Home / website / Tips Membangun Bisnis Jasa Pembuatan Website

Tips Membangun Bisnis Jasa Pembuatan Website

Membangun bisnis jasa pembuatan website. Sebagai media promosi yang murah dan efisien, peluang bisnis jasa pembuatan website pasti menarik. Jika tertarik untuk terjun ke bisnis tersebut, ada beberapa tips membangun bisnis jasa pembuatan website agar kamu bisa mendapatkan client lebih banyak.

 

 

 

 

Membangun Bisnis Jasa Pembuatan Website

membangun bisnis jasa pembuatan website

Berikut adalah beberapa tips membangun bisnis jasa pembuatan website :

  1. Riset untuk Menentukan Target Pasar

Sebelum memulai bisnis jasa pembuatan website, kamu perlu melakukan riset pasar dan menentukan target pasar yang sesuai.

Di dalam menentukan target pasar, kamu juga perlu menyadari sesuai dengan kemampuanmu. Jangan mematok harga terlalu mahal atau murah, sesuaikan dengan hasil yang bisa kamu berikan.

Apabila target market sudah sesuai, kamu bisa berfokus pada pemasaran dan menentukan biaya promosi sesuai target pasar. Lakukan hal berikut saat menentukan target pasar:

  • Cari layanan jasa pembuatan situs dan analisis permasalahan yang ada.
  • Apakah layanan web hostingtersebut sudah maksimal? Misalnya, apakah laman cepat memuat, layanan pelanggan cepat, apakah ada DNS management?
  • Tawarkan solusi yang bisa kamu berikan untuk menghadapi masalah tersebut.
  • Fokus untuk membangun layanan situs yang sama. Misalnya, berfokus pada pembuatan situs untuk perusahaan, situs untuk jual beli, atau untuk blogging. Setiap situs pasti memiliki target marketdan tingkat kesulitan yang berbeda.
  1. Bangun Portofolio

Apabila sudah menentukan target pasar, kamu bisa mulai membangun website sebagai portofolio untuk client.

Situs ini harus kamu sesuaikan dengan target market di atas. Contohnya, jika kamu akan membuka layanan pembuatan website untuk online shop, pastikan situs yang kamu bangun memiliki kecepatan yang cepat, dan tidak lemot saat loading.

Ada beberapa cara mengoptimalisasi situs yang kamu buat, yaitu:

  • Membuat tampilan situs yang menarik. Contoh tema situsyang bisa kamu gunakan adalah bold fonts, white space, ultra minimalist navigation dan lain sebagainya.
  • Tempatkan CTA (call to action) pada sisi yang mudah terlihat. Kontak situs yang bisa kamu berikan, seperti alamat, e-mail, nomor telepon, atau layanan bantuan.
  • Buat navigasi yang mudah seperti menambah laman tentang situs, FAQ, detail layanan dan lain-lain.
  • Integrasikan situs dengan media sosial agar calon pelanggan dapat melihat contoh portofolio lain.
  • Optimalisasi dengan laman blog dan terbitkan artikel tentang jasa pembuatan website.
  1. Optimalisasi Search Engine

Jika sudah memiliki situs untuk portofolio ke client, kamu bisa melakukan optimalisasi mesin pencarian. Lakukan hal ini, agar saat calon pelanggan mencari layanan jasa pembuatan website, situs milikmu akan muncul menjadi yang teratas.

Tips untuk mengoptimalisasi mesin pencarian adalah sebagai berikut:

  • Jika kamu membuat laman untuk blogging, pastikan artikel yang kamu tulis SEO-friendly. Caranya bisa dengan menggunakan kata kunci yang sering muncul di mesin pencarian, membuat konten sesuai audiencedan link situs dibuat terpendek, serta menggunakan keyword
  • Optimalisasi judul artikel dan gunakan meta descriptiondengan kata-kata yang menarik pembaca untuk membuka situsmu.
  • Mengurangi bounce ratepada situs yang dapat menyebabkan situs lama untuk diakses. Kamu bisa mengecek performa situs melalui Google PageSpeed.
  • Gunakan gabungan linkinternal dan juga eksternal. Pastikan link tersebut menuju ke informasi yang akurat.
  1. Tentukan Unique Selling Point(USP)

Langkah keempat, kamu bisa mencari unique selling point dari bisnis jasa pembuatan website. USP dapat memberikan gambaran kepada client jika situs yang kamu bangun memiliki kelebihan dari kompetitor. Beberapa contohnya, yaitu:

  • Menyediakan layanan one-stop shopping, seperti web hosting, domain hosting dan cloud hosting.
  • Menyediakan jasa sesuai kebutuhan client, misalnya jasa optimalisasi kecepatan situs, jasa pembuatan blog, jasa pembuatan landing page(jasa yang kamu tawarkan tidak hanya sebatas pembuatan situs saja).
  • Ada tawaran kupon jika memesan layanan tertentu, special dealsdan referral untuk client yang sudah menggunakan jasamu.
  • Menerapkan strategi up sellingseperti meningkatkan layanan situs. Ketika melakukan up selling, pastikan kamu memberikan penawaran yang sesuai, tunjukkan kelebihan layanan dan tarik pelanggan dengan tambahan reward.

Ketika kamu sudah bisa menemukan USP dari jasa pembuatan website yang kamu miliki, kamu akan memiliki personal branding dari situs kamu untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Misalnya, apabila menggunakan layananmu bisa selesai dengan tepat waktu, memiliki halaman situs yang responsif, bisa mendapat tambahan layanan domain dan SSL, serta yang lainnya.

  1. Cari Client dari Forum atau Situs Freelance

Terakhir, membangun bisnis jasa pembuatan website pasti memerlukan client agar bisnis kamu tetap berjalan. Selain itu, client yang bervariasi juga dapat memberikan kamu testimoni yang beragam.

Demi mendapatkan client, kamu bisa menawarkan jasamu di situs pekerja lepas jasa pembuatan website atau forum website. Beberapa contohnya seperti:

  • Upwork

Upwork merupakan situs freelancer terbesar di dunia. Beberapa pekerjaan yang bisa kamu ambil di situs ini adalah mengembangkan blog section, menyelesaikan masalah di laman web, jasa pembuatan landing page dan sebagainya.

Kamu bisa mendapatkan rate mulai dari Rp170.000,00 – Rp600.000,00 per jam, tergantung dari jasa yang kamu ambil.

  • Sribulancer

Jika ingin berfokus di pasar dalam negeri, bisnis jasa pembuatan website bisa kamu kembangkan di situs Sribulancer.Penawaran yang kamu ambil bisa seperti jasa website untuk online shop, website perusahaan, modifikasi website dan sebagainya. Harganya mulai Rp500.000,00 per task.

About Pher jaya

Check Also

Beberapa Kelebihan Menggunakan Jasa Membuat Website

Jasa membuat website. Jasa membuat website professional mempunyai peranan penting bagi lead bisnis era modern. …