Home / Uncategorized / Pakan Ternak Alternatif Bebek Petelur Untuk Pemula

Pakan Ternak Alternatif Bebek Petelur Untuk Pemula

Jenis – jenis bebek memang terbagi menjadi beberapa jenis. Ada yang dijadikan sebagai bebek penghasil daging, bebek penghasil telur atau bisa juga dikenal dengan bebek dwi fungsi. Bebek dwi fungsi ini bisa dijadikan sebagai penghasil telur sekaligus penghasil daging.

Untuk jenis bebek lainnya yakni bebek hias, bebek hias yaitu bebek yang dipelihara oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai hiasan. 

Untuk di Indonesia jenis bebek yang banyak dipelihara yakni jenis bebek penghasil dan petelur. Adapun untuk jenis bebek pedaging bisa disebut dengan bebek hibrida dan peking. Sedangkan bebek penghasil telur bisa disebut sebagai bebek petelur mojosari. 

Sementara untuk bebek hias dipelihara terbatas dari kalangan pecinta bebek hias. Hal itu disebabkan oleh harga bebek hias yang masih belum terjangkau, kalangan dengan ekonomi menengah ke bawah.

Pemeliharaan bebek petelur merupakan peluang usaha yang sangat mengutungkan karena tingkat konsumsi daging bebek di masyarakat yang cukup tinggi sehingga permintaan semakin meningkat dari waktu ke waktu.

BACA JUGA : fermentasi pakan ternak kambing

Hal tersebut tentu menjadi peluang bisnis bagi para peternak profesional. Dan untuk pemeliharaan bebek petelur sebenarnya cukup sederhana dan dapat dilakukan oleh peternak pemula. Salah satu yang menjadi perhatian adalah pakan bebek petelur. 

Untuk menghasilkan hasil panenan yang bagus maka peternak perlu mempersiapkan segala hal yang berkaitan pada pertumbuhan bebek. Salah satunya dengan memperhatikan pola pemberian pakan. Pakan yang baik serta berkualitas akan membuat bebek menjadi cepat besar.

Makanan bebek agar cepat besar ini pun bisa anda dapatkan dari berbagai sumber. Bisa dari pakan buatan pabrik dan bakan pakan alami untuk membuat rasum. 

Rasum ini dapat diberikan kepada bebek, saat bebek sudah menginjak usia diatas 4 minggu atau masa remaja. Adapun pakan alternatif bebek yang dapat peternak gunakan adalah sebagai berikut : 

Pakan Ternak Alternatif Bebek Petelur

Bebek petelur merupakan bebek yang dikembangkan untuk dimanfaatkan telurnya. Permintaan telur bebek dipasaran pun tidak pernah surut setiap harinya, maka dari itu banyak peternak yang berbondong – bondong untuk menekan hasil produksi telur menjadi lebih tinggi.

Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh perawatan serta pemberian pakan yang berkualitas untuk bebek petelur.

pakan bebek petelur

Dalam pemberian pakan untuk bebek petelur, peternak dapat memberikan takaran pakan itik petelur dengan menyesuaikan jumlah bebek yang dipelihara, seperti pakan bebek petelur untuk 100 ekor.

Pemberian pakan bebek petelur dapat dilakukan dua kali dalam sehari, yakni bisa di pagi, siang ataupun sore hari. 

BACA JUGA : Mesin Pencacah Rumput Multifungsi

Pada umumnya pemberian pakan untuk bebek petelur dan pakan bebek pedaging memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, kebutuhan pakan bebek petelur sangat dipengaruhi oleh umur bebek. 

Pakan bebek petelur mempunyai perbedaan pada komposisi gizinya. Untuk harga pakan bebek petelur memiliki harga yang berbeda – beda. Hal ini dipengaruhi oleh harga di setiap daerah dan merk pakan yang berbeda – beda pula. 

Untuk pakan bebek petelur yang dapat diberikan dapat juga berupa pakan alternatif bebek. Pakan alternatif bebek ini diharapkan dapat menekan biaya pengeluaran untuk pembelian pakan.

Pakan ternak alternatif bebek petelur tersebut terdiri dari beberapa point dibawah ini : 

1. Pakan Sumber Energi

Makan alternatif bebek yang mengandung sumber energi ini diataranya berasal dari jagung kuning yang digiling, bekatul, gandum, berbagai biji-bijian dan sourgum. Pakan tersebut sangat penting karena bisa menghasilkan energi untuk bebek.

Energi ini dibutuhkan untuk berbagai aktivitas seperti  bertelur, bermain dan aktivitas lainnya. Pakan sumber energi cukup penting karena menunjang produksi telur yang dihasilkan.

Jenis Sumber Energi adalah sebagai berikut :

  • Sorgum
  • Jagung Kuning
  • Singkong
  • Dedak Padi
  • Polar
  • Tepung roti
  • Minyak CPO(Crude palm oil)

2. Pakan Sumber Protein

Untuk jenis pakan sumber protein ini terdiri dari bahan nabati dan juga hewani. Kandungan protein inilah yang dapat menujang produktifitas telur menjadi cukup tinggi. 

Pakan sumber protein terdiri dari bungkil kelapa, bungkil kacang hijau, berbagai jenis tepung misalnya tepung ikan, tepung tulang dan tepung daging.  Jenis pakan tersebut cukup mudah di dapat dipasaran dengan harga yang terjangkau sehingga peternak tidak kesulitan mendapatkannya.

Jenis Pakan Sumber Protein adalah sebagai berikut :

  • Bungkil Kedelai
  • Corn Gluten Meal (CGM)
  • Tepung Ikan
  • Bungkil Kelapa
  • Bungkil Kacang Tanah
  • Tepung Daging dan Tulang
  • Konsentrat

3. Pakan Sumber Mineral

Untuk pakan sumber mineral bisa didapatkan pakan minyak ikan dan minyak kelapa. Pakan sumber mineral diberikan dalam jumlah yang terbatas pada bebek.

Saat ini banyak terdapat voer atau konsentrat siap pakai yang terdapat di pasaran. Voer tersebut mempunyai komposisi yang pas sesuai dengan jenis bebek yang dipelihara. Namun jika mengandalkan voer yang siap pakai tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar.

Untuk itu agar lebih efisien dan hemat biaya maka peternak perlu  memberikan berbagai jenis bahan pakan tambahan yang mempunyai kandungan yang gizi yang baik dan seimbang. Hal tersebut cukup penting mengingat produktivitas bebek cukup dipengaruhi dari jenis pakan yang dikonsumsinya.

Jenis bahan Pakan Sumber Energi adalah sebagai berikut :

  • Mineral Ca dan P
  • Mineral Na dan Cl
  • Trace Mineral

Formula Pakan Untuk Bebek Petelur

Dalam pemberian pakan pada bebek petelur peternak dapat meracik sendiri formula pakan yang cocok untuk Bebek Petelur. Penyusunan formula pakan untuk bebek petelur tentunya berbeda dengan formula pakan untuk bebek pedaging.

Oleh karena itu peternak harus memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan nutrisi setiap jenis dan pertumbuhan bebek sebelum menyusun formulasi pakannya. Ragam formulasi tersebut disusun berdasarkan presentase nutrisi dari setiap bahan pakan yang tersedia.

Selain itu peternak juga dapat memanfaatkan pakan jadi bebek petelur. Bisanya peternak yang menggunakan pakan jadi bebek petelur atau pakan pabrikan ini dihadapkan harga pakan yang semakin mengalami kenaikan di setiap tahunnya.

Maka dari itu kini formula pakan yang berasal dari bahan – bahan alami sudah banyak peternak terapkan guna menekan biaya pembelian pakan.

Sebelum memberikan pakan alternatif bebek tersebut alangkah baiknya jika peternak mengetahui presentasi kandungan gizi dalam setiap pakan. Dengan demikian pakan alternatif bebek tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan si bebek. 

Tips Menyusun Formula Pakan Itik

  • Tentukan umur bebek yang akan diberikan pakan
  • Pertimbangkan kebutuhan nutrien bebek yang akan digunakan
  • Tentukan bahan pakan yang akan digunakan, semisal bahan protein, mineral atau energi
  • Tentukan kandungan nutrien pakan
  • Pertimbangkan kandungan serat kasar pada bahan pakan yang tersedia

Bebek pada umumnya mulai bertelur pada 6 bulan. Pada awal masa bertelur, bebek perlu penyesuaian dan tidak langsung secara rutin bertelur setap hari. Setelah 6 bulan lebih bebek sudah mulai bertelur.

Cukup sekian penjelasan tentang pakan ternak alternatif bebek petelur yang saya jelaskan. Semoga Membantu. TERMIA KASIH

About Pher jaya

Check Also

Sistem Biaya Renovasi Rumah dan Budgeting

Biaya Renovasi Rumah untuk Lebaran 2021? Berikut ini Rinciannya!.lebaran Tahun 2021 ini kemungkinan lumayan tidak …