Home / tanaman / Cara Memnanam Rumput Gajah Mini DI Halaman Rumah

Cara Memnanam Rumput Gajah Mini DI Halaman Rumah

Cara menanam rumput gajah mini di rumah sebenarnya tidak terlalu sulit. Pada prakteknya sama dengan menanam rumput jenis lain. Hanya saja butuh berbicara dengan ahlinya atau tukang kebun sebelum melakukan penanaman rumput secara mandiri. Simak langkah-langkah menanam rumput gajah mini di rumah.

Kehadiran rumput sebagai elemen penting di taman rumah tak luput dari fungsinya. Melansir laman Britannica, rumput memiliki sejumlah fungsi diantaranya rumput dapat menunjang kesehatan manusia karena menghasilkan antibiotik yang dibutuhkan tubuh. Rumput juga memberikan lebih banyak oksigen di area rumah. Hal ini disebabkan rumput juga memproduksi oksigen dalam proses fotosintesis.

Di samping itu, rumput juga dapat menutupi tanah dan mencegah pengikisan tanah oleh erosi. Misalnya pada waktu musim hujan, rumput berfungsi menyerap air ke tanah. Apabila semua rumah memiliki rumput di halamannya, maka kemungkinan banjir di sekitar dapat berkurang. Jadi, semakin tertarik untuk menanam rumput di rumah?

 

Cara Menanam Rumput Gajah Mini di Rumah

Cara Memnanam Rumput Gajah Mini

1. Mempersiapkan Lahan

Langkah pertama cara menanam rumput gajah mini yaitu siapkan lahan yang akan ditanami rumput. Jika ada tanah yang keras dan berumput liar, sebaiknya dibersihkan secara tuntas dengan pacul. Begitu puka jika masih ada batu-batu yang tertanam di tanah. Keluarkan batu tersebut agar tak mengganggu proses pertumbuhan rumput gajah mini.

Setelah tanah bersih dari segala ‘gangguan’, selanjutnya ratakan tanah dan posisikan dasar tanah semakin rendah ke arah lubang air. Hal ini agar air tidak menggenang di atas rumput yang bisa menyebabkan rumput membusuk.  Jika sudah siap, barulah timbun lahan dengan tanam merah yang menjadi media tanam rumput gajah mini.

Jika ditanam di tanah kosong, benih rumput akan tumbuh lebih lambat. Jadi lahan perlu dipersiapkan dahulu melalui proses penggemburan, yang akan membuat tanah menjadi lembap dan mengandung unsur hara yang diperlukan oleh tanaman dan rumput.

Cara mudah untuk menggemburkan tanah adalah dengan mencangkul tanah sedalam 5–10 cm. Basahi sedikit dengan air, lalu campurkan tanah dengan pupuk.

2. Mencari Bibit yang Bagus

Bibit rumput gajah mini adalah rumput itu sendiri. Di toko rumput, harga rumput gajah mini berkisar antara Rp15.000 sampai Rp20.000 per meter persegi. Beli bibit rumput yang unggul, lalu sobek atau gunting rumput menjadi ukuran yang lebih kecil lagi.

Baca Juga : Model Dan Spesifikasi Mesin Pencacah rumput

3. Proses Tanam

Selanjutnya adalah proses tanam rumput gajah mini. Ada baiknya lakukan penanaman saat musim penghujan, agar rumput yang baru mendapat debit air dengan jumlah cukup banyak. Kendati demikian, mendapat pasokan cahaya matahari yang cukup adalah salah satu faktor penting agar rumput gajah mini dapat tumbuh sesuai harapan.

Untuk menanam rumput gajah mini, petakan tanah yang ingin ditanami rumput. Kemudian semaikan bibit rumput tersebut di setiap petak sesuai pola yang diinginkan.

Setelahnya pukul-pukul rumput mini dengan papan kayu sampai rata, dan beri taburan pasir yang sudah diayak ke atas permukaan rumput dan tanah hingga seluruh permukaannya tertutup pasir.

Fungsi dari pasir adalah untuk menahan tanah merah supaya tidak naik ke permukaan saat hujan atau disiram, sehingga tanah akan terjaga kesuburannya.  Setelahnya lakukan penyiraman secara rutin sebanyak dua kali sehari di pagi dan sore hari. Pastikan kondisi tanah tetap lembap sampai semua benih mulai tumbuh.

 

Cara merawat rumput pada halaman

Cara Memnanam Rumput Gajah Mini

Agar rumput yang ada pada halaman kamu senantiasa indah dan asri dibutuhkan perawatan yang cukup rutin. Berikut ini beberapa cara merawat rumput pada halaman yang bisa kamu lakukan dirumah.

1. Memastikan kebutuhan air rumput
Indonesia termasuk ke dalam negara tropis yang mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Kamu pastinya tidak perlu khawatir pada saat masa hujan melanda sebab rumput akan dibanjiri oleh air yang melimpah.

Tapi pada saat musim kemarau, kamu perlu memastikan rumput mendapatkan air yang cukup supaya tidak kekeringan dan akhirnya mati.

2. Melakukan pemupukan dengan menambahkan zat organik
Jika pada manusia membutuhkan asupan makanan untuk bertahan hidup, rumput juga memerlukannya meskipun tidak dalam bentuk makanan. Rumput membutuhkan pupuk organik supaya terus bertahan hidup.

3. Memangkas rumput dan menyamakan ketinggiannya
Tingkat pertumbuhan rumput sebenarnya dipengaruhi oleh beragam faktor. Beberapa diantaranya yaitu air, unsur hara, sinar matahari dan lain sebagainya. Proses penyerapan rumput pun tidak seragam, maka dari itu pertumbuhannya tidak akan selalu sama.

Kamu bisa merapikan ketinggian rumput kembali dengan menyesuaikannya pada tinggi rumput paling rendah. Maka dari itu halaman rumah minimalis sederhana kamu akan semakin indah.

4. Membersihkan rumput dari pengganggu
Apabila kamu melihat gulma menyerang taman kamu serta berbagai jenis bunga di taman, maka gulma itu mesti segera di basmi. Apabila kehadiran tanaman ini didiamkan begitu saja, makan kinerja penyerapan nutrisi tanaman kamu akan terganggu.

Cara paling gampang yaitu dengan mencabut semua gulma yang ada, kemudian kumpulkan pada satu tempat dan bakar. Perihal ini dilakukan supaya gulma tidak menabur ke tempat-tempat lainnya.

 

Kekuragan Dan Kelebihan Rumput Gajah Mini

Kelebihan Rumput Gajah Mini

  • Lebih hemat
    Rumput gajah mini membutuhkan asupan yang jauh lebih sedikit dibanding dengan rumput jepang. Maka dari itu, dengan memakai rumput gajah mini kamu bisa menekan pengeluaran biaya pemupukan karena tidak mesti melakukannya setiap bulan.
  • Tidak membutuhkan perawatan ekstra
    Berbeda dengan Rumput Jepang yang membutuhkan perawatan ekstra seperti unsur hara dan harus sering disiram, Gajah Mini cenderung lebih mudah dalam perawatan nya. Kamu cukup menyirami Gajah Mini dengan air selama 2 hari sekali agar senantiasa tumbuh dengan baik.
  • Tidak terlalu sering melakukan pemangkasan
    Gajah Mini dikenal dengan pertumbuhan nya yang cukup lama. Hal ini menjadikan pemiliknya tidak terlalu sering melakukan pemangkasan seperti Rumput Jepang.

Baca Juga : Mesin Pencacah rumput

Kekurangan Rumput Gajah Mini

  • Pertumbuhan cukup lama
    Selain kelebihan diatas tadi tentu saja pertumbuhan yang cukup lama memiliki kekurangan juga disampingnya. Yaitu tentu tidak sesuai untuk kamu yang ingin segera melihat hasil akhir dari pertumbuhan Gajah Mini karena pertumbuhan nya lama.
  • Resiko tumbuh nya tumbuhan lain
    Berbeda dengan Rumput Jepang yang rapat dan tidak ada peluang untuk ditumbuhi tumbuhan lain, Gajah Mini cenderung ditumbuhi beberapa tumbuhan lainnya seperti Gulma.
  • Permukaan yang tidak rata
    Gajah Mini memiliki permukaan yang tidak rata, hal ini tentu menjadikan taman menjadi kurang enak dilihat dan harus memangkas nya se-rapi mungkin.

 

Tips Agar Rumput Gajah Mini Indah di Rumah

Rumput gajah mini akan terlihat cantik dan indah bila dirawat dengan benar. Warna hijaunya akan membuat pemandangan lebih segar dan menyejukkan.

Agar semakin sempurna, padukan rumput gajah mini dengan elemen lain pada taman dengan beberapa pot tanaman bunga hias, seperti bunga tapak dara, kembang sepatu, euphorbia, maupun bunga kamboja.

Ide lainnya, Anda tinggal memadukan batu koral sikat sebagai warna kontras dengan tanaman suplir, dan tanaman hias lainnya. Biarkan tanaman tetap rimbun dan banyak, agar kesan teduh di halaman masih bisa dirasakan. Selamat berkreasi!

About Pher jaya