Home / Uncategorized / Mengatasi Gigi Berlubang Dengan Tambal Gigi di Klinik Gigi Yogyakarta

Mengatasi Gigi Berlubang Dengan Tambal Gigi di Klinik Gigi Yogyakarta

Klinik Gigi Yogyakarta

Gigi berlubang merupakan kondisi dimana gigi mengalami kerusakan pada bagian dalam (dentin), maupun bagian luar (email), hingga membentuk lubang. Penyebab dari gigi berlubang adalah sering mengkonsumsi makanan manis, dan kebersihan gigi yang tak terjaga. Gigi yang rusak atau bolong biasanya bisa diperbaiki dengan cara ditambal. Jika tidak, maka bakteri akan tumbuh di dalamnya karena sisa-sisa makanan yang menyangkut.

Kebanyakan gigi berlubang terjadi pada gigi geraham, karena berperan sebagai pengunyah makanan. Tambal gigi yang dilakukan oleh dokter di klinik gigi Yogyakarta caranya adalah dengan mengisi celah lubang gigi yang bolong tersebut agar gigi kembali penuh. Jenis bahan tambal gigi yang ditawarkan juga beragam. Jika Anda masih kebingungan untuk memilihnya, maka Anda perlu membaca tentang bahan pembuat tambal gigi berikut ini.

Jenis-jenis bahan tambal gigi

1. Amalgam/perak

Bahan ini adalah yang banyak digunakan untuk menambal gigi berlubang. Amalgam sendiri merupakan campuran dari 50% seng, tembaga, timah, perak dan 50% merkuri. Amalgam lebih populer daripada bahan yang lain karena ketahanannya mencapai 10 hingga 15 tahun. Selain itu harganya relatif murah dan bahannya kuat.

2. Porselen/keramik

Meskipun harganya relatif mahal, bahan porselen juga cukup diminati banyak masyarakat. Hal ini lebih dipilih karena bahan porselen lebih menyerupai gigi asli sehingga terkesan sama.

3. Komposit

Adalah bahan tambal gigi yang terbuat dari campuran plastik dan material resin. Komposit ini ketika dimasukkan ke dalam gigi berlubang teksturnya lunak. Tapi kemudian akan disinari cahaya biru agar bisa mengeras dan membentuk menyerupai gigi. Jenis tambal komposit ini juga banyak dipilih orang karena warnanya yang juga lebih mirip dengan gigi asli. Oleh karena itu bahan ini banyak digunakan untuk menambal bagian gigi yang terlihat, seperti bagian depan.

4. Semen ionomer kaca

Jenis tambal gigi Jogja yang terbuat dari kaca khusus dan akrilik. Memiliki warna putih, tetapi warna yang dihasilkan tidak sama dengan gigi. Umumnya dipasang di bawah garis gusi untuk menutup tambalan dan banyak digunakan oleh anak-anak.

Dengan mengetahui jenis bahan pembuat tambal gigi, maka Anda bisa memilih bahan tambal yang sesuai dengan selera. sehingga, jangan menunda lagi untuk pergi ke klinik gigi Yogyakarta, karena gigi berlubang yang tidak segera diatasi akan menyebabkan lubang semakin membesar dan beresiko gigi busuk.

About Pher jaya

Check Also

Berikut Pilihan Wisata yang Bisa Anda Temukan di Hotel Airy Air Terjun

Hotel Airy air terjun adalah awal mula kawasan wisata air terjun yang sebelumnya memiliki nama …