Home / Cleaning Service / Tips Mengatasi Noda Tinta Pada Sofa Kesayangan Anda !

Tips Mengatasi Noda Tinta Pada Sofa Kesayangan Anda !

Ada banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan di atas sofa, salah satunya adalah menulis. Lalu bagaimana jadinya, ketika pulpen tinta yang tengah digunakan, terlepas dari tangan, dan mendarat manis di atas sofa, bahkan meninggalkan jejak noda di atas sofa tersebut. Walaupun terkesan sulit, namun tetap ada cara mengatasi noda tinta pada sofa tersebut.

baca juga cuci sofa tangerang

Membersihkan noda tinta pada sofa kain

Apabila sofa kain kesayangan Anda terkena noda tinta, maka yang sebaiknya dilakukan adalah :

  • Mengoleskan detergen cair pada bagian yang terkena noda, tidak perlu banyak, namun secukupnya. Mengingat sofa yang digunakan berbahan kain, maka gunakan deterjen cair ini, pastinya efektif.
  • Setelah dioleskan, berikutnya diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Hal ini dilakukan agar formula deterjen mampu mengangkat noda tinta pada sofa secara maksimal. penggunaan detergen cair ini dinilai lebih efektif, karena mampu masuk ke dalam serat kain secara cepat dibandingkan deterjen bubuk, yang justru beresiko meninggalkan sisa jejak detergen pada sofa kain.   
  • Berikutnya sikat menggunakan sikat lembut, pada bagian yang terkena noda. Basahi menggunakan sedikit air, dan sikat pada noda tinta tersebut. Lakukan secara perlahan, agar tidak merusak atau merobek bahan kain.
  • Terakhir bersihkan sofa yang mulai kembali bersih dari tinta, dari sisa detergen. Kali ini Anda dapat menggunakan lap basah dan mengusapkannya pada busa deterjen yang masih tersisa. Percikkan menggunakan sedikit air, kemudian lap kembali menggunakan lap kering dan bersih. Jangan lupa angin-anginkan, menggunakan kipas angin atau bahkan hair dryer, agar sofa tidak mudah berjamur dan meninggalkan bau apek.

kunjungi juga: cuci sofa terbaik tangerang

Membersihkan noda tinta pada sofa kulit / sintetis   

Jika Anda mempunyai sofa dengan bahan pelapis kulit atau sintetis, cara membersihkan noda tinta adalah :

  • Baru atau lama noda tinta pada sofa, jangan khawatir, Anda dapat menggunakan cuka dan sabun cuci piring. Kali ini campurkan 2 sdt cuka putih dan 1 sdm sabun cuci piring, campur menggunakan air bersih secukupnya. Kemudian oleskan pada permukaan sofa yang terkena tinta. Kemudian diamkan selama beberapa saat, lalu lap permukaan sofa, secara perlahan, menggunakan lap microfiber dan keringkan menggunakan hair dryer. Kali ini pastikan sofa benar-benar kering agar tidak muncul jamur.
  • Bisa juga menggunakan alkohol. Sebaiknya gunakan alkohol berkadar rendah, seperti cairan pembersih luka. Tuangkan pada kapas secukupnya, kemudian gosokkan pada bagian sofa yang terkena noda. Gosok secara perlahan, hingga noda memudar. Berikutnya keringkan sisa alkohol, menggunakan lap kering.  
  • Menggunakan hairspray, caranya cukup semprotkan hairspray pada noda tinta, kemudian gosok perlahan menggunakan lap microfiber, hingga noda menghilang. Setelah noda bersih lap kembali sisa hairspray, menggunakan lap kering, agar bahan kulit tidak berubah jadi kaku.

Tentunya tidak sulit bukan mengatasi noda tinta pada sofa ! Tidak perlu panik, cukup lakukan tips di atas, ketika sofa Anda terkena noda tinta !

About Pher jaya

Check Also

Cara Membersihkan Noda Karpet

Cara Membersihkan Noda Karpet yang Simple Menggunakan Sabun Cuci Piring

Noda sepatu atau tumpahan kopi rentan mengotori karpet. Lalu, bagaimana cara membersihkan noda karpet agar …