Home / Bisnis / Pengertian Strategi Pemasaran Beserta Fungsi dan Contohnya

Pengertian Strategi Pemasaran Beserta Fungsi dan Contohnya

Pengertian strategi pemasaranSalah satu cara untuk mengembangkan bisnis adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang baik dan benar untuk menarik konsumen secara efektif.

Perencanaan bisnis dapat dianggap sebagai peta yang akan menunjukkan arah kesuksesan. Pemasaran adalah posisi strategis untuk kesuksesan bisnis. Pada artikel ini akan membahas tentang pengertian strategi pemasaran.

Jika Anda tidak memiliki strategi pemasaran, maka akan cukup sulit bagi bisnis Anda untuk berkembang. Apalagi jika ada risiko kerugian yang sangat mungkin terjadi, itulah mengapa pemasaran dan strategi sangat penting bagi seorang pengusaha.

Jika Anda siap dengan semua metode yang tepat dan pemahaman yang benar, mempercepat bisnis menuju kesuksesan bukanlah hal yang mustahil.

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan upaya untuk menjual produk melalui kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Tujuan dari strategi pemasaran ini tentunya dilakukan agar perusahaan memperoleh keuntungan, setidaknya ada 3 faktor yang menentukan harga jual produk dan jasa yaitu produksi, pemasaran dan konsumsi.

Fungsi Strategi Pemasaran

1. Meningkatkan Inovasi dan Pengembangan Bisnis

Dengan menerapkan strategi pemasaran produk, pelaku bisnis dapat mengungkap kebutuhan konsumen. Ini berorientasi pada saat ini dan masa depan dan secara tidak langsung dapat menghasilkan penemuan baru. Tentunya inovasi ini dapat dikembangkan oleh perusahaan, sedangkan produk terus berinovasi menjadi lebih baik.

2. Koordinasi Tim yang Lebih Efektif

Berdampak pada koordinasi tim yang berjalan lebih baik dan dapat terarah, strategi ini membantu mengatur tugas masing-masing pemain di setiap divisi.

Tentunya diharapkan kerjasama yang ingin dicapai dapat tepat sasaran dan seperti yang diharapkan, bagian pemasaran dan produksi akan bersinergi untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Tujuan merupakan faktor penting yang harus dimiliki saat mendirikan dan menjalankan bisnis, memiliki tujuan bisnis baru berorientasi dan dapat berkembang di masa depan.

Baca juga: strategi instagram marketing

Sebuah bisnis tidak akan bisa berkembang jika tidak memiliki tujuan, seperti target penjualan yang harus dicapai dengan angka tertentu baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Pemantauan Kegiatan Pemasaran

Pelaku atau perusahaan komersial juga wajib melakukan proses monitoring, terkait strategi yang akan digunakan. Pada saat itu, efektif atau tidaknya strategi pemasaran ini, kondisi ini sangat penting dalam menjalankan bisnis. Memantau fungsi pemasaran yang dilakukan untuk mencapai tujuan.

5. Meningkatkan Penjualan

Menjadi tujuan utama yang harus dicapai perusahaan yaitu meningkatkan penjualan produk atau jasa perusahaan. Hasil akhir yang diharapkan dari adanya dan pelaksanaan strategi tersebut, pemasaran berarti mempromosikan suatu produk untuk dijual dan tujuannya adalah meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

Contoh Strategi Pemasaran

pengertian strategi pemasaran

1. Gunakan Mesin Pencari Google

Era digital tentunya memberikan dampak positif yang menguntungkan bagi dunia usaha, salah satunya adalah pengaturan strategi pemasaran produk atau jasa.

Terbukti banyak konsumen yang melakukan pembelian melalui internet, calon konsumen ini ingin mengetahui informasi terkait bagaimana barang yang akan dibeli.

2. Penggunaan Platform Media Sosial

Media sosial adalah platform yang harus digunakan dalam pelaksanaan strategi pemasaran perusahaan. Mengidentifikasi pembeli potensial adalah cara untuk melakukan ini, sehingga pelanggan potensial pada akhirnya dapat melakukan penjualan hingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3. Maksimalkan Konten

Membuat konten semenarik mungkin adalah salah satu cara untuk menjalankan strategi pemasaran, meskipun pada akhirnya mengarah ke iklan.

Tentu akan mahal, namun konten yang menarik dan menghibur bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menarik calon pembeli.

Elemen Strategi Pemasaran

1. Produk

Sebagai unsur strategi pemasaran yang pertama, produklah yang menentukan bagaimana strategi pemasaran akan dijalankan. Hal-hal yang dapat diperhatikan fungsi, tampilan, kualitas dan kemasan berkaitan dengan suatu produk yang akan dijual atau dipasarkan terlebih dahulu. Sementara itu, pelanggan mempertimbangkan kualitas dan manfaat dari produk tersebut.

2. Harga

Mengenai strategi yang digunakan untuk menetapkan harga suatu produk yang ditawarkan, harga sangat mempengaruhi keinginan untuk membeli produk yang ditawarkan. Beberapa faktor bisa dijadikan acuan, seperti harga pasar produk yang mirip, cara pembayaran, diskon, cara kredit, dll.

3. Tempat

Lokasi merupakan elemen pemasaran yang harus diperhatikan karena mengacu pada lokasi atau tempat di mana banyak orang akan melihat produk dan jasa, selain diproduksi, dijual, dan kemudian didistribusikan. Terjangkau dan tidak terlalu mahal, adalah dua hal yang perlu diperhatikan saat memilih tempat.

4. Orang

Orang adalah faktor penting dalam menerapkan strategi pemasaran, karena ini termasuk karyawan perusahaan yang bertindak sebagai penjual dan pembeli produk.

Manusia memiliki hubungan yang sangat erat dengan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan, strategi ini diterapkan tentunya agar bisnis tersebut menguntungkan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian strategi pemasaran mulai dari pengertian, fungsi, unsur dan contoh yang sudah dilakukan dan terbukti berhasil. Tetap semangat dan semoga berhasil, anda juga bisa mengecek bisnisusahaonline.com agar tidak ketinggalan info menegenai seputar bisnis.

About Pher jaya

Check Also

Kelebihan Lantai Kayu untuk Rumah Anda: Ketahui Faktanya!

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata ‘lantai kayu‘? Mungkin banyak …