Home / Makanan / Cara Membuat Keripik Sanjai yang Sederhana dan Enak

Cara Membuat Keripik Sanjai yang Sederhana dan Enak

Cara membuat keripik sanjai – Memilih singkong berkualitas yang empuk saat diolah memang susah-susah gampang. Bentuk awalnya yang keras dan sepintas terlihat sama semua terkadang bisa bikin salah dalam memilih. Hasilnya justru olahan singkong keras dan alot. Singkong yang bagus akan mengembang dan terasa empuk.

Apa itu Singkong?

Singkong atau Ubi kayu atau bisa juga disebut ketela pohon merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Singkong merupakan makanan pokok, teruatama yang ada di wilayah tropis seperti Afrika, Amerika Selatan dan Asia.

Sementara itu, di Indonesia singkong diolah dan dimodifikasi menjadi aneka makanan bahkan cemilan yang dimasak dengan Teknik di kukus, dierbus, ataupun di goreng. Singkong mengandung polifenol, zinc, magnesium, selenium, vitamin B, fosfor, flavonoid, vitamin A dan berbagam jenis lainya.

Selain bisa diolah menjadi ragam makanan yang enak, ternyata singkong memiliki manfaat baik bagi tubuh yang sangat sayang sekali jika sobat lewatkan.

Tips Memilih Singkong

1. Perhatikan Kulit Ari Singkong yang Mengelupas

Pilih singkong dengan kulit luar yang mengelupas, sehingga terlihat warna kulit arinya. Kalau warna kulitnya merah muda, bisa dipastikan kalau singkong bagus kualitasnya. Tapi, singkong sendiri memiliki banyak jenis dan belum tentu yang kulit arinya putih atau kuning jelek.

2. Kupas Kulit Singkong

Cara berikutnya untuk memastikan kualitas singkong, bisa dengan mengkupas atau cungkil kulit umbi singkong dengan kuku. Jika terlihat kekuningan (mentega) umumnya lebih baik dari yang putih. Patahkan juga sedikit ujungnya. Bila ada bagian yang membiru, sebaiknya jangan dipilih. Noda kebiruan atau bahkan hitam menandakan kalau singkong telah lama disimpan.

3. Perhatikan Tanah pada Kulit Singkong

Perhatikan tanah yang masih menempel di kulit singkong. Tanah yang masih liat atau basah seperti lumpur menandakan singkong baru dicabut, dan paling ideal untuk diolah.

4. Pilih Batang yang Lurus

Pilih singkong yang batangnya lurus dan gendut bagian tengahnya, singkong seperti ini menandakan sudah siap panen. Hindari juga memilih singkong yang banyak bengkok-bengkok, karena selain biasanya banyak seratnya, juga susah saat diolah, dan penampilannya juga kurang menarik.

5. Perhatikan warna singkong yang dipotong

Jika sudah membeli singkong, langkah terakhir untuk memastikan kualitas singkong yaitu saat dipotong. Jika mudah terpotong dan tidak keras, daging singkong lembab, dan terlihat putih merata, berarti singkong baru dan masih bagus.

Jika terdapat lingkaran hitam dan keras sekali saat dipotong, artinya singkong sudah tua dan akan alot saat dimasak. Itulah tips yang dapat digunakan sebagai patokan dalam memilih singkong yang berkualitas dan empuk.

Setelah dikupas dan dipotong, apabila belum diolah, rendam singkong terlebih dahulu, ya. Perendaman dilakukan supaya singkong tetap segar dan tidak berubah warna karena oksidasi.

Resep Membuat Singkong yang Enak

Cara Membuat Keripik Sanjai

Bahan Utama:

  • 1 kg singkong
  • minyak goreng secukupnya
  • air secukupnya

Bumbu Balado:

  • 250 gram cabai merah keriting/cabai merah besar
  • 200 gram gula merah
  • 120 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 5 siung bawang putih
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 mata asam jawa
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Keripik Sanjai

  1. Kupas singkong, lalu cuci bersih. Potong-potong sesuai selera. Atau anda bisa menggunakan mesin keripik singkong agar lebih mempermudah anda, anda bisa mendapatkan mesin keripik singkong dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin. Jangan terlalu tipis agar tidak mudah remuk. Rendam dan cuci sampai airnya jernih.
  2. Rebus air hingga mendidih, lalu rendam singkong di dalamnya.
  3. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, lalu goreng singkong dengan api sedang sampai renyah. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan minyaknya.
  4. Selanjutnya buat bumbu balado. Haluskan cabai, asam jawa, dan bawang putih.
  5. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama daun jeruk.
  6. Masukkan 50 ml air, gula pasir, gula merah, dan garam. Aduk-aduk terus. Masak hingga air menyusut dan bumbu kental, lalu matikan api.
  7. Selagi bumbu balado masih panas, segera masukkan keripik singkong dan aduk perlahan sampai tercampur rata.
  8. Pindahkan keripik yang sudah berbalut bumbu balado ke toples. Tunggu sampai dingin, lalu tutup rapat.

Demikian itulah ulasan mengenai cara membuat keripik sanjai yang mudah dan sederhana yang bisa anda tiru di rumah, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk kamu ya!!

About Pher jaya

Check Also

Cara Membuat Ceriping Sukun

Cara Membuat Ceriping Sukun yang Renyah dan Gurih!!

Cara membuat ceriping sukun – Cara pembuatan keripik sukun manis bisa dikatakan tidak terlalu susah, …