk baik barang maupun jasa.

Untuk memahaminya, mari kita bahas bersama-sama. Bagi pemula yang ingin mendalami dunia digital marketing, SEM SEO digital marketing agak sulit dibedakan.

Para pelaku bisnis dalam bidang digital mungkin pernah mendengar berbagai istilah tersebut namun belum memahami perbedaan keduanya.

Istilah SEM SEO digital marketing adalah memang sering digunakan secara bergantian dan tidak secara bersamaan. Meskipun demikian, keduanya memiliki persamaan yaitu sama-sama bisa digunakan untuk meningkatkan traffic dalam hal promosi serta pemasaran penjualan produk baik barang maupun jasa.

Pengertian SEO dan SEM

Pengertian SEO dan SEM

SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari adalah strategi atau rangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog pada SERP (Search Engine Result Pages) utama dan mampu mencocokkan kata kunci yang ditentukan.

Melakukan SEO membutuhkan keterampilan dan ketekunan. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan banyak keterampilan analitis, kompetitif, dan strategis.

Hal ini dikarenakan kebutuhan analitik untuk meriset keyword atau kata kunci mana yang akan dibidik. Secara teknis, SEO membutuhkan setidaknya tiga bulan untuk mencapai hasil yang optimal.

Baca Juga: perbedaan seo dan sem

Tujuan utama SEO adalah meningkatkan traffic pengunjung atau kunjungan dengan kata kunci yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tinggi posisi websiteanda atau blog anda dengan kata kunci tertentu di mesin pencari.

Semakin tinggi posisi suatu website atau blog dengan kata kunci tertentu di mesin pencari, maka semakin tinggi pula jumlah visitor atau pengunjung website atau blog tersebut.

Hukum dan aturan SEO yang tidak tertulis selalu berubah, sama seperti algoritma mesin pencari itu sendiri yang berubah seiring waktu. Namun, ada salah satu aspek SEO yang tetap berkonsisten:

SEO On Page dan SEO Off Page. Ini adalah komponen dasar SEO. Dapatkan pemahaman yang lebih dalam sekaligus melalui daftar berikut!

SEO on Page:

  • Masukkan kata kunci target di judul postingan blog, tag judul, deskripsi meta, dll.
  • Bersihkan format URL situs/halaman Anda.
  • Mengoptimalkan kecepatan pemuatan halaman di situs Web Anda.
  • Integrasikan berbagi sosial ke dalam konten Anda.

Dan banyak kegiatan pengoptimalan lainnya termasuk SEO on-page. Kami telah membuat artikel khusus sebagai panduan lengkap SEO on-page.

SEO off page:

  • Buat backlink berkualitas tinggi dan tempatkan secara natural.
  • Terapkan SEO lokal.

Selain itu, ada kegiatan SEO off-page penting lainnya. Kami telah membuat artikel khusus sebagai panduan lengkap SEO off-page.

SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Sama seperti SEO, SEM juga bertujuan untuk menampilkan website atau blog di halaman utama halaman hasil mesin pencari.

Pengguna SEM seringkali identik dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna iklan SEM di mesin pencari adalah toko online dengan produk atau layanan untuk dijual.

Meskipun demikian, biasanya sangat jarang sekali ditemukan pengguna SEM yang hanya mempromosikan konten tertulis. Yang membedakan SEO dan SEM adalah biaya. SEM adalah trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya sementara SEO gratis, yaitu tanpa biaya.

Secara teknis, pembayaran untuk Search Engine Marketing biasanya bayar per klik atau bersyarat. Hasil SEM akan cepat terlihat dari jumlah yang dialokasikan.

SEM digunakan untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta kata kunci untuk dibidik. Baik SEO atau pun SEM memiliki tingkat kesulitannya masing-masing.

Optimisasi mesin pencari dan pemasaran mesin pencari tidak digunakan untuk bersaing satu sama lain, tetapi SEO dianggap sebagai bagian dari layanan SEM.

Jika Anda memutuskan untuk berbisnis di internet, sebaiknya situs web Anda dapat ditampilkan di mesin pencari organik dan juga di bagian yang diiklankan.

Artinya, SEO dan SEM diperlukan untuk memperluas jaringan bisnis Anda di dunia online. Atau anda bisa mengecek bisnisusahaonline.com untuk mengetahui artikel seputar bisnis.

Itulah penjelasan mengenai pengertian SEO dan SEM, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!!

About Pher jaya

Check Also

Kelebihan Lantai Kayu untuk Rumah Anda: Ketahui Faktanya!

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata ‘lantai kayu‘? Mungkin banyak …