Home / Bisnis / Manfaat Strategi Pemasaran yang Berguna untuk Bisnis

Manfaat Strategi Pemasaran yang Berguna untuk Bisnis

Manfaat strategi pemasaran – Menurut data dari Pew Research Center, selama tiga tahun terakhir ini, penggunaan internet di kalangan orang dewasa meningkat sebesar 5%.

Di sisi lain, perusahaan terus berusaha mencari strategi pemasaran terbaik untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Penetrasi internet yang berkembang ini merupakan peluang besar yang berguna untuk mengeksekusi manfaat strategi pemasaran digital.

Apa pun jenis strategi pemasaran digital yang ingin Anda gunakan, tujuan keseluruhan yaitu dari kegiatan pemasaran adalah untuk dapat menjangkau target pasar di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Lalu apa itu Manfaat Strategi Pemasaran Digital bagi bisnis anda?

Apa itu Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran adalah tujuan dan sasaran pemasaran perusahaan yang digabungkan menjadi satu rencana yang komprehensif. Eksekutif bisnis akan menarik strategi pemasaran yang sukses dari riset pasar. Aktivitas ini juga berfokus pada bauran produk yang tepat sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang paling banyak.

Sederhananya: strategi pemasaran adalah strategi yang dirancang untuk mempromosikan barang atau jasa sehingga akan menghasilkan keuntungan. Dalam konteks ini, kata ‘barang’ berarti sama dengan ‘produk’.

Pengertian Strategi Pemasaran Digital

Strategi pemasaran digital atau digital marketing strategy adalah upaya pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat dan internet. Dengan biaya yang lebih rendah dan cara yang lebih sederhana, pemasaran menggunakan Internet semakin diadopsi.

Ada beberapa strategi pemasaran digital yang banyak digunakan pemilik bisnis. Mulai dari penggunaan SEO (Search Engine Optimization) hingga memaksimalkan pencarian website bisnis, social media advertising, email dan juga content marketing.

Sebenarnya, pemasaran digital sudah ada sejak lama. Jika dulu bisnis menjangkau audiens mereka dengan saluran seperti televisi dan radio, sekarang orang menghabiskan lebih banyak waktu online. Itu sebabnya pemasaran perlu di mulai menjangkau lebih banyak pembeli potensial melalui saluran digital, yaitu dengan Internet.

Manfaat Strategi Pemasaran

manfaat strategi pemasaran

Sebelum memikirkan strategi lain, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu keuntungan menggunakan teknologi digital untuk pemasaran. apa saja ?

1. Tingkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Komunikasi yang Kuat

Seperti yang kita semua tahu, mencari pelanggan baru membutuhkan lebih banyak biaya dan usaha daripada mempertahankan yang lama. Inilah mengapa retensi pelanggan sangat penting. Salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah melalui saluran pemasaran digital.

Baca juga: strategi marketing efektif

Anda dapat mengirimkan email yang berisi penawaran produk terkait pembelian pelanggan sebelumnya. Anda juga dapat mengundang mereka untuk mengikuti akun media sosial Anda sehingga mereka dapat menerima informasi terbaru tentang produk Anda.

2. Promosi yang Lebih Tertarget

Ketika Anda beriklan di koran atau televisi, Anda tidak tahu siapa yang akan melihat dan memutuskan untuk membeli produk Anda. Hal ini membuat iklan menjadi tidak efektif. Hal ini tidak berlaku jika Anda menggunakan brosur digital. Internet memungkinkan Anda untuk beriklan hanya untuk target pasar Anda. Dengan begitu, mereka akan lebih tertarik dan membeli produk Anda.

3. Menciptakan Kesan Profesional

Di zaman yang rumit ini ketika kebanyakan orang mulai mencari produk mereka menggunakan Google, sangat penting untuk membuat bisnis Anda “terlihat” di internet. Hal ini tidak hanya akan memudahkan orang menemukan bisnis Anda, tetapi juga dapat membuat merek Anda terlihat lebih profesional.

4. Meningkatkan Profit

Tujuan utama pemasaran adalah menjual produk sebanyak-banyaknya dan juga mendapatkan keuntungan yang maksimal. Saat ini, banyak sekali bisnis merasakan dampak positif dari teknologi digital yang berkembang pesat. Apalagi dengan sistem pembayaran online dan layanan delivery door to door.

Bisnis yang dikuratori secara digital akan sangat memudahkan orang lain untuk menjangkau mereka. Secara langsung dapat menarik lebih banyak pelanggan, yang pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Anda bisa mengunjungi bisnisusahaonline.com agar tidak ketinggalan info mengenai bisnis.

Ini adalah pemahaman mengenai tentang strategi pemasaran digital dan manfaatnya bagi bisnis Anda. Tertarik mengambil pendekatan ini untuk mengembangkan bisnis Anda lebih maju lagi?

Demikian itulah ulasan mengenai manfaat strategi pemasaran yang perlu kamu ketahui, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk kamu ya!!

About Pher jaya

Check Also

Kelebihan Lantai Kayu untuk Rumah Anda: Ketahui Faktanya!

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata ‘lantai kayu‘? Mungkin banyak …