Home / Uncategorized / Cara Ternak Entok Yang Baik Dan Cepat Besar

Cara Ternak Entok Yang Baik Dan Cepat Besar

Cara ternak entok yang baik memang tidak sepopuler cara ternak ayam dan bebek. Karena pasar entok memang tidak seluas dan semudah ternak lainnya. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan usaha ternak entok yang kita jalankan akan berkembang sangat pesat setelah kita menemukan pangsa pasar yang potensial.

Sebenarnya beternak entok itu merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan jika di bandingkan dengan ternak ayam maupun bebek. Karena cara beternaknya lebih efisien daripada cara beternak ayam petelur bagi pemula.

Dengan itu perlu kita mempelajari cara ternak entok yang baik secara intensif dan benar untuk meraih keberhasilan sehingga menguntungkan. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan beternak entok dibandingkan dengan unggas lainnya, diantaranya :

Beberapa Keuntungan Dalam Ternak Entok

1. Entok Unggas Memiliki Kekebalan Tubuh Tinggi

Berbeda dengan unggas lainnya seperti ayam atau bebek. Entok memang lebih tahan dan kebal terhadap serangan penyakit dan bahkan pada saat perubahan suhu. Bahkan pada saat perubahan cuaca ekstrim sekalipun.

Harga Jual Entok Yang Tinggi

Di karenakan peternak entok tidak sebanyak peternak unggas lainnya dan bahkan bisa dibilang masih sangat jarang, maka ketersediaan pasokan mentok masih sangat sedikit dan jauh dari kata cukup.

Hal inilah yang menjadikan harga entok sangat mahal ketimbang harga ayam dan bebek. Harga entok pejantan di daerah Jawa harganya bisa mencapai 120 ribu sampai 150 ribuan per ekornya.

Nafsu Makan Entok Yang Tinggi

Nah inilah salah satu kelebihan paling mencolok dari entok, entok memiliki nafsu makan yang sangat tinggi alias rakus. Maka tak heran jika pertumbuhan mentok sangat cepat, namun konsekuensinya yaitu kita harus selalu memiliki stok pakan yang lebih banyak.

Meskipun entok termasuk unggas yang rakus, namun entok tidak suka memilah milih makanan dan bahkan entok suka makan apa saja yang ia temui mulai dari dedaunan, limbah pertanian, keong, eceng gondok dan jenis pakan lain yang bisa di makan entok anakan maupun indukan.

Entok memang memilii nafsu makan yang tinggi sehingga bobot yang dihasilkan juga cukup tinggi.

Sebelum anda memulai beternak entok, maka sebaiknya pahami langkah-langkahnya dengan baik dan jalankan dengan tekun serta konsisten. Sehingga cara ternak entok sukses bisa Anda praktekan.

Persiapan Dalam Ternak Entok

Persiapan Kandang Entok

Dalam hal cara ternak entok penting kita memperhatikan cara membuat kandang untuk entok. Seperti yang telah kita semua ketahui jika entok merupakan jenis unggas yang sangat senang berenang dan bermain air, untuk itu kita harus menyediakan sarana untuk bermain entok di sekitar kandang.

Buatlah kandang dengan ketinggian yang cukup tinggi dan buatkan jaring untuk menutupi atap kandang agar entok tidak bisa kabur atau terbang keluar kandang. Selain tersedia tempat pakan dan minum, sediakan juga tempat untuk mengeram di dalam kandang.

Pemilihan Indukan Entok Unggulan

Setelah kandang sudah selesai dibuat dan sudah siap untuk diisi bibit entok. Maka sebelum membeli atau memasukan bibit entok, lakukan pemilihan bibit entok terlebih dahulu untuk memastikan bibit yang dipilih berkualitas bagus agar pertumbuhannya lebih cepat dan maksimal.

Langkah dalam pembibitan terdiri dari dua pilihan, yaitu bibit indukan dan bibit anakan. Sebelum beternak sebaiknya peternak memilih DOE Entok yang sehat dan berkualitas. Jika anda ingin menjalankan usaha ternak entok modern, maka sebaiknya pilih bibit indukan dewasa yang sudah siap bertelur.

Jika anda memiliki bibit indukan 10 ekor dan setiap ekornya menghasilkan telur sebanyak 10 butir, maka dalam waktu 40 hari anda akan memiliki 100 anakan entok. Lebih simpel dan menguntungkan, bukan?

Persiapan Pakan Untuk Entok

Siapkan juga tempat pakan dan minum di dalam kandang, karena entok suka sekali makan dan minum air. Jenis pakan yang diberikan untuk indukan entok pun tidak terlalu sulit dan tidak harus terpaku pada satu jenis pakan.

Jenis pakan utama entok bisa diberikan dedak yang dicampur dengan nasi bekas yang telah dikeringkan dan dicampur dengan eceng atau jenis dedaunan lainnya. Dalam sehari entok dapat diberikan pakan sebanyak 2 kali, yakni dilakukan dalam waktu pagi dan sore hari.

Pakan untuk entok sebaiknya tidak terlalu kental ataupun terlalu encer dalam pembuatannya. Di dalam membuat atau meraciknya pun jangan menggunakan air dingin tetapi gunakan air hangat dan pemberian pakan pun dapat dilakukan 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan sore hari.

Anda bisa mencapur pakan tersebut menggunkan mesin pembuat pakan ayam. Selain itu, pastikan setiap akan memberi makan, bersihkan terlebih dahulu wadah pakan yang bekas digunakan agar lebih bersih dan sehat.

Perawatan Entok Agar Cepat Besar

Untuk anakan entok usia 1–2 minggu, anakan sebaiknya diberikan jenis pakan konsentrat starter dan juga minum berupa air bersih yang telah dicampur dengan multivitamin yang banyak dijual di toko peternakan.

Pada minggu selanjutnya, berikan pakan konsentrat dengan dicampur pakan indukan. Setelah umur anakan 1 bulan, anakan sudah dapat dilepas dan dibiarkan bermain di pekarangan kandang yang tersedia kolam untuk bermain entok.

Meskipun anakan entok diusia 1 bulan sudah cukup kuat, namun tetap jangan dibiarkan berkeliaran diluar kandang jika cuaca sedang tidak bersahabat. Karena angin dapat membuat perut mereke kembung yang akhirnya dapat mengganggu sistem pencernaannya.

Pemeliharaan entok yang baik akan memberikan bobot yang maksimal sesuai dengan target peternak. Indukan mentok sudah siap untuk kembali bertelur setelah anakan berumur 1 bulan, anakan entok pun sudah mulai disapih oleh indukan.

Setelah anakan berumur 2,5 bulan atau setelah bobot entok sudah mencapai 2,5 kilogram, saat itulah tubuh entok sudah dipenuhi dengan bulu berwarna putih dan bulu ekor mulai panjang serta bulau sayapnya pun sudah cukup lengkap.

Pada umur tersebut entok semakin rakus dan membutuhkan jumlah pakan lebih banyak dari biasanya. Usia panen entok bisa dilakukan setelah entok berumur minimal 3-4 bulan atau dengan berat tubuh minimal 3 kg.

Namun jika berniat untuk dijadikan sebagai indukan baru, maka pemeliharaan masih berlangsung hingga entok berumur minimal 6 bulan. Bagi para peternak entok, sebaiknya sudah memiliki tujuan pemeliharaannya agar cepat besar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Vaksinasi

Meskipun entok merupakan jenis unggas yang kebal terhadap serangan penyakit, namun untuk melakukan pencegahan tetap saja harus dilakukan tahap vaksinasi untuk mencegah entok yang dibudidayakan dari serangan virus penyebab penyakit.

Karena jika salah satu dari entok yang kita ternakan terjangkit virus atau penyakit, maka biasanya sering menuluar kepada entok-entok lainnya. Maka dari itu, segera lakukan penanganan dan pisahkan jika ada entok yang terlihat sedang sakit atau murung.

Sekian dulu pembahasan tentang cara ternak entok yang baik, semoga bermanfaat bagi anda yang mau beternak entok. Terima kasih

About Pher jaya

Check Also

Info Terbaru Water Meter PDAM

Bicara berkenaan water meter pdam kemungkinan sebagian dari kalian tetap sedikit asing, tapi pasti biasanya …