Home / Makanan / Usaha Keripik Talas Sukses yang Wajib di Ketahui!!

Usaha Keripik Talas Sukses yang Wajib di Ketahui!!

Usaha keripik talas sukses – Ternyata talas ini bisa diolah menjadi makanan yang sangat lezat salah satunya adalah kripik talas. Kripik talas ini merupakan salah satu camilan yang memiliki cita rasa gurih dan enak. Olahan kripik talas ini bisa Anda jadikan camilan ketika Anda bersantai bersama keluarga tercinta Anda ataupun rekan terdekat Anda.

Kripik talas ini banyak kita temui di para pedagang kaki lima ataupun di warung-warung. Camilan ini adalah camilan yang terbuat dari bahan yang sangat sederhana sekali, namun untuk rasa yang dihasilkan sangatlah luar biasa enaknya. Camilan ini biasa disebut dengan keripik talas atau keripik mbote.

Camilan ini sangat mudah sekali dalam pembuatannya, namun terkadang meskipun mudah, jika tidak dilakukan dengan benar akan menghasilkan rasa yang tidak sempurna. Karena kripik talas banyak pecintanya mulai dari anak – anak hingga kalangan dewasa hal banyak masyarakat yang memilih kripik talas untuk kegiatan usaha mereka.

Apa itu Talas?

Nama talas pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Talas merupakan salah satu tanaman yang pada umunya terdapat di pekarangan rumah atau di perkebunan.

Talas ini adalah termasuk dalam kelas umbi – umbian karena hidup berada di dalam tanah. Masayarakt desa pada umunya memakan talas untuk dijadikan sebagai makanan pokok.

Jenis umbi satu ini memiliki cita rasa yang enak dan bisa diolah seperti direbus, digoreng ataupun dikukus. Selain rasanya yang enak talas juga sangat kaya akan karbohidrat sehingga akan terasa mengenyangkan jika dikonsumsi.

Ternyata talas ini juga sangat kaya akan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat dari talas adalah karbohidrat yang cukup tinggi, rendah lemak dan terdapat kandungan serat yang cukup baik untuk memperlancar kerja pencernaan.

Kandungan vitamin yang terdapat dalam umbi talas diantaranya vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan betakaroten. Umbi talas memberikan kalori lebih dari manfaat kentang , sekitar 100 gramnya menyediakan 112 kalori. Kalori ubi talas terutama berasal dari karbohidrat kompleks yang dikenal sebagai amilosa dan amilopektin.

Resep Keripik Talas

Usaha Keripik Talas Sukses

Bahan yang diperlukan :

  • 1 kg talas
  • 2 sdt air kapur sirih
  • 1500 ml air
  • Garam secukupnya
  • Bawang putih dihaluskan 3 – 4 siung
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat keripik talas :

  1. Kupas talas hingga bersih, kemudian cuci dengan air bersih.
  2. Iris tipis – tipis talas tersebut, bisa juga menggunakan alat bantu untuk mengiris tipis.
  3. Kemudian jemur dibawah terik matahari selama 3 jam. Penjemuran dilakukan dengan tujuan agar getah pada umbi talas menghilang. Jika getah pada talas tidak menghilang dapat menyebabkan gatal di tenggorokan saat dimakan.
  4. Campurkan air dengan kapur sirih, garam, dan bawang putih yang sudah dihaluskan.
  5. Rendam irisan talas yang sudah dijemur dalam air campuran tadi selama beberapa menit kemudian tiriskan.
  6. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng talas yang sudah direndam tadi hingga matang dan kering
  7. Jika sudah matang dan kering, lalu angkat dan tiriskan. Bisa juga menggunakan mesin peniris minyak agar hasil penirisan lebih maksimal, rumahmesin.com menyediakan mesin yang kualitas namun dengan harga terjangkau.
  8. Anda juga bisa mendambahkan gula halus jika ingin manis atau bumbu lainya sesuai selera anda seperti menggunakan bumbu balado, bubuk keju, bubuk cabai, dan lain sebagainya.
  9. Simpanlah ditampat kering dan terutup.

Nah, itu tadi resep untuk membuat kripik talas sangat mudah bukan cara pembuatannya, Anda yang sangat gemar dengan olahan kripik talas ini Anda bisa mencobanya di rumah yang kemudian bisa Anda kembangkan menjadi usaha sampingan Anda yang bisa menambah pendapatan ekonomi Anda.

Jika Anda merasa tertarik untuk menjalankan usaha kripik talas ini di bawah ini akan saya berikan contoh sederhana bentuk analisa usaha dari kripik talas.

Untuk menjalankan usaha ini terbilang cukup mudah dan tidak rumit hanya membutuhkan ketelatenan dan kejelian dalam mengatur kegiatan usaha agar kegiatan usaha dapat berjalan lebih optimal sehingga dapat mendatangkan keuntungan yang maskimal.

Demikian itulah ulasan mengenai usaha keripik talas sukses yang perlu kamu ketahui, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kamu ya!!

About Pher jaya

Check Also

Cara Membuat Ceriping Sukun

Cara Membuat Ceriping Sukun yang Renyah dan Gurih!!

Cara membuat ceriping sukun – Cara pembuatan keripik sukun manis bisa dikatakan tidak terlalu susah, …