Home / Makanan / Cara Membuat Keripik Singkong Rasa Gadung yang Cocok untuk Camilan

Cara Membuat Keripik Singkong Rasa Gadung yang Cocok untuk Camilan

Cara membuat keripik singkong rasa gadung – Proses pembuatan kripik singkong yang biasa, pengolahannya lebih sederhana yaitu umbi singkong diiris tipis kemudian dibumbui dan digoreng hingga kering begitulah pada keseluruhan dasar pengolahan kripik singkong biasa.

Untuk pembuatan kripik singkong rasa gadung berbeda dengan pembuatan kripik singkong biasa dimana masih ada tahapan lain sebelum proses penggorengan dilakukan, untuk sedikit informasinya akan saya kupas di artikel ini.

Kripik singkong biasa dengan kripik singkong rasa gadung secara garis besar pengolahannya berbeda, hasil cita rasa serta penampilan produk jelas berbeda pula.

Untuk kripik singkong biasa, rasa yang dominan muncul diluar rasa bumbu adalah rasa original umbi singkong dengan tampilan produk yang putih agak krem, sedangkan rasa umbi singkong pada kripik singkong rasa gadung tidak terasa jelas, namun lebih menyerupai rasa kripik gadung dan tampilan produk lebih putih daripada kripik singkong biasa.

Memang cita rasa pada kripik singkong rasa gadung hampir menyerupai cita rasa pada kripik umbi gadung, namun secara menyeluruh tetap saja berbeda dengan kripik umbi gadung, dan untuk proses pengolahannya masih lebih sulit pengolahan umbi gadung karena kandungan Sianida yang sangat tinggi daripada umbi singkong.

Tekstur antara kedua jenis kripik singkong biasa dan kripik singkong rasa gadung juga berbeda, kripik singkong biasa cenderung lebih renyah dan empuk daripada kripik singkong gadung yang teksturnya agak sedikit keras.

Setelah mengetahui perbedaan utama antara kripik singkong biasa dengan kripik singkong rasa gadung maka mari kita lihat cara pengolahan kripik singkong rasa gadung secara lebih detail.

Cara Membuat Keripik Singkong Rasa Gadung

cara membuat keripik singkong rasa gadung

Berikut proses pembuatan kripik singkong rasa gadung :

  1. Ketela atau singkong atau ubi kayu yang sudah diambil, dibersihkan terlebih dahulu, dan dikupas kulitnya.
  2. Setelah itu, ketela ini dirajang dengan mesin perajang, sehingga berbentuk bulat, tipis. atau juga bisa dengan mesin keripik singkong agar lebih mudah, mesin keripik singkong ini bisa di dapatkan di rumahmesin.com dengan harga terjangkau.
  3. Setelah perajangan, ketela tersebut direbus selama beberapa jam ( 1-2 jam )
  4. Kemudian dilakukan perendaman dengan air.
  5. Pada proses perendaman ini dilakukan pencampuran bumbu – bumbu sesuai dengan rasa yang diinginkan, bumbu tersebut seperti : garam, bawang, dll.
  6. Setelah itu, ketela kembali dikukus atau di uapkan dengan waktu secukupnya. Hingga terlihat warna agak kekuning – kuningan.
  7. Setelah proses penguapan selesai, baru dilakukan penggorengan.

Pengolahan Kripik Singkong Rasa Gadung

Sama seperti pada langkah awal pembuatan kripik singkong pada umumnya yaitu pemilihan bahan baku umbi singkong yang baik. umbi singkong yang baik untuk pembuatan kripik singkong agar hasilnya baik dan renyah.

Setelah proses pemilihan umbi yang baik dilakukan maka proses pembuatan kripik singkong rasa gadung selanjutnya adalah pengupasan umbi singkong dari kulit arinya hingga bersih.

Berlanjut ke langkah pencucian umbi singkong yang telah dikupas hingga bersih dari kotoran, disusul dengan proses perajangan. Umbi singkong dirajang dengan alat bantu perajang keripik dengan ketebalan pengirisan antara 2 mm sampai 3mm.

Dari langkah perajangan menuju ke proses pengukusan, hasil rajangan tersebut kemudian dikukus atau juga bisa direbus hingga setengah matang.

Pada proses kali ini pastikan hasilnya jangan terlalu matang, untuk waktu yang diperlukan relatif tergantung temperatur yang digunakan.

Angkat dan tiriskan umbi singkong yang telah direbus itu dan dinginkan. Siapkan air bersih yang telah dicampur dengan garam dan kapur sirih, pada proses perendaman bisa dicampurkan pula bawang putih atau bumbu lain yang dikehendaki. Waktu perendaman dilakukan selama 3 hari dan selama waktu perendaman air harus diganti setiap hari.

Proses berlanjut pada pengukusan kembali pada hasil umbi singkong yang telah direndam dengan waktu secukupnya hingga ada perubahan warna agak sedikit kekuning kuningan pada irisan singkong tersebut.

Jemur dibawah terik matahari setiap lembar irisan keripik singkong hingga benar benar kering, apabila dalam satu hari masih belum kering benar maka lakukan penjemuran hingga besoknya, pastikan kadar air pada tiap lembar irisan singkong sudah habis.

Keripik singkong rasa gadung sudah siap digoreng. Kripik singkong rasa gadung yang telah melalui proses penjemuran ini masih bisa disimpan dan digoreng pada lain waktu ketika dibutuhkan, berbeda dengan kripik singkong biasa yang pada waktu pembuatannya harus digoreng semua.

Demikian itulah ulasan mengenai cara membuat keripik singkong rasa gadung yang bisa anda tiru atau anda praktikkan di rumah, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk kamu ya!!

About Pher jaya

Check Also

Cara Membuat Ceriping Sukun

Cara Membuat Ceriping Sukun yang Renyah dan Gurih!!

Cara membuat ceriping sukun – Cara pembuatan keripik sukun manis bisa dikatakan tidak terlalu susah, …