Home / Arsitektur / Cara Pasang Kusen Aluminium Yang Mudah, Bisa Dilakukan Sendiri!

Cara Pasang Kusen Aluminium Yang Mudah, Bisa Dilakukan Sendiri!

Bagaimana cara pasang kusen aluminium? Kusen dari bahan aluminium sekarang ini memang tengah menjadi trend karena dapat memberi kesan yang modern, minimalis dan elegan pada rumah. Untuk proses memasangnya juga tidak sulit dan bahkan bisa dikerjakan oleh Anda sendiri. Yang terpenting ialah pemasangannya harus dilakukan dengan cermat dan teliti mengingat bahan aluminium rentan tergores.

baca juga: alamat toko kusen aluminium di bandung

Untuk cara memasangnya, Anda bisa menyimak panduannya berikut ini:

  1. Persiapan Awal dan Pengecekan

Sebelum berlanjut ke tahapan cara pasang kusen aluminium ke tembok, pastikan lebih dulu tembok tersebut benar-benar rampung dan telah dipasangi plester. Periksa juga bagian sudut dinding terutama yang akan dipasangi kusen apakah sudah rapi atau belum. Setelah itu, jika memungkinkan ukur juga kusen untuk menyesuaikan dengan lubang dinding yang dibutuhkan.

  • Penghalusan Bagian Dalam Dinding

Bagian dalam dinding perlu dihaluskan agar permukaan rapi dan lurus sehingga kusen aluminium bisa melekat sempurna. Proses penghalusan dinding dilakukan dengan memasang plester kemudian diaci hingga permukaannya presisi dan simetris. Untuk memudahkan memasukkan kusen ke dalam dinding, sebaiknya berikan kelonggaran sekitar 5-10 mm pada lubang dinding.

  • Buat Lubang Pemasangan Sekrup Fisher

Buatlah lubang pada sisi dinding bagian dalam dengan menggunakan mesin bor. Letakkan kusen pada lubang dinding yang telah dibuat sebelumnya kemudian buat tanda pada kusen untuk menentukan titik di mana sekrup akan dipasang. Pastikan tanda ini benar-benar lurus dengan lubang pada dinding yang dibuat tadi agar sekrup fisher terpasang dengan tepat.

  • Pemasangan Kusen Aluminium

Tahap ini terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu menaruh kusen pada lubang dinding kemudian perkuat dengan pasang sekrup fisher. Fungsinya ialah untuk menahan dudukan kusen dalam lubang dinding. Jangan lupa tambahkan juga penutup karet pada sekrup fisher agar terlihat lebih rapi. Hal ini berlaku pada semua ruangan, baik untuk cara pasang kusen aluminium kamar mandi, ruang keluarga, dapur ataupun ruangan lainnya.

baca juga: jual vinyl bandung

  • Pemasangan Pintu dan Jendela

Untuk memasang pintu dan jendela tidaklah terlalu sulit, karena pada umumnya keduanya sudah dibuat sepaket dengan kusen aluminium sehingga benar-benar pas. Jadi tidak terlalu menjadi masalah dan caranya juga sama seperti pasang kusen biasanya.

Demikianlah cara pasang kusen aluminium yang bisa Anda ikuti. Jika dibanding dengan memasang kusen kayu, pemasangan kusen aluminium memang memerlukan ketelitian dan kehati-hatian yang lebih.

About Pher jaya