Home / Uncategorized / Cara Buat Minyak Kelapa Murni

Cara Buat Minyak Kelapa Murni

Kelapa adalah jenis buah yang sangat mudah untuk kita temukan di negara tropis seperti negara kita tercinta ini, Indonesia. Buah ini dapat digunakan selain air tawar dan menjadi terkenal untuk menghilangkan dahaga. Namun selain airnya, ternyata daging kelapa juga bisa dijadikan minyak. Cara buat minyak kelapa murni sudah dikenal nenek moyang Indonesia secara sederhana.

Minyak kelapa sejak dulu sudah digunakan oleh nenek moyang kita, tidak hanya bisa digunakan untuk bidang kuliner, minyak kelapa juga bisa populer di dunia kecantikan dan obat-obatan. Tradisi minyak kelapa atau coconut oil sendiri masih ada dan juga dipertahankan hingga saat ini.

cara buat minyak kelapa murni

Bahkan cara membuat minyak kelapa sendiri kini sudah bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun dalam dunia kuliner, minyak kelapa mulai ditinggalkan. Padahal cara membuat minyak kelapa sebenarnya begitu mudah diolah, lebih praktis serta juga ekonomis. Minyak kelapa terbuat dari bahan bahan yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang tinggi. Namun, jenis lemak jenuh yang terdapat pada minyak kelapa adalah medium chain triglycerides (MCT). Jenis lemak ini akan langsung dipakai oleh hati untuk menghasilkan energi. Kandungan dalam minyak kelapa juga mengandung asam laurat.

Manfaat Minyak Kelapa yang Jarang Diketahui

Berikut beberapa manfaat dari minyak kelapa yang jarang diketahui banyak orang.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain mencegah infeksi, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus untuk mengobati luka, manfaat VCO atau minyak kelapa murni ternyata berdampak pada proses penyembuhan luka yang lebih cepat. Jadi jika ingin luka cepat sembuh, lebih baik menggunakan VCO.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi minyak kelapa dalam jumlah yang tidak berlebihan juga memiliki manfaat dalam membantu melawan penyakit. Pasalnya, manfaat VCO berasal dari kandungan anti virus, anti jamur, dan anti bakterinya. Jika Anda sedang berusaha melawan virus atau ingin menghindari berbagai jenis infeksi, ada baiknya Anda mengonsumsi minyaknya.

  • Membantu Menyamarkan Stretch Mark

Selanjutnya, manfaat VCO yang terakhir, sangat berguna untuk membantu mencegah dan menyamarkan stretch mark saat hamil. Jika Anda sudah memiliki stretch mark di beberapa bagian tubuh Anda, cobalah mengoleskan minyak kelapa murni ke area tersebut. Penggunaan minyak kelapa murni akan sangat membantu dalam menyamarkan bekas luka yang tidak sedap dipandang ini.

Cara Buat Minyak Kelapa Murni

Beberapa metode alami akan menghasilkan lebih banyak minyak daripada memakai metode yang lain. Anda bahkan dapat menggunakan hanya tiga buah kelapa untuk membuat kira kira secangkir minyak kelapa. Untuk produksi k=skala yang lebih lanjut bisa menggunakan mesin vco. Mesin ini bisa diorder secara langsung di rumahmesin. Yuk simak cara buat minyak kelapa murni di bawah ini!

Cara Buat Minyak Kelapa Murni, Lepaskan Kulitnya

Pegang kelapa dengan kuat (telapak menghadap ke atas) dan tekan tulang belakang pisau ke dalamnya sampai retak. Agar lebih mudah, Anda bisa membungkus kelapa dengan handuk dapur. Dengan menggunakan palu atau palu, ketuk beberapa bagian kelapa dengan lembut sampai kulitnya yang cokelat pecah. Ambil cangkang yang tersisa dengan hati-hati.

Cara Buat Minyak Kelapa Murni, Kelapa parut

Langkah selanjutnya cara membuat minyak kelapa, parut kelapa dengan tangan menggunakan sisi halus parutan. Anda juga bisa menggunakan food processor atau blender untuk memarut kelapa.

Cara Buat Minyak Kelapa Murni, Rendam dan Saring

Tambahkan sekitar 1 hingga 3 gelas air ke kelapa parut (cairan ekstra akan membantu saat memeras santan). Peras santan dari kelapa parut dengan tangan. Anda juga bisa menggunakan kain tipis untuk memerasnya. Kemudian saring santan melalui saringan untuk menghilangkan serpihan yang tersisa sebanyak mungkin.

Panaskan

selanjutnya, masukkan santan ke dalam panci besar kemudian biarkan menjadi hangat. Tapi jangan sampai santannya mendidih ya, Moms. Cukup hangatkan dan matikan api. Dan jangan mengaduk campuran. Biarkan santan dingin. Tapi Anda bisa membiarkannya sedikit hangat, sekitar suhu kamar. Anda juga bisa meninggalkannya di lemari es untuk sementara waktu.

Skim

Setelah didinginkan, Anda akan melihat bahwa lemak kelapa berlapis di atas air kelapa. Anda bisa menggunakan sendok untuk menghilangkan lemak di atasnya dan memasukkannya ke dalam wajan. Anda bisa menggunakan panci stainless steel untuk menaruh lemak ini.

Rebus, Saring, dan Dinginkan

Aduk perlahan selama proses ini. Biarkan “puding” kelapa mendidih, lalu kecilkan api menjadi sedang dan didihkan selama sekitar 45 menit (tergantung pada seberapa banyak puding yang tersisa). Dalam proses ini, penampilan akan berubah. Anda akan melihat bintik-bintik bening (minyak) dan limbah abu-abu/coklat kental.

Minyak akan terus terpisah dari limbah yang dimasak. Terakhir, Anda bisa menggunakan sendok dan memisahkan keduanya. Saring minyak melalui saringan atau dengan kain tipis. Biarkan hingga benar-benar dingin dan gunakan untuk melembapkan kulit, rambut, atau scrub Anda.

About Pher jaya

Check Also

Kemenparekraf Mendukung Tur Wisata Virtual

Pandemi virus corona atau Covid-19 menutut pelaku pariwisata dan industri kreatif mencari cara untuk tetap …