Home / Uncategorized / Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah dan Kulit Supaya Mulus

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah dan Kulit Supaya Mulus

Manfaat minyak kelapa. VCO adalah minyak yang diambil atau disuling dari kelapa segar dalam proses pembuatan inilah yang dihasilkan minyak dengan warna murni atau bening, kadar asam lemak bebas rendah, banunya harum, dan awet disimpan.

VCO dibuat dengan kopra atau daging kelapa kering yang dikeluarkan dari cangkangnya dan ditekan untuk diekstrak minyak alami. VCO memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berbagai macam manfaat minyak kelapa bisa kamu dapatkan dari minyak kelapa itu sendiri. Kegunaan minyak kelapa itu sudah tidah diragukan lagi bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit.

Minyak kelapa merupakan satu diantara minyak yang mempunyai berlimpah sekali kegunaan karena metode untuk mendapatkan minyak kelapa ataupun metode pengaplikasiannya memang gampang. Mesin Vco

 

Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah

Penggunaan minyak kelapa untuk wajah bisa dilakukan dengan mengoleskan ke wajah atau dijadikan campuran masker wajah. Kemudian, gunakan minyak kelapa secara rutin. Beberapa manfaat yang mungkin didapat, antara lain:

1. Membunuh Bakteri

Kandungan terbesar dari minyak kelapa adalah asam lemak rantai medium dengan sifat antimikroba. Artinya, manfaat minyak kelapa dapat membunuh mikroorganisme yang menyebabkan masalah seperti jerawat.

Tak hanya itu, asam laurat dalam minyak kelapa juga bisa membantu membunuh bakteri, jamur, dan virus. Bahkan ada penelitian yang menyebut bahwa minyak kelapa lebih ampuh mengusir bakteri penyebab jerawat ketimbang benzoyl peroxide yang biasanya digunakan pada obat jerawat.

2. Mengobati Jerawat

Manfaat minyak kelapa untuk wajah lainnya adalah untuk mengobati jerawat. Hal ini tak terlepas dari kandungan asam laurat dalam minyak kelapa yang memiliki sifat zat antibakteri dan antijamur sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat.

Selain itu, minyak kelapa dapat digunakan untuk melawan bakteri penyebab jerawat berkat kandungan capric, caproic, dan caprylic medium-chain fatty acids.Namun ingat, hal ini hanya akan efektif apabila minyak kelapa diaplikasikan langsung untuk wajah.

3. Membersihkan Wajah

Tahap terpenting dalam merawat wajah adalah membersihkan atau cleansing.Minyak kelapa dapat digunakan untuk membantu mengangkat makeup bahkan yang waterproof sekalipun.

Cara mengaplikasikannya bisa dengan menggunakan kapas atau diaplikasikan langsung sebelum cuci muka.Inilah manfaat minyak kelapa untuk wajah berikutnya.

 

Bolehkah Minyak Kelapa untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak?

Mengingat ada banyak khasiat dari mengaplikasikan minyak kelapa untuk wajah, tak sedikit yang mempertimbangkan untuk menggunakannya untuk kulit berjerawat dan berminyak.

Namun perlu diingat, ada beberapa hal yang membuat minyak kelapa tidak cocok untuk digunakan oleh pemilik kulit berjerawat dan berminyakyaitu:

1. Menyumbat Pori-pori

Sifat minyak kelapa sangat komedogenik, artinya bisa menyumbat pori-pori. Ketika pori-pori tersumbat, hal ini dapat menyebabkan jerawat menjadi semakin parah terutama bagi mereka dengan kulit wajah berminyak.

Artinya, minyak kelapa tidak cocok digunakan untuk melembapkan kulit wajah karena justru membuat pori-pori tersumbat. Terlebih apabila ditumpuk dengan rangkaian makeup, yang terjadi justru penyumbatan pada kulit wajah.

Namun, Anda tetap bisa menggunakan minyak kelapa untuk melembapkan bagian tubuh lainnya, seperti siku, lutut, tumit, lengan, dan kaki.

Menjaga kelembapan kulit adalah salah satu kunci dalam menjaga kesehatan kulit Anda.Kulit perlu kelembapan agar optimal dalam mengatasi infeksi dan proses regenerasi.

Mengaplikasikan minyak kelapa pada bagian-bagian tubuh yang kering dapat membantu melembapkan sekaligus mengatasi bakteri.

2. Rentan Meninggalkan Residu

Menggunakan minyak kelapa untuk wajah juga bisa meninggalkan residu pada wajah. Contohnya apabila menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan wajah dengan makeup, bisa saja ada residu yang tertinggal. Bukannya bersih, justru ada lapisan minyak yang menempel pada wajah.

3. Belum Tentu Efektif

Bisa jadi pada beberapa orang, minyak kelapa dapat mengatasi masalah jerawat karena kandungan asam linoleatnya yang tinggi. Meski demikian, ada risiko minyak kelapa menyebabkan breakout karena sifatnya yang komedogenik pada kulit. Hasilnya? Belum tentu efektif mengatasi jerawat.

 

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit

manfaat minyak kelapa untuk wajah

Minyak kelapa adalah salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Alasannya, karena minyak kelapa memberikan banyak manfaat yang diperlukan oleh kulit, diantaranya:

1. Mencegah Kulit Kehilangan Air

Dikutip dari Healthline, meskipun menjaga kebersihan sangat penting, sering mencuci tangan, menggunakan produk abrasif, atau mandi terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada bagian stratum korneum epidermis kulit.

Stratum corneum adalah lapisan kulit paling atas yang berfungsi mencegah kehilangan air dan infeksi.

Sebuah penelitian menunjukkan, jika lapisan ini terus-menerus rusak, kulit dapat meradang, dan rentan terhadap infeksi. Bahkan, pada beberapa orang dapat meningkatkan risiko pengembangan peradangan kulit kronis dari waktu ke waktu.

Dokter kulit, Dr. Beth Goldstein mengatakan bahwa produk penghidrasi dan perbaikan kelembapan dapat membantu. Dan minyak kelapa adalah salah satu bahan yang membantu kulit mempertahankan kelembapan tersebut.

“Minyak kelapa dapat membantu mengatasi retakan dan kehilangan air di lapisan atas kulit dengan menyediakan lipid lemak esensial,” kata Goldstein.

“Lipid ini meningkatkan fungsi pelindung kulit, sehingga kulit terasa kenyal dan terhidrasi,” lanjutnya.

2. Mengandung Asam Lemak Laurat

Goldstein menjelaskan bahwa minyak kelapa penuh dengan asam lemak termasuk asam laurat.

Asam laurat dikenal memiliki efek positif pada kesehatan kulit. Sebuah studi mengungkapkan bahwa monolaurin yang berasal dari asam laurat menunjukkan aktivitas antivirus dan antijamur.

Karena sifat antivirus ini, sebuah studi tahun 2009 mengungkapkan bahwa asam laurat juga berpotensi berguna dalam mengurangi gejala yang terkait dengan acne vulgaris.

3. Meredakan Peradangan

Karena tidak mengandung bahan tambahan atau bahan kimia yang keras, minyak kelapa dalam bentuknya yang paling murni, dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan kondisi kulit seperti eksim.

Lebih spesifiknya lagi, karena minyak kelapa cepat meresap ke dalam kulit, ramuan tersebut dapat bermanfaat dalam meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi rasa gatal yang terkait dengan kondisi kulit ini, menurut artikel National Eczema Foundation.

Selain itu, sebuah studi tahun 2019 menjelaskan bahwa sifat emolien minyak kelapa juga berdampak positif pada dermatitis dan xerosis ringan hingga sedang, atau kulit yang sangat kering.

About Pher jaya

Check Also

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara membasmi rumput liar – Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membunuh gulma secara efektif …