Home / Pendidikan / Peluang Industri Kreatif di Dunia Pendidikan Indonesia

Peluang Industri Kreatif di Dunia Pendidikan Indonesia

Kamu sedang bingung dalam memilih jurusan kuliah? Khususnya bagi kamu yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk menempuh pendidikan di jurusan yang berhubungan dengan kreatifitas. Mungkin banyak pertanyaan yang muncul dibenakmu, apakah jurusan yang berhubungan dengan kreatifitas akan menjanjikan masa depan yang cerah?.

Saat ini banyak sekali industri kreatif yang membutuhkan pelaku kreatif di bidangnya masing-masing, namun sayangnya hal ini tidak mampu terpenuhi oleh lulusan universitas di Indonesia dikarenakan kurangnya tenaga professional di bidang tersebut. Hal ini tentu menjadi peluang bagi dunia pendidikan untuk menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang siap menghadapi industry 4.0 yang syarat akan kreatifitas. Lantas jurusan apa saja sih yang akan banyak dicari untuk memenuhi permintaan industri kreatif di Indonesia?

Jurusan kuliah yang memiliki peluang sukses di era industri 4.0;

Desain Grafis

Sebagian orang mungkin sudah taka sing lagi dengan jurusan ini, hal ini dikarenakan sudah banyak sekali universitas di Indonesia yang membuka jurusan desain grafis. Bahkan sudah banyak sekali lulusan jurusan tersebut yang sudah berkiprah di industri kreatif Indonesia. Lantas, mengapa jurusan tersebut memiliki peluang sukses di era saat ini? Hal tersebut dikarenakan hampir semua pelaku industri membutuhkan branding yang kuat, salah satu cara perusahaan memperkenalkan diri mereka kepada konsumen adalah dengan gambar yang menarik, baik gambar logo, kemasan, flyer, maupun gambar iklan yang biasa kita lihat di jalan-jalan raya. Tak jarang lulusan desain grafis sangat mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah loh.

Videografer

Kamu mungkin sudah familiar dengan profesi videografer, di mana pelaku industri kreatif pasti akan mencari seseorang yang ahli di bidang tersebut. Pasalnya untuk mempermudah konsumen dalam memahami sebuah produk yang dipasarkan, perusahaan memerlukan kemasan iklan yang menarik. Salah satu cara untuk memasarkan produk yang mudah ialah dengan mengemas video tentang sebuah produk tersebut. Sehingga tak aneh jika seseorang yang mahir dan menguasai bidang videografer, akan banyak dilirik perusahaan yang menjalankan industry kreatif.

Koki

Hampir dari kita semua pasti tahu bahwa koki adalah pekerjaan yang menuntut kreatifitas tinggi. Pasalnya, untuk menciptakan satu menu baru, seorang koki harus memadu-madankan semua bahan yang menghasilkan cita rasa yang disukai oleh konsumennya. Saat ini banyak sekali hotel atau perusahaan yang berbasis jasa yang mencari seorang koki handal. Hal ini dikarenakan dunia jasa selalu menghadirkan sesuatu yang baru dengan ide yang brilian. Namun sayangnya hal tersebut tak sejalan dengan jumlah koki yang tersedia di Indonesia sehingga pelaku industri kreatif di bidang jasa kekurangan sumber daya manusia yang dapat memenuhi permintaan pasat. Hal ini tentu menjadi peluang bagi kamu yang ingin menjadi seorang koki handal di masa depan.

Dari ketiga jurusan tersebut, tentu masih ada banyak jurusan lainnya yang dibutuhkan di industri kreatif Indonesia. Sehingga kamu harus pandai-pandai mencari peluang dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Jangan lupa untuk mempertimbangkan akreditasi jurusan, akreditasi kampus, dan reputasi kampus yang akan kamu pilih ya, karena hal ini akan berpengaruh kepada kualitas pendidikan yang akan kamu terima selama proses perkuliahan. Selamat memilih jurusan yang tepat sesuai dengan industri kreatif tanah air yang dapat menghasilkan karya-karya besar bagi republik tercinta ini.

About Pher jaya