Home / Parenting / Sulit Hamil Lantaran Stres

Sulit Hamil Lantaran Stres

Mama dan Papa dinyatakan sehat secara ­ sik oleh dokter, namun susah punya momongan? Jangan-jangan stres penyebabnya? Sekitar 60% faktor penyebab sulit hamil ternyata faktor psikis. Nah, kondisi-kondisi di bawah ini bisa membuat stres dan tanpa disadari membuat pasangan sulit memiliki momongan.

• Serumah dengan mertua atau dengan banyak ipar. Meski mertua tidak bersikap buruk, namun tetap bisa mengganggu kenyamanan Mama/Papa. Salah satu solusi kasus ini tentu pindah rumah.

• Tertekan dengan masalah kantor. Permasalahan kantor yang dirasa membebani harus diatasi dulu. Psikolog mungkin dapat membantu atau Mama/Papa bisa ambil cuti dan pergi berlibur.

• Ngoyo ingin hamil. Keinginan untuk hamil yang teramat sangat terkadang membuat stres sehingga Mama malah tak kunjung berbadan dua. Untuk itulah, Mama/Papa harus terus berusaha, namun juga perlu bersikap pasrah dan memercayai bahwa rencana Tuhan selalu yang terbaik.

• Stres karena pertanyaan orang di sekitarnya. Setelah menikah biasanya kerabat sering bertanya,”Kapan punya anak? Sudah hamil belum? Kok, lama sekali belum hamilnya?” Pertanyaan-pertanyaan seperti ini secara tak sadar membuat Mama merasa tak nyaman, tegang dan jadi stres. Cobalah hadapi mereka dengan bijak, misalnya dengan menjawab, “Tenang… nanti kalau sudah hamil, saya kabarin deh!”

Malas Makan Kala Hamil Muda

Di trimester awal lazimnya Mama jadi malas makan. Kendati begitu, bukan berarti Mama boleh selalu menuruti malas makan tadi. Karena organ vital pada janin terbentuk pada tahap trimester pertama. Otak, umpamanya, berkembang pesat pada minggu ke- 9. Nah, jika Mama malas makan terus-menerus bisa-bisa perkembangan janin terhambat.

Dengan demikian, meski mual-muntah, cobalah mengatasinya. Di antaranya dengan menikmati makanan dalam porsi kecil namun frekuensi pemberiannya lebih sering agar kebutuhan secara keseluruhan bisa tercukupi. Agar lambung Mama tidak kosong sekaligus mengurangi keluhan mual di pagi hari, Mama juga disarankan makan sebelum tidur.

Simak juga informasi mengenai tes persiapan IELTS untuk anak dan berikan ia pelatihan di tempat kursus IELTS di Jakarta agar mendapatkan skor terbaik dan bisa melanjutkan studi di luar negeri.

About Pher jaya