Home / Uncategorized / Mengenal Teknologi Meteran Air

Mengenal Teknologi Meteran Air

Meteran air merupakan alat yang dipakai untuk mengukur tingkat konsumsi dan volume air. Anda dapat menemui banyak water meter hampir di semua jaringan dan instalasi pipa, baik di perumahan, hotel, apartemen, serta fasilitas publik lainnya.

Tidak semua produk meteran air dapat memberikan hasil pengukuran yang sama akuratnya. Hal ini dipengaruhi oleh teknologi masing-masing produk. Berikut beberapa jenis water meter terbaik untuk kebutuhan Anda:

Positive Displacement Water Meter

Positive displacement merupakan meteran air yang menerapkan sistem sensor untuk mengukur output elektronik, controller, serta sistem akuisisi data. Alat ini cukup unik, sebab akurasi pengukuran sangat dipengaruhi oleh viskositas material yang dimuat.

Untuk akurasi pengukuran, PD meter dapat bekerja sangat baik dengan hasil 0.1% – 0.5% accuracy. Khusus jenis screw meter, bahkan memiliki linearity 0.001% dengan repeatability 0.006%. PD meter juga telah banyak digunakan oleh berbagai lembaga dan industri di seluruh dunia seperti Jepang, Inggris, Belanda, dan Denmark.

Electromagnetic Water Meter

Electromagnetic merupakan jenis meteran air dengan prinsip induksi elektromagnetik, dimana aliran fluida diukur melalui tegangan medan magnet. Produk flow meter ini sangat tepat untuk digunakan untuk sebagai zat berupa cairan.

Flow meter jenis ini juga dapat mengukur aliran berupa micro flow yang sulit diukur dengan meteran lain. Selain itu, electromagnetic juga memiliki akurasi pengukuran yang sangat baik di level 0.5% – 1% serta low maintenance.

Velocity Water Meter

Meteran air berjenis velocity menggunakan sistem kecepatan aliran yang diubah menjadi volume aliran. Velocity memiliki beberapa tipe yang sering dipakai, yakni multi-jet, turbin, dan baling-baling. Salah satu keunggulan alat ini adalah, data hasil pengukuran dapat langsung dihubungkan ke komputer untuk jenis digital flow meter.

Pada umumnya, produk velocity water meter memiliki working pressure 10 Bar dan mampu bekerja pada aliran air dengan suhu hingga 40 derajat celcius, dan 90 derajat pada kondisi tertentu. Velocity dapat beroperasi dan mengukur data aliran mulai dari 0.08 m/s dengan 1.5% accuracy.

Ultrasonic Water Meter

Meteran air ultrasonik menerapkan prinsip sinyal gelombang untuk mengukur material dalam pipa. Alat ini memiliki akurasi pengukuran rata-rata hingga 1% dan repeatability 0.2%. Salah satu keuntungan memakai tipe ultrasonic adalah adanya sistem anti-intervensi yang sangat baik.

Ultrasonic water meter ataupun water meter amico menerapkan teknologi yang cukup mutakhir. Alat ini memiliki sistem memori otomatis data pengukuran hingga 10 tahun. Pada beberapa produk bahkan dapat melakukan transfer data dari digital ke analog.

About Pher jaya

Check Also

How to Remove Avast CPU

If you have problems with avast, you can repair it yourself by simply circumventing unnecessary …