Home / alat / Perhitungan Usaha Keripik Pisang Cocok untuk Para Pemula

Perhitungan Usaha Keripik Pisang Cocok untuk Para Pemula

Perhitungan Usaha Keripik Pisang – Keripik pisang yaitu camilan keripik yang banyak disukai oleh berbagai macam kalangan masyarakat dengan luas. Mulai dari kalangan anak-anak kecil hingga orang dewasa semuanya hampir menyukai camilan keripik pisang. Keripik pisang mempunyai kandungan kadar air yang sangat renyah karena dibuat dengan proses penggorengan sehingga menyebabkan keripik pisang mempunyai tekstur yang renyah. Daya simpan keripik pisang juga bisa dikatakan cukup lama sehingga banyak beberapa pebisnis yang juga ingin mengembangkan bisnis usaha keripik pisang.

Jenis-jenis pisang yang dapat dibuat keripik pisang memang cukup banyak misalnya diantaranya yaitu pisang kepok, raja nangka, dan lain-lain. Buah pisang yang dijual secara langsung pada umumnya mempunyai nilai jual yang cukup rendah. Untuk meningkatkan hal tersebut maka semakin tinggi Anda bisa mengolahnya untuk dijadikan camilan keripik pisang dan usaha Anda juga cukup berkembang baik. Keripik pisang saat ini banyak disajikan dengan bermacam-macam varian rasa misalnya seperti manis, coklat, dan lain-lain. Dengan banyaknya varian rasa keripik pisang akan membuat masyarakat bisa memilih keripik pisang sesuai dengan yang mereka semua inginkan.

Perhitungan Usaha Keripik Pisang

Keripik pisang saat ini banyak dijual dipasaran sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan cara yang cukup mudah. Anda bisa mendapatkan keripik pisang tersebut di toko-toko terdekat, supermarket, swalayan, pasar, dan lain-lain. Harga keripik pisang yang cukup terjangkau dan Anda bisa mendapatkannya dengan cukup mudah. Keripik pisang biasanya digunakan untuk camilan di rumah ketika sedang menonton televisi atau pun bersantai bersama dengan keluarga.

Usaha keripik pisang yang mempunyai jumlah peminat yang cukup banyak sebaiknya Anda manfaatkan untuk menjalankan sebagai salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Pebisnis yang bisa menjalankan usaha keripik pisang tidak hanya pebisnis yang berpengalaman saja tetapi bagi Anda sebagai pebisnis pemula juga sangat bisa mengembangkan bisnis keripik pisang. Jika Anda sebagai pebisnis yang masih pemula seharusnya menambah informasi penting tentang apa saja yang bisa membuat bisnis keripik pisang dapat berjalan lancar dan dapat berkembang kedepannya. Informasi tersebut mengenai hal penting apa saja dalam menjalankan bisnis keripik pisang dapat Anda lihat berikut ini.

Mencari Supplier Pisang

Kebutuhan buah pisang yang digunakan untuk bahan baku dalam membuat keripik pisang tentunya dalam jumlah yang tidak sedikit. Supaya kebutuhan buah pisang bisa terpenuhi dengan cepat sebaiknya Anda mencari supplier bahan baku yang mampu menyetok pisang untuk bisnis yang Anda jalankan saat ini. Sebaiknya mengusahakan mencari supplier yang terpercaya sehingga Anda akan mendapatkan bahan baku  dengan kualitas yang pastinya baik.

Pengemasan

Pengemasan produk keripik pisang menjadi hal pertama yang akan terlihat dan akan dilihat oleh para konsumen. Anda usahakan untuk mengenakan plastik yang tebal supaya tidak gampang sobek dan diberi label yang menarik. Kemasan usahakan yang rapi jadi akan menjaga kualitas keripik pisang yang selalu akan terjaga.

Pemasaran Luas

Supaya bisnis keripik pisang yang Anda jalankan cepat dan dapat dikenal oleh masyarakat sebaiknya Anda melakukan pemasaran secara luas. Pemasaran secara yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengenali bisnis keripik pisang yang diproduksi oleh Anda.

Informasi tentang hal penting yang lain yang tidak kalah pentingnya maka perlu diperhatikan dalam menjalankan peluang bisnis keripik pisang dapat Anda perhatikan di atas dan untuk hitungan analisa usaha dalam menjalankan bisnis keripik pisang dapat Anda lihat berikut ini.

perhitungan usaha keripik pisang

Perhitungan Usaha Keripik Pisang

Investasi Awal

Kompor + Tabung Gas Rp 300.000,-
Wajan Besar Rp 100.000,-
Mesin Slicer Rp 400.000,-
Baskom Rp   50.000,-
Alat Lainnya Rp   85.000,-
Total Investasi Awal Rp 935.000,-

 

Operasional Per Bulan

Bahan Baku

Kurang lebih /hari Rp 200.000,- x 25 hari

 

Rp 5.000.000,-

7 tabung gas

/bulan Rp 20.000,- x 7 tabung

 

Rp 140.000,-

Kemasan Rp 400.000,-
Transportasi, listrik, dan pulsa sebulan Rp 500.000,-
Biaya lainnya Rp 604.000,-
Total Biaya Operasi /bulan Rp 6.644.000,-

 

Pendapatan Per Bulan

Keripik pisang dijual /100 gram Rp 13.000,-
Rata-rata penjualan /hari 30 bungkus keripik
Penjualan /bulan Rp 13.000,- x 30 bungkus keripik pisang x 25 hari

Rp 9.750.000,-

 

 

Laba Bersih Per Bulan

Pendapatan – Biaya Operasional Rp 9.750.000,-  –  Rp 6.644.000,-
Laba Rp 9.750.000,-  –  Rp 6.644.000,-

Rp 3.106.000,-

 

ROI (Return of Investment)

Investasi Awal : Laba bersih /bulan Rp 935.000,- : Rp 3.106.000,-
  Rp 935.000,- : Rp 3.106.000,-

0,3

 

Maka, dalam kurun waktu yaitu kurang dari satu bulan Anda sudah bisa balik modal

 

Sekian artikel tentang Perhitungan Usaha Keripik Pisang yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya

About Pher jaya

Check Also

contoh proposal

Contoh Surat Proposal Pengajuan Dana Perjalanan

Proposal Pengajuan Dana Perjalanan Proposal dana perjalanan adalah proposal yang ditulis untuk meyakinkan calon pemberi …