Home / Wisata / Tempat Wisata Menarik di Mesir

Tempat Wisata Menarik di Mesir

Tanah para Firaun, julukan bagi negara Mesir, merupakan tujuan wisata yang sangat memukau dan membuat banyak orang takjub. Berbagai peninggalan sejarah berusia ribuan tahun membuat wisatawan dibuat takjub dengan beragam reruntuhan kuil dan makam kuno. Tak hanya peninggalan sejarah, Mesir juga menawarkan penjelajahan gurun hingga sungai Nil yang terkenal sebagai destinasi wisata menarik.

Mesir mempunyai begitu banyak hal yang menarik untuk para pelancong dengan mengkombinasikan budaya, petualangan, dan liburan. Hamparan pantai indah di Sinai, megapolis Kairo yang menakjubkan, hingga kompleks Lembah Para Raja menggambarkan negara Mesir yang menakjubkan. Berbagai hal tersebut menggambarkan betapa negara yang merupakan peradaban tertua di dunia ini layak dikunjungi.

Berikut adalah beberapa objek wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di tanah para Firaun, Mesir:

Kota Kairo

Kairo atau Al-Qahirah merupakan ibukota negara Mesir sekaligus kota terbesar di Afrika dengan lebih dari 9,5 juta penduduk. Kota ini dipenuhi dengan banyak masjid dan madrasah serta berbagai monumen bersejarah dari zaman Fatimiyah hingga Kesultanan Mamluk. Disini juga terdapat salah satu universitas Islam terkemuka dan tertua di dunia yaitu Universitas Al-Azhar.

Luxor

Terkenal dengan berbagai peninggalan kuno terutama Lembah Para Raja, Luxor di wilayah Mesir Hulu merupakan tujuan favorit para turis. Wilayah Luxor dahulu merupakan pusat Thebe kuno dari zaman Kerajaan Baru Mesir dan disebut sebagai museum terbuka terbesar di dunia. Hal ini karena Luxor memiliki deretan peninggalan sejarah mulai kompleks kuil Karnak, Lembah Para Raja hingga Hatshepsut.

Alexandria

Sebagai kota yang paling bernuansa Eropa di negara Mesir, kota Alexandria atau Iskandariyah memiliki sejarah yang sangat panjang. Iskandariyah, begitu orang Arab menyebutnya, didirikan oleh Raja Alexander Agung yang kemudian menjadi tempat kediaman Ratu Cleopatra. Walaupun sekarang hanya sedikit peninggalan sejarah yang tersisa di Alexandria, namun kota ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Sinai Selatan

Di semenanjung Sinai tepatnya di wilayah selatan merupakan pusat pantai menakjubkan dengan gaya Eropa di negara Mesir. Disini juga dibangun berbagai resor bergaya Eropa yang dilengkapi dengan restoran berkelas Internasional serta berbagai macam pilihan hiburan. Pantai-pantai wilayah Sinai Selatan menawarkan pemandangan gurun dan pantai indah yang menghadap ke laut Merah.

Piramida Giza

Satu-satunya dari 7 Keajaiban Dunia Kuno yang masih tersisa dan bisa dikunjungi adalah Piramida Giza di Mesir. Piramida ini dibangun sebagai makam para Firaun dan dijaga oleh Sphinx dan telah membuat kagum banyak orang dengan kemegahannya. Saat ini, Piramida Giza menjadi salah satu tujuan wisata utama para turis dan arkeolog ketika mereka ke Mesir.

Abu Simbel

Walaupun Mesir terkenal dengan berbagai reruntuhan bangunan kuil yang tersebar di berbagai penjuru, Abu Simbel tetaplah yang paling istimewa. Firaun Ramses II membangun kuil ini dengan patung raksasa di bagian luar dan interior yang dipenuhi lukisan indah. Seluruh kuil Abu Simbel saat ini berada di lokasi baru karena lokasi aslinya masuk dalam proyek Bendungan Aswan.

Biara Santa Katarina

Salah satu biara tertua di dunia terdapat di Mesir yaitu Biara Santa Katarina yang berada di kaki Gunung Sinai. Tempat ini dianggap sebagai tempat dimana Nabi Musa a.s. Menerima 10 Perintah Allah setelah menyelamatkan Bani Israil. Biara ini sekarang menyimpan berbagai manuskrip kuno serta menjadi rumah ibadah bagi umat Kristen Koptik di Mesir.

Tujuh tempat menarik tersebut merupakan objek wisata yang menakjubkan di negara Mesir yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Banyak sekali turis dari mancanegara berkunjung ke tempat-tempat tersebut dengan menggunakan paket wisata luar negeri dari berbagai agen wisata. Dengan menggunakan paket wisata luar negeri, para turis bisa berlibur dengan tenang dan nyaman.

About Pher jaya

Check Also

wisata alam kopeng treetop

Ingin Berlibur Sambil Berpetualang ? Wisata Alam Di Kopeng Ini Dapat Menjadi Pilihan Anda

Kopeng merupakan desa yang terkenal dengan wisata alam nya yang beragam. Lokasinya yang berada di …