Home / Bisnis / Mengenal Jenis Kain Non-woven Dalam Industri Tekstil

Mengenal Jenis Kain Non-woven Dalam Industri Tekstil

Di berbagai penjuru wilayah saat ini sudah banyak ditemukan pabrik kain non-woven maupun woven. Masyarakat saat ini banyak yang berminat pada bahan kain non-woven. Bahan kain non-woven sendiri merupakan jenis bahan kain yang pembuatannya tidak melalui proses tenun maupun rajut.

Pembuatan kain ini menggunakan metode pemutaran secara terus menerus dengan memanfaatkan ban berjalan yang dibuat khusus. Bahan yang digunakan adalah serat polyester yang dikombinasi dengan polypropylene dan polyetylen.

Dasar Proses Pembuatan Non-woven

Pembuatan bahan kain non-woven yang ada di pabrik kain non-woven saat ini bisa dibuat melalui 3 metode pilihan, diantara metode yang ada adalah:

  • Pembentukan web, dilakukan dengan menggunakan lembaran lapisan serat kain yang sudah disiapkan.
  • Fusing, proses ini dilakukan dengan cara pelelehan bahan yang sifatnya thermoplastic.
  • Banding, dengan cara mengikat beberapa serat yang sudah dipilih untuk membuat bahan kain.

Karakter Umum Bahan Kain Non-woven

Seperti halnya kain pada umumnya, kain non-woven juga punya karakter umum yang harus dipahami oleh para pengolah kain. Beberapa karakter kain non-woven adalah:

1. Punya Kestabilan Tinggi

Susunan dan tautan serat kain yang dibuat untuk bahan non-woven ini punya kestabilan yang tinggi. Meskipun tanpa dirajut atau ditenun, tekstur kain ini tetap kuat dan tidak mudah berubah karena sifatnya yang stabil.

2. Penggunaannya Terbatas Untuk Bahan Tekstil

Bahan kain non-woven memang punya ketahanan yang bagus. Namun bahan ini pada dasarnya punya keterbatasan dalam hal penggunaannya. Bahan kain ini hanya digunakan untuk kebutuhan tekstil dengan tingkat beban rendah.

3. Kekuatannya Terbatas

Tak hanya penggunaannya, kekuatan bahan kain non-woven pun terbatas tidak seperti kain woven tenun yang lebih kuat. Meski begitu, soal ketahanan kain non-woven ini cukup unggul.

4. Ketahanan Terhadap Air Bagus

Jika umumnya kain woven tidak tahan terhadap air, maka sebaliknya bahan non-woven ini punya karakter yang lebih bagus dalam menahan air. Artinya bahan ini tidak mudah basah meskipun kain ini juga punya sifat menyaring dan menyerap air.

Pabrik kain non-woven terbaik yang bisa melayani kebutuhan kain non-woven Anda, salah satunya adalah Medika Maesindo Global. Beragam jenis kain non-woven berkualitas diproduksi oleh pabrik ini. Bahkan sudah banyak produknya yang diekspor. Informasi selengkapnya ada di https://mmgnonwoven.com/.

About Pher jaya

Check Also

Pelajari bahasa pemrograman baru untuk maju dalam kehidupan profesional Anda

Mempelajari bahasa pemrograman baru adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan …