Home / Uncategorized / Cara Bikin Minyak Mie Ayam Rumahan Simpel

Cara Bikin Minyak Mie Ayam Rumahan Simpel

Hai readers dimanapun kamu berada. Readers sudah tau dong ya menu mie ayam yang merupakan salah satu menu favoritnya dari banyak kalangan masyarakat Indonesia. Mulai dari yang muda maupun yang sudah dewasa readers. Yapp menu satu ini sudah banyak yang menjualnya sehingga mudah untuk kamu temukan dimana saja. Apa readers tau minyak mie ayam merupakan salah satu komponen dari menu mie ayam yang membuat menu satu ini semakin lezat loh readers. Nah penasaran gimana cara bikin minyak mie ayam? Akan kita bahas satu persatu.

 

Cara Bikin Minyak Mie Ayam

Kelezatan mie ayam, mie pangsit, atau cwimie tentu kurang lengkap tanpa adanya minyak ayam bawang. Dengan minyak bumbu ini, kita bahkan bisa membuat mie ayam sendiri yang enak di rumah loh readers.

Berikut ini adalah resep minyak ayam bawang yang bisa kamu buat. Jenis yang pertama cocok untuk mie ayam, karena menggunakan rempah yang lengkap readers.

Minyak Ayam Bawang Cocok untuk Mie Ayam (Bumbu Kunyit dan Jahe) dan Mi Pangsit

Bahan yang di butuhkan :

  • minyak sayur 500 ml
  • kulit dan lemak ayam 400 gram
  • bawang putih 4 siung
  • kunyit 5 cm
  • jahe 5 cm

 

Langkah – langkah untuk membuat minyak ayam bawang  :

  1. Pertama – tama kupaslah bawang putih, kunyit, dan jahe. Potong kemudian memarkan.
  2. Tumislah seluruh bumbu dengan sedikit minyak sampai tercium wangi yang harum. Kemudian masukkan kulit dan lemak ayam nya.
  3. Setelah lemak yang ada larut, masukkan sisa minyak sayurnya. Selanjutnya keluarkanlah bawang putih agar minyak tidak terasa pahit.  Kemudian masaklah dengan api kecil sampai seluruh lemaknya larut, kulit ayam benar-benar kering, dan minyak bertambah menjadi dua kali lipat.
  4. Dinginkan minyak yang sudah jadi tadi, setelah itu saring dan simpan di dalam wadah yang kedap udara ya readers.

Minyak ini bisa kamu simpan cukup lama asalkan wadah untuk penyimpanannya memang benar-benar kedap udara. Cukup tambahkan kecap asin atau garam dan merica ya readers, olahan mie di rumah tak akan kalah nikmatnya apabila dibandingkan dengan mi ayam buatan pedagang kaki lima diluar sana lohh.

Minyak Ayam Bawang Cocok untuk Cwimie dan Bakmi China

Cara Bikin Minyak Mie Ayam

Nah yang selanjutnya adalah minyak ayam bawang sebagai bumbu pelengkap bakmi China, cwimie, dan mie yamin. Bisa juga kamu gunakan untuk masakan yang lainnya readers.

Bahan yang akan kamu perlukan :

  • bawang putih kupas 200 gram
  • minyak goreng yang belum dipakai 500 ml
  • lemak dan kulit ayam 250 gram

 

Langkah – langkah membuat minyak ayam bawang :

  1. Pertama tama cincang kasar bawang putih yang sudah kamu kupas ssebelumnya, setelah itu sisihkan ya readers. Cincang juga lemak dan kulit ayam nya.
  2. Lalu untuk langkah yang kedua, panaskan minyak yang ada di dalam penggorengan, kemudian masukkan lemak dan kulit ayam nya yang sudah kamu siapkan tadi. Gorenglah sampai lemak dan kulit menjadi minyak ya readers.
  3. Setelah itu langkah berikutnya matikan api, kemudian masukkan juga bawang putih nya. Aduk-aduk sampai bawang putih matang, lalu keluarkan bawang putih dengan saringan agar tidak gosong ya.
  4. Nah setelah ini tunggulah sampai minyak ayam nya sampai dingin, kemudian masukkan ke dalam toples kaca. Masukkan bawang putih gorengnya sekalian ke dalamnya.

Minyak ayam dan bawang ini bisa kamu gunakan sampai satu bulan kedepan apabila kamu simpan di tempat yang kering dan ditutup rapat. Nah itu saja readers sedikit ulasan cara bikin minyak mie ayam yang tentunya bisa kamu coba dirumah ya. Selamat mencoba semoga berhasil

Kunjungi : Mie Ayam Viral yang Bisa Kamu Coba Lengkap dengan Resepnya

About Pher jaya

Check Also

Resep Sumpia Udang Kering Yang Enak  dan Lezat

Resep Sumpia Udang Kering Yang Enak  dan Lezat

  Apakah kalian mengetahui sumpia? Mungkin banyak diantara kita belum memahami betul apa itu sumpia …