Home / Bisnis / Peluang kerja di Bidang Insinyur Pertanian

Peluang kerja di Bidang Insinyur Pertanian

Bidang yang sedang naik daun dengan berbagai prospek kerja adalah agribisnis. Bagi orang yang tertarik dengan bidang ini, ada banyak pilihan pekerjaan yang menarik, mulai dari penjualan dan pemasaran hingga penelitian dan pengembangan. Insinyur pertanian adalah salah satu pilihan terbaik untuk berkarir. Anda bisa melamar sebagai insinyur pertanian melalui lowongan kerja jakarta Begawe Online. Dengan Begawe, Anda juga dapat menemukan lowongan kerja di bidang lainnya.

Insinyur Agribisnis

Insinyur pertanian menerapkan pengetahuan ilmiah, kemajuan teknologi, dan konsep teknik untuk administrasi dan produksi pertanian. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan, merancang, dan meningkatkan produk, metode, dan sistem pertanian. Antara 2021 dan 2031, diperkirakan akan ada sedikit atau tidak ada perubahan dalam pekerjaan Insinyur Pertanian.

Karakteristik seorang Insinyur Pertanian

Untuk berhasil dalam posisi mereka, insinyur pertanian perlu memiliki sejumlah bakat dan atribut. Ini termasuk kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi, kemampuan matematika, dan kemampuan analitis. Untuk memeriksa persyaratan sistem kompleks yang melibatkan manusia, Tanaman, Hewan, Mesin dan peralatan, dan lingkungan, diperlukan kemampuan analitis. Untuk memahami kebutuhan klien, karyawan, dan peserta proyek lainnya, seseorang harus memiliki kemampuan komunikasi yang efektif. Kalkulus, trigonometri, dan bidang matematika tingkat lanjut lainnya memerlukan penerapan keterampilan matematika untuk analisis, desain, dan pemecahan masalah. Karena tanggung jawab utama insinyur pertanian adalah menyelesaikan masalah yang muncul dalam produksi pertanian, kemampuan pemecahan masalah juga penting.

Prasyarat akademik

Gelar sarjana teknik, seperti teknik pertanian atau Biologi, diperlukan untuk menjadi insinyur pertanian. Sementara mahasiswa sering mengambil kursus kalkulus, fisika, biologi, dan kimia, siswa sekolah menengah yang tertarik dengan teknik pertanian harus mengambil program matematika dan ilmiah. Sebagai insinyur pertanian, lisensi tidak diperlukan untuk pekerjaan tingkat pemula; namun, lisensi teknik profesional (PE) dapat diperoleh di kemudian hari dalam karir seseorang.

Karir Insinyur Pertanian

Insinyur pertanian dapat mengejar berbagai pekerjaan, termasuk di bidang teknik peralatan pertanian, penelitian pertanian, teknik Biosistem, teknik konservasi, Teknik Produksi Pertanian, dan penelitian teknik pertanian. Insinyur Produksi Pertanian membantu dalam menciptakan bangunan untuk personel dan fasilitas pengujian, serta rute untuk panen, transportasi, dan kendaraan pengiriman. Teknologi dan prosedur baru untuk menanam tanaman dikembangkan oleh para insinyur penelitian pertanian. Insinyur Biosystems membuat dan merancang sistem yang meningkatkan produktivitas produksi, pemrosesan, dan pemasaran makanan. Dengan mencari tahu bagaimana mengurangi erosi dan polusi air, insinyur konservasi berkontribusi pada perlindungan sumber daya alam. Insinyur pertanian penelitian mencoba untuk meningkatkan kaliber hasil pertanian sedangkan insinyur peralatan pertanian membangun dan mengembangkan peralatan pertanian.

Insinyur pertanian bermanfaat bagi masyarakat dengan membantu meningkatkan hasil dan menjaga sumber daya alam. Bagi orang yang mencari pekerjaan di sektor pertanian, karir ini menawarkan peluang kerja yang menjanjikan dengan pelatihan dan pengalaman yang sesuai.

About Pher jaya

Check Also

Memulai Bisnis dengan Menikuti Tips Tips Berikut. Dijamin Sukses!

Dalam membuka sebuah bisnis, dibutuhkan langkah-langkah tertentu yang akan membantu mengembangkan bisnis tersebut. Membuka bisnis …