Home / Uncategorized / Kelebihan Domba Dorper

Kelebihan Domba Dorper

Setiap tahunnya ratusan ribu ekor domba dan kambing dibutuhkan untuk qurban dan aqiqah, sedangkan hal ini tidak diimbangi dengan pertumbuhan populasi di Tanah Air

Meningkatnya permintaan bibit domba Dorper bukan tidak tanpa sebab. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh domba pedaging ini:

 

Kemampuan Adaptasi Kuat

Kemampuan hidup domba ini dalam berbagai kondisi cuaca dan iklim patut diancungi jempol. Hal ini yang menjadi salah satu alasan utama dalam pemilihan domba ini. Pada peternakan di Australia, Dorper sering dipelihara dengan cara dilepas bebas pada area peternakan tanpa kandang.

 

Pertumbuhan Pesat

Domba asal Afrika ini memiliki perkembangan dan pertambahan bobot tubuh yang sangat cepat. Dalam umur 3-4 bulan saja bisa mencapai berat 30 Kg. Domba makin cepat besar berarti makin banyak cuan yang didapat.

 

Tidak Selektif Pakan

Domba jenis ini tidak memilih-milih makanan, sehingga memudahkan peternak dalam penyediaan sumber pakan. Apa saja jenis pakan yang diberikan pasti akan digiling oleh rumennya.

 

Daging Berkualitas Baik

Salah satu keunggulan domba pedaging ini adalah pada persentase karkas dan kualitas dagingnya yang luar biasa. Kandungan lemak pada dagingnya tergolong sangat rendah. Daging berkualitas inilah yang dihidangkan di hotel dan restoran.

 

Tingkat Reproduksi Tinggi

Domba yang terkenal di acara shawn the sheep ini termasuk salah satu jenis domba yang memiliki tingkat fertilitas tinggi/subur. Tidak jarang domba ini melahirkan anak kembar. Selain itu, induk domba dorper juga mampu mengurus anak dengan baik.

About Pher jaya

Check Also

Kartu Kredit Dengan Berlimit Rp 1 Milyar?

Mungkin ini adalah pembahasan yang paling ditunggu banyak pembaca soal kenaikan limit kartu kredit. Benarkah …