Home / Parenting / Langkah Mudah Baby SPA

Langkah Mudah Baby SPA

Pijat merupakan terapi sentuh tertua yang dikenal manusia dan tetap populer hingga sekarang. Bahkan, saat ini pijat dikemas dalam rangkaian baby spa yang dikembangkan berdasarkan ilmu neurosains. Tujuannya, menstimulasi sistem saraf bayi sehingga mendukung proses belajar si kecil di kemudian hari, termasuk kemampuan berbicara. Anne Gracia, praktisi Neurosains Terapan, berpendapat bahwa sejak lahir, bayi perlu terus diberi stimulasi untuk tercapainya kematangan saraf di masa belajarnya nanti.

Neurosains adalah ilmu dasar yang mengkaji otak, saraf sebagai organ, serta bagaimana organ tersebut berfungsi, termasuk gangguan yang mungkin terjadi pada organ. Kaitannya dengan neurosains terapan ialah salah satunya telah dikembangkan metode baby spa yang telah banyak sekali diterpakan di beberapa negara saat ini. Metode perawatan bayi ini mampu menstimulasi seluruh fungsi saraf si kecil agar otaknya dapat bekerja secara maksimal.

3 MANFAAT BABY SPA Saat ini, baby spa sudah dikembangkan berdasarkan neurosains terapan untuk memberikan stimulasi pada bayi melalui perawatan pijat dan terapi sentuh. Ada tiga manfaat utama yang diperoleh dari neuroscience baby spa, yaitu manfaat ­ sik, manfaat psikologis, dan manfaat stimulasi.

1. Manfaat Stimulasi Manfaat stimulasi ini berhubungan dengan perkembangan saraf serta otak si kecil. Usia nol hingga delapan tahun adalah saat dimana sel-sel otak anak berkembang dan berkoneksi dengan cepat, bahkan bisa mencapai 80% dari kapasitas otaknya saat ia dewasa. Pada masa ini, peran orangtua terutama Bunda, dibutuhkan untuk memberikan stimulasi pada si kecil. Baby spa juga merupakan stimulasi indra (peraba, penyentuh, pembau, pendengar, penglihatan) yang berpengaruh terhadap keseimbangan dan sistem saraf si kecil. Apabila sistem saraf dan perkembangan otak anak maksimal, hal ini akan berpengaruh pada kecerdasan si kecil untuk mendukung proses belajarnya kelak.

Proses perkembangan dimulai sejak bayi merasakan stimulasi dan memberikan interaksi balik terhadap rangsangan tersebut. Hal ini sangat penting sekali dalam masa perkembangan anak kedepannya. Pendidikan sangatlah penting untuk anak terutama dalam hal berbahasa. Agar anak memiliki keterampilan berbahasa asing yang baik terutama bahasa Jerman, berikan ia pelatihan bicara bahasa asing. Tempat les belajar bahasa Jerman di Bandung adalah pilihan tepat untuk para orangtua yang ingin anaknya mahir dalam berbahasa Jerman.

About Pher jaya

Check Also

Langkah Mudah Baby SPA Bagian 2

2. Manfaat Fisik Dapat membersihkan dan menutrisi seluruh tubuh bayi, serta menstimulasi seluruh sarafnya melalui …