Home / Artikel / Kapan Dapat Ajukan Pensiun Awal dan Apa Penyiapannya

Kapan Dapat Ajukan Pensiun Awal dan Apa Penyiapannya

Sesudah mulai bekerja, Anda pasti ingin mempunyai kehidupan kerja yang bagus dengan profesi yang berkembang. Tetapi yang tidak kalah penting ialah persiapan pensiun dini, supaya Anda bisa juga nikmati hari tua secara nyaman.

Ini kali, silahkan mengulas mengenai kapan Anda bisa ajukan pensiun awal, dan apa penyiapan yang penting Anda kerjakan. Selainnya penyiapan keuangan, masih beberapa hal yang lain tidak kalah perlu diingat.

Kapan Dapat Ajukan Pensiun Awal

Anda tidak dapat setiap saat ajukan pensiun awal. Ada batasan umur minimum untuk pengajuannya saat penyiapan pensiun awal. Baca pembahasan di bawah ini.

– Umur Minimum Pengajuan Pensiun Awal ASN (PNS)
Bila profesinya sebagai ASN (Aparat Sipil Negara) atau PNS, Anda bisa ajukan permintaan pensiun awal karena 2 argumen.

Pertama, jika argumennya karena kehendak sendiri, karena itu pensiun awal dapat Anda sampaikan pada waktu berumur 45 tahun. Ketentuannya, Anda harus telah berbakti sepanjang sekurangnya 20 tahun.

Ke-2 , bila pensiun awal muncul karena perampingan perusahaan, karena itu persyaratan umur minimalnya ialah 50 tahun, dan saat kerja minimum sepuluh tahun.

– Umur Minimum Pensiun Pegawai Swasta
Berlainan dengan ASN, pegawai yang bekerja di perusahaan swasta punyai ketentuan yang semakin lebih fleksibel berkaitan umur pensiun minimum.

Beberapa perusahaan atur seorang yang telah bekerja 20 tahun bisa ajukan pensiun tanpa batasan minimum umur. Ada yang mengaplikasikan batasan umur minimum 45 tahun, sepanjang yang berkaitan sudah bekerja minimum 15 tahun.

Pokoknya, Anda dapat bertanya peraturan berkaitan umur pensiun ini ke management atau HRD perusahaan Anda.

Penyiapan Pensiun Awal

Untuk penyiapan pensiun awal, ada banyak hal yang penting Anda kerjakan, salah satunya:

– Cari tahu persyaratan pengajuan pensiun awal ke perusahaan atau atasan.
– Kumpulkan document yang diperlukan, lalu lakukan pengajuan.
– Mempersiapkan gagasan keuangan seperti tabungan hari tua dan mempunyai beberapa instrument investasi yang bagus.
– Meng ikuti training persiapan pensiun dini di instansi yang dapat dipercaya.
Supaya investasi Anda tidak percuma, ikutinya training penyiapan pensiun awal di ESQ MPP. Anda dapat cari info langsung dengan tiba ke kantornya di Menara 165 Lantai 18, Jalan TB Simatupang Kav 1, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, atau check info selengkapnya di sini.

About Pher jaya