Home / Teknologi / Bagian dari Panel Cubicle Beserta Fungsinya

Bagian dari Panel Cubicle Beserta Fungsinya

Deskripsi

Bagi Anda yang bekerja pada suatu proyek bangunan pastilah familiar dengan istilah panel cubicle. Namun Anda dapat memahami lebih lanjut mengenai bagian-bagian dan juga fungsi dari panel tersebut yang berbeda-beda untuk mengenal cubicle lebih dalam.

Artikel

Panel cubicle adalah sebuah panel yang biasa digunakan pada beban trafo yang berfungsi sebagai panel penghubung dan pemutus arus listrik tegangan menengah. Arus listrik tegangan menengah atau yang biasa dikenal dengan singkatan MV (Medium Voltage) berkisar 1000 Volt/1 kV hingga 36.000 Volt/36 kV. Cubicle terdiri dari beberapa bagian utama dimana masing-masing bagian memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Apa Saja Bagian-Bagian dari Cubicle dan Apa Saja Fungsinya?

panel cubicle galleoncy

Bagi orang awan pasti tidak familiar dengan istilah panel cubicle ini, namun berbeda dengan Anda yang terbiasa dengan bidang kelistrikan pastilah sangat paham mengenai panel ini. Istilah cubicle sendiri digunakan karena bagian-bagian dari panel tersebut diletakkan di dalam kotak yang berbentuk seperti lemari lengkap dengan pintu sesuai dengan standar operasinya. Berikut akan kami berikan informasi mengenai bagian-bagian dari panel beserta fungsinya masing-masing.

  1. Rell/Busbar

Posisi dari rell/busbar ini biasanya terletak pada bagian atas cubicle. Bentuk dari rell pada cubicle ada yang berbentuk bulat dan ada juga yang berbentuk pipih. Fungsi dari rell/busbar adalah sebagai rell penghubung antara cubicle yang satu dengan yang lainnya.

  1. Kompartemen

Kompartemen digunakan sebagai rumah dari terminal penghubung, trafo ukur, instalasi tegangan rendah, peralatan mekanis, LBS (Load Break Swicth), pemisah (PMS), FUSE dan pemutus tenaga (PMT). Fungsinya agar operator terlindung dari hal yang berbahaya ketika menyentuh bagian-bagian yang bertegangan.

  1. Pemisah (PMS) Hubung Tanah

Fungsinya sebagai pengaman cubicle ketika tidak sedang bertegangan yaitu dengan menghubungkan terminal kabel ke tanah.  PMS ini mampu membuat membuat operator yang bekerja dalam panel cubicle terhindar dari kesalahan operasi.

  1. Kontak Pemutus (PMT)

Sesuai dengan namanya kontak pemutus digunakan untuk memutus hubungan aliran listrik. Kontak pemutus ini terdiri dari 2 bagian yaitu kontak gerak dan kontak tetap.

  1. Mekanik Cubicle

Fungsi dari mekanik cubicle adalah sebagai penggerak kontak LBS, PMS, PMT dan pemisah hubung tanah untuk merubah posisi kontak menjadi membuka dan menutup. Keitka Mekanik cubicle sedang berfungsi maka akan berlangsung secara cepat.

  1. Terminal Penghubung

Terminal ini berfungsi sabagai penghubung antar bagian-bagian dari cubicle yang bertegangan satu sama lain. Terdapat beberapa terminal lain dengan fungsi yang berbeda-beda, yaitu :

  • Terminal CT sebagai penyambung antara transformator arus untuk pengukuran.
  • Terminal kabel untuk menghubungkan antara kabel incoming dengan outgoing.
  • Terminal PT sebagai penghubung antara transformator tegangan.
  • Terminal busbas sebagai tempat dudukan busbar dalam panel.
  1. Lampu Indikator

lampu indikator berfungsi untuk menandai bahwa ada tegangan pada sisi kabel baik tegangan yang berasal dari sisi lain kabel maupun yang berasal dari busbar. Hal tersebut terjadi karena adanya arus kapasitif yang dihasilkan kapasitor.

  1. Handlecubicle

Handlecubicle berfungsi untuk menggerakkan mekanik cubicle. Jumlah handle dalam suatu cubicle dapat berjumlah satu macam atau lebih.

  1. Pemanas (Heater)

Pemanas digunakan untuk memanaskan ruang pada terminal kabel agar kelembapan dalam ruangan tetap terjaga, sehingga diharapkan dapat mengurangi efek corona pada ruangan tersebut.

  1. Fuseholder

Fuseholder digunakan untuk menempatkan fuse pengaman trafo pada panel cubicle.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai bagian-bagian dari panel cubicle beserta fungsinya. Jika Anda sedang membutuhkan cubicle untuk kebutuhan proyek Anda, Anda dapat memesannya di Galleoncy . Galleoncy jual panel cubicle dengan berbagai macam jenis dan pilihan. Apabila anda tertarik, anda dapat mengunjungi link berikut https://galleoncy.com/ . Semoga membantu.

About Pher jaya

Check Also

Bagaimana Teknologi Meningkatkan Pengalaman Bermain Game Anda

Bagaimana Teknologi Meningkatkan Pengalaman Bermain Game Anda

Industri game adalah salah satu sektor pasar yang sangat cepat berkembang dan berkembang. Ini pun …