Home / Kesehatan / Kupas Tuntang Tentang Fibrilasi Ventrikel Dan Penanganannya

Kupas Tuntang Tentang Fibrilasi Ventrikel Dan Penanganannya

Selama ini kita hanya tahu beberapa penyakit jantung seperti jantung koroner. Ternyata ada juga penyakit jantung lainnya yang disebut dengan fibrilasi ventrikel. Apa sebenarnya fibrilasi ventrikel itu, mari kita simak dalam ulasan singkat berikut ini.

Definisi Fibrilasi Ventrikel

Fibrilasi Ventrikel merupakan salah satu dari penyakit jantung atau gangguan jantung yang disebabkan karena gangguan pada impuls listrik yang ada pada jantung dimana terjadi getaran yang terlalu cepat sehingga tidak mampu memompa darah. Hal ini berakibat pada turunnya tekanan darah serta aliran darah tidak mengalir.

Adakah Gejala Fibrilasi Ventrikel

Penyakit jantung yang satu ini berlangsung sangat cepat. Jadi kalau dibilang gejala, itu hampir seperti kejadian langsung. Apa yang terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan ini ?

  • Terasa nyeri di bagian dada
  • Takikardia (detak jantung sangat cepat)
  • Sesak nafas/ nafas pendek – pendek
  • Hilangnya kesadaran dalam waktu cepat

Diagnosis Gangguan Fibrilasi Ventrikel

Ada beberapa metode yang biasa dilakukan oleh dokter untuk mendiagnosis gangguan ini diantaranya sebagai berikut :

  • EKG jantung – Analisa menggunakan Elektrokardiograf bertujuan untuk mendeteksi ada tidaknya irama jantung yang tidak normal yang mengindikasi ke arah Fibrilasi Ventrikel
  • Pemeriksaan Denyut – Biasanya tidak ditemukan denyut nadi pada seseorang yang mengalami fibrilasi ventrikel
  • Anginogram – Bertujuan untuk menganalisa adakah penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah pada jantung
  • Tes Enzim – Tes ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya enzim jantung
  • Dan serangkaian tes lain yang bisa dilakukan

Penanganan Gangguan Fibrilasi Ventrikel

fibrilasi ventrikel

Fibrilasi Ventrikel merupakan kejadian yang berlangsung cukup cepat dan diharuskan untuk ditangani dengan cepat. Ada dua macam cara yang harus dilakukan dalam penanganan kondisi ini yaitu :

  • Resusitasi Jantng Paru (RJP)
    Dalam bahasa asing disebut dengan CPR (Cardiopulmonary Resucitation). Yaitu memberikan kompresi di bagian dada, dengan kecepatan kira – kira 100 kompresi / menit sembari memberikan bantuan nafas.
  • Defibrilasi
    Defibrilasi adalah tindakan pemberian kejutan listrik di dada korban Fibrilasi Ventrikel dengan menggunakan alat yang disebut defibrillator. Biasanya digunakan alat defibrillator otomatis dalam kasus penanganan di lapangan. Alat ini dibekali dengan panduan suara otomatis yang akan memandu anda.

    Namun demikian, ada baiknya anda perlu belajar bagaimana cara menggunakan defibrillator agar bisa melakukan penanganan gawat darurat tersebut. Dengan pemberian kejutan listrik, jantung akan berhenti sejenak dan kemudian memulai detaknya dengan normal.

Mencegah Fibrilasi Ventrikel

Untuk mencgah gangguan ini pastinya sama seperti kita menjaga kesehatna jantung dengan pola hidup sehat, jauhi rokok dan alkohol, cukup istirahat, makan makanan yang bergizi dan hindari stres serta makanan yang mengandung kolesterol. Tidak lupa pula menjaga berat badan tetap ideal.

About Pher jaya

Check Also

6 Cara Terbaik Mengatasi Kulit Kering di Wajah

6 Cara Terbaik Mengatasi Kulit Kering di Wajah

Mengatasi Kulit Kering di Wajah – Beberapa orang lebih rentan terhadap masalah kulit kering di …