Home / Uncategorized / Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara membasmi rumput liar – Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membunuh gulma secara efektif dan alami. Bahan ini lebih disukai oleh banyak tukang kebun karena lebih ramah lingkungan daripada herbisida. Anda bisa memasukkan cuka ke dalam botol semprot dan menyemprotkannya ke rumput sambil menghindari tanaman yang ingin Anda pelihara. Untuk gulma yang lebih kuat, Anda mungkin perlu membeli cuka hortikultura, menambahkan sabun cuci piring, atau menambahkan garam ke dalam cuka sebelum menyemprotkannya ke gulma.

Menggunakan Cuka Sebagai Penolak Rumput Belilah cuka putih. Kunjungi toko bahan makanan lokal dan belilah sebotol cuka dasar, biasanya dengan konsentrasi asam asetat 5%. Mungkin lebih baik jika Anda hanya membeli galon saat rumput rendah. Anda dapat membeli lebih banyak karena lebih banyak rumput yang dibuang, tetapi satu galon seharusnya cukup untuk menutupi area yang luas.

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cuka adalah zat yang membunuh gulma. Idealnya, gunakan cuka putih karena paling direkomendasikan dan terjangkau. Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel. Campur cuka dengan 2 sendok teh deterjen cucian. Sabun cuci akan membantu cuka bertahan lebih lama di rumput liar. Sebaiknya tambahkan 2 sendok teh deterjen untuk setiap galon cuka. Aduk keduanya bersama-sama dalam mangkuk atau ember

Tuang campuran ke dalam penyemprot taman. Pilih pompa semprot dengan selang dan nozzle yang panjang agar lebih mudah menyemprot area yang luas. Isi penyemprot dengan campuran cuka dan sabun cuci piring, atau tambahkan sebanyak yang diperlukan ke dalam penyemprot.

Pilihan lain adalah menuangkan campuran ke dalam botol semprot kosong. Anda dapat membeli botol semprot kosong atau menggunakan botol bekas pembersih kaca atau pembersih ringan lainnya. Pastikan Anda membilas botol bekas jika sebelumnya diisi dengan cairan.
Jika Anda hanya memotong sedikit rumput atau bekerja di area kecil, buat 4-5 lubang kecil di tutup botol cuka dan gunakan untuk menyemprotkan cuka ke rumput.

Jika Anda menggunakan cuka hortikultura, yang biasanya 30% asam, encerkan dengan air. Jika Anda menggunakan cuka putih biasa, Anda tidak perlu mengencerkannya
Semprotkan larutan cuka pada hari yang cerah. Asam asetat dalam cuka mengeringkan rumput liar, jadi semprotkan cuka saat rumput liar berada di bawah sinar matahari setidaknya selama beberapa jam untuk meningkatkan kekeringan cuka. Semprotkan di pagi hari agar rumput mendapat banyak sinar matahari.

Jika hujan tiba-tiba turun tak lama setelah menyemprotkan cuka, Anda mungkin harus mengulanginya.
Suhu cuaca cerah yang ideal dalam hal ini adalah sekitar 21 derajat Celcius. Semprotkan cuka langsung ke rumput liar.

Termudah

Menggunakan pompa semprot, botol semprot, atau botol berlubang, semprotkan cuka pada gulma yang ingin Anda bunuh. Basahi daun gulma sepenuhnya dengan cuka, jangan lupakan akarnya.
Anda tidak perlu merendam daun gulma, tetapi pastikan cuka menutupinya secara merata.

Tunggu sekitar 24 jam dan periksa rumputnya. Kalau masih kurang puas bisa semprot cuka lagi
Usahakan agar cuka tidak mengenai tanaman yang Anda pelihara. Cuka juga dapat membunuh tanaman dan bunga, jadi berhati-hatilah saat menyemprotkan cuka pada gulma. Cuka belum tentu merupakan pilihan terbaik untuk menyingkirkan gulma di taman, petak bunga, atau halaman Anda.

Cuka tidak akan meresap ke dalam tanah dan membunuh tanaman lain kecuali terkena langsung.Bersihkan penyemprot setelah selesai. Cuka dapat menimbulkan korosi pada penyemprot jika dibiarkan terlalu lama. Bilas semprotan dengan baik setelah digunakan. Buang sisa cuka dan isi botol dengan air. Pastikan untuk memompa dan menyemprotkan air untuk membersihkan selang dan nozel.

Sekian ulasan pembahasan kali ini, semoga bisa menambah wawasan Anda. Terimkasih!

BACA JUGA: peluang usaha santan kelapa

About Pher jaya

Check Also

4 Kalimat Untuk Menanyakan Paham dalam Bahasa Inggris

Salah satu hal yang sering kali dilaksanakan didalam pembicaraan adalah menanyakan apakah lawan bicara mengerti …