Home / Uncategorized / Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Bagi Anak Anak dan Orang Dewasa

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Bagi Anak Anak dan Orang Dewasa

Manfaat jagung untuk kesehatan. Jagung merupakan salah satu makanan pokok harian orang Indonesia. Tanaman dengan nama lain zea mays ini dapat mudah ditemukan dimana-mana. Mengolah jagung pun tidak sulit, dapat kamu bakar, rebus, kukus, atau menjadi campuran diberbagai masakan seperti sayur lodeh, sayur asem, bahkan dijadikan pop corn. Rasanya yang manis dan nikmat membuat semua orang doyan menyantap jagung ini. Harga jagung dipasaran juga tidak terlalu mahal relatif murah malah. Jagung dijual Rp 5.000 sampai Rp 10.000 perkilonya. Tergantung jenis jagung apa yang dijual.

Selain rasanya nikmat, jagung juga memiliki segudang manfaat. Didalamnya terdapat karbohidrat, serat, protein, vitamin dan mineral. Jadi sudah dipastikan jika jagung ini memiliki banyak manfaat didalamnya. Nah jagung adalah makanan yang banyak manfaat, tetapi manfaat tersebut apa saja sih ? Mari kita simak penjelasan berikut ini :

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Manfaat jagung untuk kesehatan

1. Membantu Menyehatkan Mata

Jagung memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Antioksidan lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid yang berperan dalam hal ini. Kandungan ini bekerja dengan melindungi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh cahaya biru. Jadi, dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.

Degenerasi makula adalah sebuah masalah pada bagian retina yang disebut makula dan dapat menyebabkan penurunan penglihatan hingga kebutaan.

2. Menangkal Radikal Bebas

Jagung mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Antioksidan diketahui baik untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit, serta penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat jagung di atas, pilihlah jagung dengan kondisi baik dan cuci jagung hingga benar-benar bersih sebelum mengonsumsinya. Setelah dicuci, jagung dapat dimasak dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus hingga matang.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Miliki jantung yang sehat hingga usia tua merupakan impian bagi banyak orang. Pasalnya, penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mengandalkan manfaat jagung rebus untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Jagung rebus mengandung vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Kandungan ini sangat baik mengontrol jumlah kolesterol di dalam darah, sehingga masalah kardiovaskuler lebih terkontrol. Vitamin C pada jagung juga dapat membantu menurunkan asam amino di pembuluh darah. Asam amino yang tinggi bisa berisiko menimbulkan masalah pada pembuluh darah, serta masalah terkait jantung.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Jagung memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat mendorong produksi kolagen dan mencegah efek buruk sinar UV yang merusak kulit. Walaupun memiliki banyak manfaat, ada dua hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi jagung. Seperti biji-bijian serealia lainnya, jagung mengandung asam fitat. Asam fitat dapat mengganggu penyerapan mineral makanan, seperti zat besi dan seng. Hal ini biasanya tidak menjadi masalah bagi orang-orang yang mengikuti pola makan seimbang.

Namun, dapat menjadi masalah serius bagi yang mengonsumsi jagung sebagai makanan pokok. Untuk menurunkan kadar fitat, Anda dapat merendam dan memfermentasi jagung.

5. Penambah Energi

Jagung memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini dicerna dalam waktu yang lebih lambat. Pencernaan karbohidrat yang lebih lambat akan menguntungkan, karena dapat menyediakan energi untuk jangka waktu lebih lama.

Apabila gemar berolahraga, Anda dapat menyertakan jagung ke dalam menu makanan sehari hari kamu.

6. Menurunkan Risiko Anemia

Jagung mengandung asam folat, vitamin B12, dan zat besi yang mampu membantu pembuatan sel darah merah di dalam tubuh.

Semua kandungan itu bisa membantu menurunkan risiko anemia. Caranya, dengan menyediakan cukup nutrisi yang diperlukan dalam produksi sel darah merah yang baru.

Nah, itu dia penjelasan singkat yang bisa kamu baca dan simak tentang manfaat jagung bagi kesehatan. Banyak sekali sebenarnya manfaat yang terkandung didalam satu buah jagung. Namun penjelsan diatas merupakan salah satu dari banyak manfaat tersebut. Cara mendapatkan manfaat jagung, kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus, dikukus, dicampur kedalam masakan, atau di jadikan pop corn.

Untuk membuat pop corn kamu dapat menggunakan jenis jagung brondong. Kamu bisa memipil jagung brondong sendiri menggunakan mesin pemipil jagung. Mesin pemipil jagung ada banyak jenisnya, kamu nbisa menggunakan salah satunya.

Sekian penjelsan diatas, semoga bermanfaat dan membantu kamu. Apabila terjadi salah dalam penulisan kata atau kalimat mohon maaf. Terimakasih dan sampai jumpa.

About Pher jaya

Check Also

Contoh Bisnis UMKM Untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis

Contoh Bisnis UMKM– Usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM adalah usaha produktif yang dijalankan …