Home / Uncategorized / Cara Memantau Program Kerja

Cara Memantau Program Kerja

Semua program yang telah dibuat oleh organisasi / perusahaan tersebut tentunya harus dipantau sehingga akan memudahkan proses evaluasi nantinya. Pemantauan ini dapat kita lakukan dengan mengumpulkan data secara rutin dan kontinyu. Hal ini bertujuan untuk memastikan setiap program yang disusun apakah sudah berjalan baik dan apakah program masih berada di jalur yang benar.

Dengan pemantauan juga akan memudahkan kita untuk mengetahui adakah anggota yang mengalami masalah dalam menjalankan program jasa pendirian pt. Maka kita dapat segera membantu anggota dalam mengatasinya sehingga program tetap berjalan dengan efektif dan efisien.

Kemudian pada proses evaluasi kita dapat menentukan apakah program yang dibuat sudah mencapai keberhasilan atau belum. Untuk melakukan proses pemantauan, berikut langkah-langkah yang perlu kita lakukan :

Langkah pertama memantau program kerja adalah adalah menentukan apa saja komponen yang akan dinilai. Komponen ini ditentukan oleh jenis proyek, contohnya bila proyek adalah produk baru maka angka penjualan dan indikator penjualan lainnya bisa kita gunakan dalam pengukurannya.

Memantau program kerja adalah dengan mendesain instrumen dalam pengumpulan data, hal ini meliputi dokumen apa saja yang diperlukan dan cara memperoleh data dimana semua hal ini harus direncanakan dengan baik.
Dalam memantau program kerja adalah Anda harus mengumpulkan data seakurat mungkin dan kontinyu untuk kemudahan dalam menganalisis.

Terakhir, dalam Menindaklanjuti hasil dari program kerja adalah apabila apa yang menjadi tujuan dapat dicapai maka program bisa dikatakan berhasil. Apabila tujuan tidak tercapai maka kita harus menindaklanjuti faktor apa yang menyebabkan kegagalan pada program yang telah dibuat. Untuk selanjutnya akan dirumuskan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut sehingga program selanjutnya tidak akan mengalami hal yang sama.

Namun Anda tidak perlu berkecil hati terlebih dahulu dengan sebuah kegagalan dalam berbisnis, ini merupakan hal wajar yang sering terjadi pada bisnis. Hal terpenting disini adalah bagaimana cara kita menemukan solusi atas penyebab kegagalan tersebut agar tidak terjadi kesalahan serupa di masa mendatang.

About Pher jaya

Check Also

Aneka Ide Olahan Singkong yang Lezat dan Kreatif

Olahan singkong, tanaman umbi-umbian yang melimpah di berbagai daerah tropis, telah lama menjadi bagian penting …