Home / Parenting / Tips Rumah Tangga Bahagia dan Harmonis Selamanya

Tips Rumah Tangga Bahagia dan Harmonis Selamanya

Keluarga yang bahagia semuanya sama. Setidaknya mereka memiliki karakteristik dasar tertentu. Berikut adalah beberapa yayasan yang dikatakan para ahli adalah kunci menuju rumah yang penuh kasih dan ceria:

  • Buat waktu berpelukan.


Anda tidak bisa overdosis dengan pelukan. Penting bagi keluarga untuk menghabiskan waktu meringkuk di tempat tidur bersama, membaca, atau berbicara atau bermain game. Sentuhan positif semacam ini membantu anak-anak merasa dicintai dan aman, plus itu menyenangkan bagi orang tua!

  • Bernyanyi bersama, tetap bersama.


Keluarga Von Trapp melakukannya dengan benar — bernyanyi bersama adalah cara yang hebat untuk menjalin ikatan sebagai sebuah keluarga. Buat kata-kata Anda sendiri untuk lagu favorit Anda; menari di sekitar ruang tamu bersama anak-anak Anda; dan gunakan musik untuk memotivasi pembersihan kamar.

  • Beri ruang untuk bersenang-senang.


Meskipun baik untuk mendorong kegiatan sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler anak-anak Anda, terlalu banyak penekanan pada mereka dapat membuat ketegangan dan kecemasan. Luangkan waktu untuk kegiatan yang tidak memiliki tujuan selain untuk memungkinkan anggota keluarga menikmati menghabiskan waktu bersama. Bermain game, merencanakan pesta kejutan, berjalan-jalan, menjelajahi gua, menanam taman, atau memasak.

  • Berolahraga bersama.


Berlari atau bersepeda ke taman setempat bersama anak Anda. Di taman, Anda dapat meluangkan waktu untuk bersantai saat anak Anda bermain di kotak pasir atau di jungkat-jungkit. Kegiatan jalan-jalan semacam ini memungkinkan orang tua untuk meniru perilaku yang sehat, berolahraga, dan menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka. Serta juga mempersiapkan asuransi keluarga.

  • Ciptakan kebiasaan sehat.


Makanan sampah yang mengandung banyak garam dan gula mungkin terasa menarik, tetapi itu akan merusak kesehatan dan suasana hati keluarga Anda. Ciptakan kebiasaan ngemil yang sehat dengan meninggalkan mangkuk buah, sayuran, kacang-kacangan, atau buah kering.

  • Masak bersama.


Ini adalah cara lain untuk membuat anak-anak tertarik pada makanan sehat. Sementara Anda menyiapkan makan malam dengan anak-anak Anda, Anda mendorong kebiasaan makan yang sehat serta mengajarkan memasak, pengukuran, kerja tim, dan keterampilan improvisasi. Juga, anak-anak yang membantu membuat makanan lebih mungkin memakannya.

  • Hadiahi perilaku yang baik.


Penting untuk memperkuat perilaku baik anak Anda. Tapi tidak perlu boros. Perjalanan ke tempat penampungan yang manusiawi, berkunjung ke kebun binatang, menonton film dan popcorn, atau tidur sebentar kemudian bisa menjadi motivator yang baik.

  • Baca dan tulis bersama.


Luangkan waktu setiap hari untuk membaca. Bacakan dengan lantang kepada anak-anak, atau mintalah seluruh keluarga menghabiskan waktu dengan buku-buku mereka sendiri, atau dengarkan buku audio. Memeluk di sofa bisa membuatnya lebih nyaman. Penting juga bagi anak-anak untuk menghabiskan waktu menulis setiap hari.

  • Pergi satu-satu.


Orang tua dengan lebih dari satu anak harus mencoba menghabiskan sedikit waktu berinteraksi hanya dengan satu anak setiap hari, bahkan jika itu hanya selama sepuluh menit. Waktu khusus bersama orangtua membantu anak merasa istimewa dan terikat dengan Anda.

  • Miliki rutinitas.


Anak-anak berkembang ketika mereka tahu apa yang diharapkan. Jadi rutinitas waktu tidur yang melibatkan mandi, cerita, dan lagu sebelum tidur dapat meminimalkan perilaku buruk di malam hari. Rutinitas pagi juga dapat membantu Anda keluar dari pintu lebih cepat dengan sedikit keributan.

  • Menghargai satu sama lain.


Temukan sedikit cara untuk menunjukkan seberapa besar Anda menghargai satu sama lain. Satu ide adalah melakukan sedikit tarian bahagia setiap kali seorang anak kembali dari sekolah atau orang tua dari pekerjaan.

  • Ingat maaf tidak cukup.


Ketika salah satu anak Anda menyakiti perasaan saudara kandung, itu tidak cukup untuk meminta maaf. Anak itu juga harus menemukan cara untuk membantu menyembuhkan luka yang ditimbulkannya, dengan membantu pekerjaan rumah atau berbagi mainan.

Prioritaskan pernikahan Anda


Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk anak Anda adalah mencintai pasangan Anda dan menunjukkan cinta itu. Ini memodelkan hubungan yang baik untuk anak Anda dan membantu menjaga pernikahan Anda tetap utuh.

About Pher jaya

Check Also

Langkah Mudah Baby SPA

Pijat merupakan terapi sentuh tertua yang dikenal manusia dan tetap populer hingga sekarang. Bahkan, saat …