Home / Teknologi / Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Murah dan Terpercaya

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Murah dan Terpercaya

Kegiatan transaksi keuangan antar negara disebut remitansi. Kegiatan transfer uang ke luar negeri identik dengan pekerja migran yang sedang mengirimkan uang kepada keluarga. Meskipun memang tidak selalu begitu. Sebab bisa juga karena bisnis, kepentingan instansi tertentu, atau tujuan lainnya.

Beberapa Metode Transfer Uang ke Luar Negeri yang Bisa Dipilih

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Murah dan Terpercaya

Transaksi uang ke luar negeri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Terdapat cara yang paling modern hingga konvensional. Pengirim dapat memilih sesuai dengan kondisi dan mana yang dirasa lebih mudah. Inilah beberapa metode transfer uang antar bank beda negara:

1. Transfer Melalui Aplikasi

Cara transfer uang ke luar negeri yang pertama yaitu melalui aplikasi jasa pengiriman uang. Contohnya seperti Wise, Transfez, PayPal, dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Aplikasi tersebut dapat diakses secara online melalui smartphone. Kegiatan transaksi menjadi lebih praktis dan cepat.

Cara transfer satu ini termasuk metode modern karena memanfaatkan teknologi canggih seperti smartphone. Dari awal transaksi hingga selesai, cara satu ini tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan penerima uang bisa mencairkan uang di hari yang sama saat pengirim melakukan pengiriman.

2. Transfer Melalui Lembaga

Salah satu lembaga yang memiliki layanan pengiriman uang ke luar negeri adalah Western Union. Fasilitas ini juga cukup banyak penggunanya karena murah dan mudah. Selain itu, jangkauan Western Union juga cukup luas mencakup ke berbagai Negara antar benua.

Jika pengirim tertarik menggunakan layanan lembaga ini, datanglah ke kantor atau agen terdekat dari rumah. Bawalah identitas diri dan penerima, serta uang tunai untuk disetorkan. Sesampainya di sana, pengirim akan diminta untuk mengisi formulir pengiriman sebagai tanda bukti.

3. Transfer Melalui Website

Saat ini mulai banyak bermunculan jasa transfer uang ke luar negeri menggunakan website. Layanan ini tentu yang dapat diakses siapa saja melalui browser di smartphone, tablet, ataupun PC.laptop. Salah satu diantaranya yaitu Universitas123 Internasional Payment.

Universitas123 Internasional Payment mempunyai layanan internasional dengan proses yang cepat. Layanan ini menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan adalah menghemat biaya pengiriman uang sampai 91%.

4. Transfer Antar Bank

Jika dibandingkan dengan layanan website di atas, biaya pengiriman menggunakan metode transfer antar bank memang lebih mahal. Tetapi ada sebagian orang merasa lebih nyaman dan aman mengirim uang ke luar negeri melalui perantara bank. Tidak ada salahnya memilih cara ini jika dirasa lebih efektif dan efisien.

Metode transfer ini termasuk dalam golongan cara konvensional. Kirim uang antar bank baik dalam negeri atau luar negeri sudah sejak lama dilakukan banyak orang. Sebelum adanya teknologi canggih seperti smartphone, hampir semua orang melakukan transaksi uang dengan datang ke bank.

5. Transfer Melalui ATM

Metode transfer yang dapat dipilih selanjutnya adalah melalui ATM. Namun sebelum itu, pengirim harus sudah mengetahui kode SWIFT dari bank Negara tujuan. Informasi mengenai hal tersebut bisa ditanyakan kepada pihak bank yang digunakan pengirim untuk mengirim uang.

Saat melakukan transfer uang ke luar negeri melalui ATM, lakukanlah dengan penuh kehati-hatian. Jika terjadi kesalahan, pengirim akan berpotensi mendapat masalah pada proses transaksi selanjutnya. Apalagi jika nominal uang yang ditransfer cukup besar, jangan sampai mengalami kerugian.

Kendala Umum dan Mungkin Terjadi Ketika Transfer Uang ke Luar Negeri

Banyaknya pilihan jasa dan layanan untuk kemudahan mengirim uang ke luar negeri, bukan berarti tidak memiliki kendala sama sekali. Ada kendala yang umum terjadi pada transaksi satu ini. Beberapa kendala yang mungkin terjadi ini perlu diketahui sebagai usaha antisipasi:

1. Mahalnya Biaya Transfer

Kendala umum pertama adalah biaya transfer yang mahal. Bahkan ada beberapa layanan yang memberlakukan biaya tambahan dengan rincian sangat panjang. Hal ini terkadang membuat pengirim maju mundur untuk mengirim uang ke luar negeri.

Terlepas dari itu, kepentingan transfer uang bisa menjadi sebuah kebutuhan seseorang yang harus dilakukan. Biaya transfer yang mahal bisa disiasati dengan memilih jasa dan layanan yang memiliki biaya yang murah, dengan tetap mempertimbangkan keamanan transaksi.

2. Uang Tidak Sampai Dengan Aman ke Penerima

Kendala kedua yang mungkin terjadi adalah uang tidak diterima oleh penerima. Hal ini bisa terjadi jika pengirim salah memilih layanan yang ternyata jasa palsu. Tidak sedikit orang yang mengalami nasib ini sehingga membuatnya mengalami kerugian yang cukup besar.

Oleh karena itu, sangat penting mempertimbangkan jasa layanan yang aman dan terpercaya. Sebaiknya memilih jasa yang sudah terbukti aman, resmi, dan terdaftar di bank Indonesia. Pastikan juga mengisi data diri penerima dengan benar dan jelas.

3. Tidak Mendapat Akses Online

Kendala ini biasanya dialami oleh pengirim yang memilih menggunakan layanan aplikasi atau website yang membutuhkan koneksi internet. Melakukan transfer uang membutuhkan jaringan bagus dan kuat agar proses transaksi menjadi lancar tanpa kendala sinyal.

Jika jaringan dan sinyal mengganggu proses transaksi, biasanya berpotensi mengalami kesalahan ketika memasukkan informasi ke aplikasi. Supaya hal tersebut tidak terjadi, pastikan koneksi internet sudah cukup kuat. Jika diperlukan, pengirim bisa keluar rumah mencari jaringan yang stabil.

Demikian ulasan tentang berbagai cara transfer uang ke luar negeri beserta kendala yang mungkin dialami. Banyaknya pilihan di atas, seseorang harus lebih berhati-hati dalam menentukan jasa layanan transaksi uang antar negara. Hal ini bisa menjadi langkah baik untuk menjaga manajemen keuangan.

About Pher jaya

Check Also

Nih Dia TikTok for Business Apa itu, Cara Daftar, Tips, dan Manfaat

TikTok juga udah raih lebih dari 1 Milyar pengguna terhadap tahun 2021 lalu. Oleh gara-gara …