Home / Uncategorized / Cara Menyimpan kelapa Parut Agar Awet

Cara Menyimpan kelapa Parut Agar Awet

Cara menyimpan kelapa parut agar awet – Kelapa parut merupakan bahan kebutuhan sehari hari digunakan topping sebuah makanan tradisional, biasanya diletakkan diatas nya dengan tujuan menarik perhatian dan menambah cita rasa dari makanan tersebut

Biasanya santan yang berasal dari kelapa parut ini dijadikan bahan untuk membuat masakan misalnya rendang, gulai, tongseng, dan masih banyak lagi. Rasa dari santan ini yaitu gurih gurih enak. Untuk kelapa parut biasanya dijadikan topping makanan tradisonal misalnya klepon, kue putu, kue bandros, dadar gulung, wingko babat, ongol ongol, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia untuk mendapatkan kelapa parut ini sangatlah mudah karena terdapat beberapa faktor antara lain pohon kelapa yang masih banyak, dan banyak usaha yang menyediakan kelapa parut siap peras.

Namun perlu diketahui juga kelapa parut mudah basi atau tidak tahan lama, perlu langkah untuk menghindari hal itu terjadi. Berikut ini terdapat penjelasan cara menyimpan kelapa parut

 

Cara Menyimpan Kelapa Parut Agar Awet

cara menyimpan kelapa parut agar awet

 1. Dikukus

Cara yang pertama ini yaitu kelapa parut disimpan dengan cara mengukusnya. Cara ini sangatlah mudah dan gampang yaitu siapkan wadah untuk mengukus, jadikan satu kelapa parut kedalam wadah lalu kukus dengan api kecil diatas kompor selama kurang lebih 20 menit. Sangat mudah kan? Biasanya kelapa parut yang dikukus ini digunakan sebagai topping sebuah makanan tradisonal misalnya  klepon, kue putu, kue bandros, dadar gulung, wingko babat, ongol ongol, dan masih banyak lagi.

2. Direndam Dalam Air

Langkah selanjutnya bisa digunakan saat masih membentuk daging kelapa, untuk caranya yaitu siapkan wadah bisa ember bisa toples yang besar. Isi wadah tersebut dengan air yang bersih kemudian masukkan daging daging kelapa yang telah disiapkan ke dalam wadah tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengganti air untuk merendam daging kelapa secara rutin, biasanya sehari ganti. Dengan tujuan untuk mengindari bau busuk dan menyebaban kelapa basi.

3. Masukkan Kedalam Plastik

Maksud dari kata kata diatas yaitu siapkan plastik yang bening kemudian masukkan kelapa parut yang akan disimpan kedalam plastik. Setelah kelapa parut masuk kedalam plastik kemudian buntel plastik dengan kencang dan beri udaara didalamnya. Jika sudah lubangi kecil kecil plastik tersebut dengan biting atau bahan yang lainnya. Sangat mudah kan?

4. Simpan Kedalam Kulkas

Mungkin cara ini terbilang sangat mudah karena hanya memutuhkan alat kulkas saja. Siapkan kelapa parut yang akan disimpan kedalam kulkas, dan langsung saja masukkan kelapa parut tersebut ke dalam kulkas. Dengan cara ini bisa mengawetkan kelapa parut hingga beberapa hari.

5. Beri Tambahan Sedikit Garam

Maksud dari pernyataan diatas yaitu kelapa parut yang akan disimpan kedalam kulkas di campuri garam terlebih dahulu, dengan tujuan kelapa parut bisa lebih awet. Jika dirasa sudah tercampur semua tinggal masukkan kelapa parut kedalam kulkas. Dengan cara ini kelapa parut bisa tahan hingga beberapa minggu.

6. Bekukan

Untuk cara ini menyimpan kelapa parut berada di freezer kulkas, untuk caranya sama seperti diatas masukkan kelapa parut kedalam wadah lalu tutup rapat rapat wadah tersebut. Jika sudah masukkan e dalam freezer. Saat akan digunakan kelapa parut bisa dibiarkan sesaat terlebih dahulu dengan tujuan agar mencair dan tidak mengeras.

7. Segera Diolah

Cara yang terakhir ini mungkin cara yang terbaik. Kelapa parut akan lebih baik jika langsung digunakan tanpa harus menyimpannya, karena masih segar. Jadi segera gunakanlah kelapa parut tersebut.

Sekian ulasan sedikit cara menyimpan kelapa parut agar tidak basi, silahkan dipraktekkan semoga berhasil!

About Pher jaya

Check Also

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara membasmi rumput liar – Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membunuh gulma secara efektif …