Home / Techno / Jangan Coba Install Aplikasi Edit Foto ini Jika Tidak Ingin Data Kamu Dicuri

Jangan Coba Install Aplikasi Edit Foto ini Jika Tidak Ingin Data Kamu Dicuri

Tindak kejatan di dunia maya semakin meningkat. Begitu pula dengan cara-cara yang digunakan oleh para pelaku juga semakin beragam dan bisa dikatakan kreatif. Mereka tidak lagi menargetkan kejahatan tersebut dengan berkomunikasi secara langsung dengan korban. Melainkan dengan memanfaatkan aplikasi yang dapat diinstall di smartphone.

Belum lama ini, Google melakukan pengecekan terhadap aplikasi yang diunggah pada platform Google Play miliknya. Dari banyaknya aplikasi, terdeteksi setidaknya ada sekitar dua puluh lima aplikasi mencurigakan yang dapat melakukan pencurian data pengguna. Sayangnya ketika mengetahui ini, dari puluhan aplikasi tersebut sudah ada yang diunduh bahkan hingga jutaan pengguna.

Ada beberapa kategori aplikasi yang berpotensi dalam melakukan pencurian data, salah satunya adalah kategori aplikasi yang termasuk paling banyak pengguna, yaitu kategori foto dan video. Ada beberapa aplikasi yang dapat melakukan tindak kejahatan pada saat aplikasi terpasang. Oleh karena itu, ada baiknya daripada mencoba hal-hal yang beresiko, lebih baik menggunakan beragam aplikasi edit foto pc atau mobile yang sudah terpercaya layaknya Photoshop.

Kebanyakan dari pengguna yang memasang aplikasi tersebut tidak menyadari bahwa mereka sedang dalam ancaman pencurian data. Hal ini dikarenakan bahwa para pelaku telah membuat aplikasi tersebut dapat bekerja sebagaimana mestinya ia dapat digunakan. Sehingga tidak membuat kecurigaan dari pengguna.

Umumnya para pelaku akan menyisipkan beragam kode yang akan digunakan sebagai jebakan. Contoh umumnya adalah dengan meminta pengguna untuk masuk ke akun sosial media mereka. Jika pengguna sudah memasukkan username dan password milik mereka, maka data rahasia tersebut dapat diketahui oleh para pelaku. Modus ini dikenal juga dengan istilah Phising.

Setelah mengetahui fakta dari beberapa aplikasi tersebut, Google langsung mengambil tindakan dengan menghapus seluruh aplikasi tersebut agar tidak ada pengguna lainnya yang terjebak dan menggunakan aplikasi berbahaya itu. Yah, lagi-lagi sayangnya data yang sudah terlanjur tercuri tidak dapat dihapus, karena tersimpan pada website yang berbeda.

Jika akhir-akhir ini kamu memasang aplikasi mencurigakan pada hp milik kamu, ada baiknya untuk melihat beberapa daftar aplikasi di bawah ini yang masuk dalam daftar aplikasi berbahaya pada smartphone.

Lalu bagaimana jika ternyata kamu juga termasuk dari salah satu pengguna aplikasi di atas? Jangan panik. Kamu cukup menghapus seluruh aplikasi yang berkaitan. Apakah sudah cukup? Belum. Kamu masih perlu mengganti seluruh password yang berkaitan dengan akun kamu, termasuk hingga password email jika menggunakan password yang sama.

Oleh karena itu, kembali lagi agar lebih teliti dalam memasang aplikasi ke dalam smartphone kamu. Jika kita tidak hati-hati, maka bukan tidak mungkin data pribadi kita dapat tersebar dan dapat disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

About Pher jaya

Check Also

Ini Dia Games Resident Evil Biohazard 4 Yang Gokil Abis

Resident Evil  Biohazard 4 ialah sebuah permainan video horor sintasan penembak orang ketiga yang dikembangkan …