Home / News / Pengertian Toleransi: Manfaat dan Ciri – Ciri Toleransi

Pengertian Toleransi: Manfaat dan Ciri – Ciri Toleransi

Toleransi adalah sautu sikap yang saling menghormati serta menghargai antar individu atau kelompok dalam masyarakat meskipun terdapat perbedaan di dalamnya, baik itu perbedaan dalam agama, ras, pandangan, budaya dan perbedaan – perbedaan lainnya.

Ada juga yang pendapat lain yang mengatakan toleransi adalah kemampuan atau kemauan seseorang untuk bersikap sabar dan menahan diri terhadap sesuatu hal yang ada, khususnya terhadap keberadan opini atau pun perilaku orang lain yang mungkin tidak disetujui oleh dirinya.

Manfaat dan Tujuan Toleransi

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan tujuan toleransi, antara lain.

  • Meningkatkan Rasa Persaudaraan, sikap toleransi dari dalam diri seseorang bisa menimbulkan rasa kasih sayang, sehingga rasa persaudaraan kepada sesama anak bangsa bisa semakin besar. Karena dengan adanya rasa persaudaraan yang tinggi, maka perpecahan dalam masyarakat bisa terhindar.
  • Memudahkan Pembangunan Negara, Toleransi bagi setiap individu bisa memudahkan proses pembangunan suatu negara. Hal tersebut dikarenakan adanya pemikiran bahwa perbedaan malah membuat suatu negara menjadi seamkin lebih kuat.
  • Meningkatkan Kekuatan dalam Iman, Menghargai dan menghormati agama lain yang berbeda adalah salah satu bentuk dari keimanan seseorang serta sikap toleransi. Bisa dikatakan jika seseorang yang bisa bersosialisasi dengan orang lain yang berbeda kepercayaan merupakan orang yang mempunyai iman yang kuat.
  • Meningkatkan Rasa Nasionalisme, Sikap toleransi yang diterapkan dalam kehidupan sehari – hari bisa berdampak langsung ke rasa nasionalisme seseorang. Dengan menyadari dan menerima bahwa negara Indonesia adalah engara yang mejemuk maka seseorang akan semakin cinta dengan tanah air.

Ciri – Ciri Sikap Toleransi

Berikut ini adalah ciri – ciri sikap toleransi, antara lain.

  • Menghargai dan menghormati pendapat orang lain yang berbeda.
  • Menghargai dan menghormati orang lain walaupun berbeda agama, suku, budaya, dan ras.
  • Memberikan kebebasan beribadah kepada setiap irang sesuai dengan kepercayaannya serta tidak melakukan intimidasi sedikit pun walaupun berbeda kepercayaan.
  • Memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang, walaupun berbeda ras, agama, dan suku.

Nah, itulah sedikit penjelasan megnenai toleransi. Semoga artikel ini bisa menambah toleransi kita, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Sumber artikel : www.mastekno.com

About Pher jaya

Check Also

Co-Founder The Green Team Indonesia

Murid kelas 4 SD Taman Rama School, Denpasar ini banyak menunjukkan prestasi internasional. Antara lain …