Home / Uncategorized / Jenis Kopra Beserta Ciri-ciri dan Teknik Pengeringan

Jenis Kopra Beserta Ciri-ciri dan Teknik Pengeringan

Jenis-jenis kopra. Kopra adalah inti kelapa yang diproses dan dikeringkan yang digunakan dalam ekstraksi minyak kelapa. Kopra dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Ini digunakan sebagai makanan karena merupakan sumber nutrisi penting termasuk protein, vitamin, dan mineral. Dan itu penjelasan apa itu kopra.

Pengepresan panas kopra menghasilkan minyak dengan titik leleh rendah yang memiliki titik leleh 23 derajat Celcius. Minyak ini dapat digunakan untuk memasak dan sebagai bahan baku untuk membuat minyak rambut, sampo, deterjen, margarin, dan lainnya.

Bahan sisa, yang dikenal sebagai bungkil kelapa, adalah pakan terkonsentrasi yang berharga untuk ternak. Satu butir kelapa bisa menghasilkan sekitar 80-500 gram kopra.

 

Jenis-jenis Kopra Dengan Teknik Pengeringan Kopra

Kopra Asalan

Kopra jenis ini menggunakan kata “asalan” bukan tanpa alasan. Hal ini karena kelapa-kelapa yang digunakan untuk membuat kopra asalan tidak terpatok pada kriteria tertentu. Ukuran kelapa tidak sama, ada yang besar dan ada pula yang kecil. Daging kelapa nya pun tidak harus mulus dan tak jarang berlubang atau pecah. Warna kopra asalan umum nya cokelat tua atau hitam. Warna kopra asalan yang gelap dikarenakan teknik pengeringan kopra itu sendiri.

Untuk mendapatkan kopra asalan, umum nya menggunakan teknik penjemuran langsung di bawah sinar matahari ataupun menggunakan metode pengeringan dengan cara diasap (Smoke Drying system).

Metode Pengeringan Kopra Asalan Dengan Sun Drying System

Metode pengeringan dengan dijemur di bawah sinar matahari sudah dilakukan para petani kelapa sejak berabad-abad lalu dan masih berlangsung hingga saat ini. Meski tergolong tradisional, metode ini digemari sebab umum nya kopra asalan dibutuhkan dalam jumlah yang besar sehingga metode pengeringan dengan dijemur di bawah sinar matahari lebih sesuai, selain karena bisa dilakukan dalam jumlah yang banyak di lapangan yang luas, juga tidak diperlukan alat khusus sehingga bisa memangkas biaya operasional.

Namun metode ini sangat bergantung dengan cuaca sehingga kadang dibutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan kopra dengan kadar air yang sudah menyusut. Warna nya juga tidak sama rata. Harga kopra asalan cenderung lebih murah dibanding dengan jenis kopra lain nya karena memang kriteria kopra asalan tidak sama antara satu dengan lain nya.

Metode Pengeringan Kopra Asalan Dengan Smoke Drying System

Selain menggunakan metode pengeringan dengan matahari, kopra asalan juga biasa dibuat dengan menggunakan metode pengeringan asap (smoke drying system). Kopra jenis ini juga dikenal sebagai smoked copra dengan ciri khas aroma asap dan warna nya yang cenderung cokelat atau hitam.

Ciri-ciri kopra Asalan

  • Berwarna cokelat atau hitam
  • Ukuran tidak sama
  • Ada yang berlubang, ada yang pecah
  • Kadang beraroma asap (smoked copra)
  • Harga cenderung lebih murah
  • Biasanya merupakan sortiran dari kopra reguler

 

Jenis Kopra Regular

jenis-jenis kopra

Kopra regular adalah jenis kopra yang umum nya berwarna putih kecokelatan. Daging kelapa nya lebih tebal dari kopra asalan. Meski demikian, kadang masih ditemukan lubang-lubang pada kopra regular. Selama lubang di kopra masih bisa ditolerir maka masuk ke grade regular, namun jika lubang nya besar dan cenderung pecah makan akan dimasukkan ke dalam kategori kopra asalan.

Metode Pengeringan Kopra Regular Dengan Sun Drying System

Meski kadang hasil dari metode sun drying system pada kopra tidak merata namun kopra regular bisa ditemukan dengan metode ini.

Metode Pengeringan Kopra Regular Dengan UV House Drying System

Kopra regular juga dibuat dengan metode uv drying system. Konsep pengeringan dengan Rumah UV tetap menggunakan sinar matahari sebagai pengering utama nya. Beda nya dengan metode dijemur langsung, rumah UV terdiri dari atap dan dinding yang terbuat dari plastik transparan sehingga sinar matahari bisa menembus plastik tersebut dan panas nya bisa mengeringkan daging kelapa yang sudah ditata di dalam nya.

Ciri-ciri kopra regular

  • Warna putih kecokelatan
  • Bisa berlubang namun lubang masih bisa ditoleransi
  • Ukuran cenderung lebih besar dari kopra edible
  • Tak jarang kopra regular merupakan sortiran dari kopra edible

 

Jenis Kopra Edibel

Dari rangkaian pilihan jenis kopra yang ada, hingga saat ini Kopra Edibel adalah jenis kopra yang paling unggul, premium quality. Untuk membuat kopra edible, kelapa yang dipilih harus melalui proses sortir yang ketat antara lain jenis kelapa hibrida yang berukuran kecil sekitar 0.6 – 0,8 kilogram, berdaging tebal, kulit mulus dan lain sebagai nya. Umum nya untuk kopra edible dikeringkan dengan metode rumah UV house drying system atau oven drying system.

Metode Pengeringan Kopra Edible Dengan UV House Drying System

Rumah UV juga menjadi salah satu metode yang digunakan untuk pengeringan kopra edible. Selain karena lebih aman dari cuaca yang tidak menentu,metode pengeringan kopra edibel dengan rumah UV juga bisa memiliki tingkat kekeringan yang lebih merata

Metode Pengeringan Kopra Edible Dengan Metode Oven Drying System

Metode ini diperlukan biaya lebih karena menggunakan alat pengering khusus yakni oven kopra putih. Hal inilah yang juga membuat metode pengeringan tidak langsung ini dikenal juga dengan sebutan oven drying system. Kelapa ditata di dalam oven pengering dan ditutup rapat lalu dipanaskan dengan suhu 40 – 80 derajat celcius.

Panas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar tempurung kelapa kering akan menghasilkan asap yang dialirkan oleh blower untuk mengaliri oven pengering kopra. Cara ini memang membutuhkan penanaman modal yang lebih banyak namun kopra yang dihasilkan akan berkualitas lebih baik dengan warna kopra yang putih, minyak yang dihasilkan beraroma dan memiliki rasa lebih bagus.

Ciri-Ciri Kopra Edible

  • Ukuran kecil dan merata
  • Umum nya berukuran 0,6 – 0,8 kilogram
  • Berwarna putih
  • Berdaging kelapa tebal
  • Tidak ada lubang
  • Kulit kelapa mulus, tidak ada lecet
  • Harga cenderung lebih mahal daripada jenis kopra lain nya

About Pher jaya

Check Also

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara membasmi rumput liar – Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membunuh gulma secara efektif …