Home / Konstruksi / Pentingnya Penggunaan Tiang Lampu Jalan

Pentingnya Penggunaan Tiang Lampu Jalan

Jual tiang lampu besi – Lampu jalan ini merupakan suatu elemen yang sangat penting guna menciptakan keamanan pada ruang jalan. Selain meminimalisir kemungkinan tindak kriminalitas, lampu jalan penerangan juga mampu menghidupkan trotoar, dan membuat pejalan kaki terlihat saat malam hari. Penerangan Jalan di trotoar harus dapat memastikan tingkat pencahayaan (lumen) yang sesuai dengan tempat yang akan diberi lampu.
Pada area padat kota, lampu penerangan semestinya lebih terang dan pada daerah permukiman dibuat cukup terang sehingga dapat mencegah jarak pandangan. Kelengkapan fisik dari fasilitas penerangan diusahakan tidak menganggu ruang bebas pejalan kaki atau tidak pula menganggu ubin pemandu.

Untuk meningkatkan penataan kualitas kota. Baik di perkotaan maupun pedesaan, sudah banyak ruas jalan umum yang dilengkapi dengan fasilitas pencahayaan di waktu malam. lampu penerangan yang penting tersebut mutlak diperlukan karena merupakan salah satu kebutuhan masyarakat ketika melintasi jalanan.

Lampu jalan atau dikenal sebagai PJU adalah prasarana penerangan yang menjadi pelengkap jalan ,digunakan untuk pencahayaan jalan di malam hari sehingga membuat pejalan kaki melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat menjamin keselamatan lalu lintas dan keamanan.

Fungsi utama tiang lampu jalan adalah memberikan pencahayaan buatan bagi pengguna jalan oleh karena itu mereka merasa aman dalam melakukan aktivitas perjalanan di malam hari, entah itu para pejalan kaki, orang yang bersepeda dan pengendara kendaraan. Keselamatan berlalu lintas dapat ditingkatkan dan para pejalan kaki akan lebih aman dari kegiatan/ aksi criminal. Selain itu lampu jalan juga dapat memberikan nilai estetika atau keindahan lingkungan jalan dan menjadi persona tersendiri bagi pejalan kaki yang melintas. Serta dapat menjadi ikon suatu daerah tersebut.

pencahayaan jalan merupakan komponen elektronik yang rentan atau dapat dikatakan memiliki umur pakai yang pendek, sehingga kegiatan perbaikan dan maintenance mutlak dibutuhkan. Perbaikan dapat berupa penggantian lampu yang mati ataupun pengecekan kondisi PJU.
Tiang lampu penerangan jalan umum, bisa dipasang dengan jenis dimana jarak tiang sejajar antara 25-50m. Hal ini memastikan bahwa intensitas cahaya relatif menyeluruh di area permukaan jalan sehingga penerangan lebih baik dan meminimalisir area yang tidak tersinari (blank spot).

Lampu jalan ini bisa ditempatkan di sisi jalan baik yang berhadapan maupun yang berselang dan di tengah (di bagian median jalan). Tiang lampu jalan yang dipasang di sisi tengah biasanya diperuntukan untuk jalan yang ramai dan kecepatan kendaraan tinggi (misalnya : jalan bebas hambatan, jalan utama) sementara itu penempatan lampu pada satu sisi tepi jalan lebih digunakan pada jalan dengan lalu lintas yang tidak macetatau bidang jalan yang tidak lebar seperti jalan lokal, jalan desa, dan jalan satu arah.

Jenis dari Tiang penerangan jalan itu sendiri bisa disesuaikan dengan image dan konsep jalan dimana Tiang penerangan jalan itu berada. Seperti Tiang penerangan jalan yang berada di area malioboro, dimana malioboro menjadi ikon pusat kota di Jogjakarta dan merupakan top destinasi yang diunggulkan bahkan memiliki daya tarik tersendiri. Dengan menggunakan seperti ciri khas dari kota Yogyakarta itu sendiri ,menjadikan kesan romantisme jogja dan memberikan kesan estetik sekaligus ciri khas kota.

About Pher jaya

Check Also

Cara Kerja Woven Geotextile dan Non Woven Geotextile

Seperti kita ketahui bahwa jenis Geotextile dibagi menjadi dua, Geotextile non woven dan Geotextile Woven. …